Efek Samping Daun Sambung Nyawa

Efek Samping Daun Sambung Nyawa – Salah satu daun herbal yang memiliki banyak khasiat adalah daun sambung nyawa. Salah satu khasiat atau manfaat daun sambung nyawa adalah sangat bagus untuk mendukung kesehatan jantung.

Ramuan daun sambung nyawa bagus untuk membantu menstabilkan aktifitas dua pembuluh darah jantung yakni pembuluh darah arteri dan vena. Hal ini tentu suatu manfaat yang sangat bagus.

Di sisi lain, daun sambung nyawa juga bisa menimbulkan masalah kesehatan pada tubuh. Dalam kata lain, efek samping daun sambung nyawa. Apakah benar, daun herbal alami ini bisa menimbulkan efek samping? Simak ulasannya di bawah ini.

Baca: Efek Samping Daun Karet Kebo

Efek Samping Daun Sambung Nyawa

Efek Samping Daun Sambung Nyawa
Sumber Gambar: webkedai.com

Tidak bisa dipungkiri lagi, daun sambung nyawa memang sudah dipercaya memiliki berbagai khasiat sejak dulu. Namun, kita perlu tahu bahwa sesuatu yang berlebihan bisa membalikan sesuatu.

Artinya, jika pola konsumsi daun sambung nyawa tidak sesuai aturan dan mengkonsumsi secara berlebihan. maka bukan manfaat yang didapat melainkan hal yang tidak diinginkan berpotensi menghampirinya.

Menurut salah satu sumber informasi yang kami dapat, bahwa beberapa para ahli mengatakan daun sambung nyawa memang bisa memberi efek samping apabila mengkonsumsinya berlebihan.

Salah satu contoh adalah pakar kesehatan dalam bidang nutrisi dari Biochemistry NUS Medicine, di Singapura yang bernama Prof. Dr. Chritiani Jeyakumar Ph.d, M.D.

Beliau mengatakan bahwa daun herbal yang di sini dinamai daun sambung nyawa apabila salah dalam penggunaan atau berlebihan dalam mengkonsumsi, maka bisa menimbulkan asam lambung dan penyakit maag.

Hal tersebut bisa terjadi karena kandungan asam askorbat di dalam daun sambung nyawa tergolong tinggi. Sehingga, jika dicerna oleh tubuh secara berlebihan bisa menyebabkan rusaknya sel-sel dinding lambung.

Itu merupakan satu efek samping daun sambung nyawa yang bisa dirasakan apabila salah dalam penggunaannya. Efek samping lainnya masih ada, diantaranya sebagai berikut.

1. Menyebabkan Penyakit Diare

Dampak yang paling mudah terlihat dari pola berlebihan dalam mengkonsumsi daun sambung nyawa adalah penyakit diare.

Secara logika saja sudah masuk akal. Berlebihan dalam mengkonsumsi sesuatu dapat menyebabkan masalah pada sistem pencernaan.

Terlebih, daun sambung nyawa mengandung zat asam yang cukup tinggi. Sehingga ini bisa fatal ketika bermasalah pada sistem pencernaan. Seperti feses mengalami pendarahan.

2. Menyebabkan Penyakit Arthritis

Masih maslah kandungan zat asam yang ada dalam daun sambung nyawa. Pada dasarnya zat asam bagus untuk kesehatan tubuh. Seperti mendukung sistem imun.

Namun zat asam yang berlebihan bisa memicu hal yang sangat berbahaya, khususnya bagi sistem persendian tulang.

3. Menyebabkan Penyakit Anemia

Menurut sumber informasi yang kami dapat, kandungan asam askorbat dan betaine yang terkandung dalam daun sambung nyawa bisa menyebabkan menurunnya produktifitas sel-sel darah.

Tentu ini bisa berefek pada resiko terkena penyakit anemia. Karena apabila produktifitas sel tubuh menurun, kadar darah tentu akan tidak stabil. Dalam kondisi seperti itu akan sangat mudah terkena penyakit anemia.

4. Meningkatkan Resiko Stroke ataupun Serangan Jantung

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa daun sambung nyawa khasiatnya bagus untuk kesehatan jantung. Namun bisa juga menjadi penyebab terserangnya penyakit jantung.

