Efek Samping Daun Pegangan bagi Kesehatan

Efek Samping Daun Pegangan – Salah satu tanaman herbal yang tumbuh di tanah Indonesia adalah daun pegangan. Manfaat daun ini cukup berperan dalam membantu menyembuhkan beberapa masalah kesehatan.

Berawal dari keyakinan orang dahulu, bahwa daun pegangan bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan beberapa masalah kesehatan, kini daun ini sudah terbukti secara ilmiah.

Beberapa universitas perguruan tinggi seperti UMP, UGM, dan universitas lainnya sudah melakukan penelitian terhadap daun ini. Dan hasilnya memang terdapat zat-zat yang bermanfaat untuk kesehatan.

Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan objek binatang, menunjukan bahwa daun pegangan mengandung asam asiatik. Zat ini bisa memberikan manfaat pada produksi kolagen, yang mana kolagen sangat berperan pada proses penyembuhan luka.

Namun, di sisi lain, ada yang menanyakan bahaya atau efek samping daun pegangan. Apakah daun ini mengandung zat berbahaya? Atau jika salah konsumsi bisa menyebabkan efek yang berbahaya bagi kesehatan? Mari kita simak ulasannya.

Efek Samping Daun Pegangan bagi Kesehatan

Efek Samping Daun Pegangan bagi Kesehatan
Sumber Gambar: dermeva.com

Terlepas dari manfaat daun pegangan yang sudah terbukti secara ilmiah. Kita memang perlu menanyakan efek samping dari daun ini.

Hal ini penting dan harus diketahui. Meski jarang terjadi, namun hal-hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi.

Dilansir dari situs alodokter.com, menyebukan efek samping yang kemungkinan bisa terjadi adalah seperti sakit perut, pusing, sakit kepala, mual, kantuk yang berlebihan, alergi, dan kulit yang panas seperti terbakar.

Situs dokter tersebut juga menyebutkan bahwa pola konsumsi daun pegangan sebaiknya tidak melebihi enam minggu. Maksudnya kita boleh menggunakan atau mengkonsumsi daun pegangan paling lama jangka waktu enam minggu.

Selain itu, untuk lebih aman lagi dianjurkan berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter terkait masa penggunaan atau konsumsi.

Efek Samping Daun Pegangan bagi Ibu Hamil

Khusus untuk ibu hamil, tidak disarankan untuk mengkonsumsi seperti ramuan atau kapsul daun ini. Karena belum diketahui keamanannya bagi janin.

Daun pegangan boleh digunakan oleh ibu hamil dengan syarat cara penggunaannya dioleskan pada kulit.

Efek Samping Daun Pegangan bagi Ibu Menyusui

Sampai saat ini, kami belum mendapatkan informasi jelas terkait efek samping daun pegangan bagi ibu hamil.

Belum ada penelitian lebih dalam terhadap efek samping daun ini. Namun, untuk ibu menyusui sebaiknya hindari mengkonsumsi ramuan ataupun kapsul daun pegangan.

Tidak mustahil jika bisa menyebabkan bayi keracunan ASI setelah mengkonsumsi daun pegangan. Meskipun itu belum pernah terjadi ataupun kecil kemungkinan terjadinya.

Tetapi bukankan mencegah lebih baik dari pada mengobati?

Khusus untuk seseorang yang menderita penyakit hati, dianjurkan tidak mengkonsumsi daun pegangan. Ada sebuah penelitian yang mengatakan daun pegangan bisa menimbulkan resiko kerusakan hati.

Untuk saat ini sudah banyak produk-produk herbal yang dibuat dengan bahan daun pegangan. Jika anda tertarik dengan manfaat daun pegangan, bisa konsumsi produk-produk herbal tersebut.

Tetapi, usahakan gunakan produk yang sudah terdaftar di BPOM RI. Karena produk tersebut sudah teruji dan biasanya mencantumkan keterangan khasiat dan efek sampingnya di kemasan produk.

Manfaat Daun Pegangan

Manfaat Daun Pegangan
Sumber Gambar: id-test-11.slatic.net

Sedikit kami cantumkan ulasan terkait manfaat daun pegangan di sini. Jika ingin tahu lebih banyak manfaat daun pegangan, anda bisa membacanya di artikel tentang manfaat daun pegangan dan cara mengkonsumsinya.

Berikut ini adalah beberapa masalah kesehatan yang bisa diatasi dengan daun pegangan.

Menyembuhkan Luka di Kulit

Dari beberapa penelitian yang sudah dilakukan oleh ahlinya, daun ini dapat meningkatkan kadar antioksidan yang mana bisa mempercepat proses penyembuhan luka.

Mengatasi Peradangan Kulit

Beberapa produk kosmetik ada yang memanfaatkan daun pegangan sebagai campuran bahan produksinya. Hal ini dikarenakan daun pegangan dipercaya bisa memberikan kelembaban dan baik untuk mengatasi peradangan pada kulit.

Melancarkan Peredaran Darah

Ekstrak daun pegangan jika dikonsumsi dalam jangka 4-8 minggu bisa bermanfaat bagi yang memiliki gangguan peredaran darah pada bagian tungkai.

Ada perbaikan struktur pembuluh darah yang terjadi setelah mengkonsumsi ekstrak pegangan. Selain itu, juga ada pengurangan pembengkakan pada struktur pembuluh darah vena di bagian tungkai.

Dari semua efek samping dan manfaat daun pegangan yang sudah dijelaskan di atas, sebenarnya tidak bisa dijadikan acuan seutuhnya.

Karena penelitian-penelitian yang sudah dilakukan, sasaran atau objeknya adalah binatang percobaan.

Namun jika dilihat dari sejarahnya, orang-orang dulu memang memanfaatkan daun pegangan untuk membantu dan menunjang kesehatan. Dan bukti menyatakan mereka lebih mempercayai adanya khasiat yang ditimbulkan.

Sedangkan efek samping daun pegangan tentu tidak mustahil pasti ada. Namun selama ini masih sedikit dan bahkan mungkin belum banyak yang mengeluh akan efek sampingnya.