Namun konsumsi yang berlebihan bisa menyebabkan rusaknya organ penting di dalam tubuh. Yang mana organ tersebut merupakan organ yang berperan penting pada organ-organ tubuh lainnya. Contohnya jantung.

5. Menyebabkan Asam Urat

Daun sambung nyawa dipercaya mengandung anti oksidan dan anti inflamasi. Tentu ini bagus untuk tubuh. Di sisi lain, kandungan zat asamnya cukup tinggi. Bahkan bisa dikatakan sangat tinggi.

Sehingga, kandungan tersebut jika masuk dalam tubuh secara berlebihan bisa menyebabkan gejala asam urat. Maka harus diingat, jangan sampai berlebihan dalam mengkonsumsi daun sambung nyawa. Meskipun tujuannya untuk menyembuhkan.

6. Merusak Selaput Dinding Ginjal

Kandungan zat asam askorbat, zat pati, dan betain yang ada dalam daun sambung nyawa terbilang tinggi.

Maka bisa dipastikan jika pengkonsumsiannya terlalu berlebihan bisa berdampak pada kerusakan selaput dinding ginjal.

Solusi jika sudah mengkonsumsi daun sambung nyawa berlebihan, bisa dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi. Seperti nasi, jagung, kentang, dan jenis makanan lainnya.

7. Bisa Menyebabkan Terhambatnya Sistem Sirkulasi Darah

Efek samping daun sambung nyawa lainnya yaitu terhambatnya sistem sirkulasi darah. Kandungan zat asam pantotenat dan asam askorbat tergolong sudah cukup tinggi.

Jika dikonsumsi dengan jumlah berlebihan, maka akan menjadi sangat tinggi kandungan zat tersebut yang masuk dalam tubuh. Maka ini akan menyebabkan inkonsistenitas di sistem sirkulasi darah.

8. Menyebabkan Osteoporosis

Osteoporosis atau tulang keropos bisa disebabkan oleh zat asam pantotenat dan betain yang berlebihan di dalam tubuh.

Kebanyakan kasus overdosis penggunaan obat-obatan herbal yang terbuat dari daun sambung nyawa berdampak pada kesehatan tulang.

Jaringan sel-sel pada tulang bisa dengan mudah dirusak oleh zat-zat asam pantotenat dan betain yang terlalu banyak di dalam tubuh. Hal ini tentu menyebabkan rusaknya sistem kekuatan tulang.

9. Ketidak Stabilan Sistem Endokrin Tubuh

Ketidak stabilan sistem endokrin tubuh bisa disebabkan karena produksi insulin dari asupan-asupan yang berlebihan. Asupan-asupan yang dimaksud adalah jenis daun-daunan hijau dan sayuran.

Asupan daun-daunan dan sayuran yang banyak tanpa diimbangi dengan protein bisa menyebabkan ketidak stabilan sistem endokrin.

10. Menyebabkan Penurunan Metabolisme

Kandungan zat asam memang bisa memberikan khasiat dan bisa juga memberikan efek samping yang tidak diinginkan.

Kelebihan zat asam di dalam tubuh bisa menyebabkan menurunnya metabolisme di dalam tubuh. Tentu ini tidak bagus untuk kesehatan tubuh.

Karena sistem metabolisme berfungsi mengaliri zat dari sari pati makanan yang sudah berada di dalam lambung. Jika sistem metabolisme terganggu, secara otomatis zat-zat dari sari pati akan mengendap di lambung. Dan ini tidak baik.

Jadi, efek samping daun sambung nyawa bisa terjadi ketika mengkonsumsi baik ramuan atau makanan yang berbahan dasar daun sambung nyawa secara berlebihan.

Dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi daun sambung nyawa melebihi 100 gram/hari. Jadi tidak masalah jika mengkonsumsinya setiap hari dengan takaran tidak melebihi 100 gram.

Dengan adanya informasi efek samping daun sambung nyawa, kami berharap tidak menurunkan minat anda untuk mengkonsumsi daun herbal ini. Informasi ini sebagai pengingat bahwa jangan berlebihan dalam mengkonsumsi daun ini.