Apakah Daun Pepaya Jepang Menyebabkan Kanker ?

Apakah Daun Pepaya Jepang Menyebabkan Kanker ? Penyakit kanker adalah penyakit berbahaya yang menyerang bagian dalam tubuh. Jika dibiarkan penyakit ini akan semakin parah dan bisa berdampak fatal berupa kematian.

Salah satu pemicu seseorang mengidap kanker adalah makanan. Sudah tidak asing lagi di telinga jika ada beberapa jenis makanan yang memang bisa menyebabkan kanker.

Nah kabarnya daun pepaya Jepang diisukan masuk dalam jenis makanan yang memicu kanker. Apakah benar?

Baca juga: Manfaat daun pepaya jepang untuk kesehatan

Apakah Daun Pepaya Jepang Menyebabkan Kanker ?

Apakah daun pepaya jepang menyebabkan kanker
Pixabay.com

Untuk bisa mendapatkan jawaban yang meyakinkan, kita perlu menengok apa saja kandungan dari daun pepaya Jepang. Dan apa saja efek samping negatif dari daun ini.

Ini penting untuk diketahui supaya kita tahu apa benar daun pepaya Jepang bisa memicu datangnya penyakit kanker di tubuh.

Karena hal yang paling berpengaruh terhadap kesehatan tubuh pada makanan adalah isi kandungannya.

Kandungan Daun Pepaya Jepang

Di dalam daun pepaya ini terdapat banyak kandungan, diantaranya yaitu sebagai berikut.

  • Protein
  • Serat kasar
  • Kalsium
  • Kalium
  • Zat besi
  • Vitamin
  • Karoten
  • Sianogen glikosida

Nah, itulah beberapa kandungan yang ada dari daun ini. Diantara kandungan tersebut, ada satu yang merupakan senyawa beracun atau toksik.

Sianogen glikosida, dilansir dari deherba.com, senyawa ini bisa melepas racun yang bernama hidrogen sianida atau yang disingkat dengan HCN.

Apakah ini yang memicu timbulnya kanker? Ternyata bukan.

WHO Food Additives Series 30 mencantumkan dosis maksimal yang bisa menyebabkan kematian dari HCN adalah sebesar 0,5-3,5 mg per kg berat badan.

Efek negatif yang timbul jika seseorang mengkonsumsi senyawa ini sampai dosis yang mematikan adalah pusing, pingsan, sianosis, kedutan, kejang, sakit kepala, sampai koma.

100 gram daun pepaya Jepang mentah mengandung 27-42 mg HCN. Sedangkan batas maksimal 0,5-3,5 mg per kg berat badan. Artinya jika seseorang anak muda yang memiliki berat badan 55 kg, batas maksimal mengkonsumsi senyawa ini yaitu 27,5 mg.

Tentu ini cukup berbahaya bagi yang memiliki berat badan di bawah 55 kg. Karena 100 gram saja sudah mengandung 27-42 mg HCN.

Tapi tenang, kandungan senyawa beracun ini bisa diminimalisir dengan dimasak. Artinya, kandungan HCN akan berkurang dengan otomatis jika daun pepaya Jepang sudah dimasak.

Paling minimal yaitu dengan merebus dengan waktu paling singkat 15 menit.

Daun Pepaya Jepang tidak Menyebabkan Kanker

Seperti yang sudah dibahas, kandungan yang berbahaya dari daun ini adalah HCN. Di atas sudah diulas efek samping dari HCN ini, dan tidak ada efek negatif yang menyatakan kandungan daun ini menyebabkan kanker.

Artinya daun ini secara ilmiah tidak memicu terjadinya kanker. Efek paling parah dari HCN sendiri yaitu koma. Jadi, tidak ada berkaitan dengan kanker.

Jadi kandungan berbahaya yang ada pada daun ini adalah HCN. Dan itu bisa diminimalisir dengan cara direbus minimal 15 menit. Dan yang paling penting adalah tidak menyebabkan kanker.

Nah, itulah jawaban dari kami terkait pertanyaan apakah daun pepaya Jepang menyebabkan kanker. Semoga artikel ini cukup menjawab rasa penasaran anda.

Sumber referensi: https://www.deherba.com/daun-pepaya-jepang-bukan-penyebab-kanker.html

 

Tinggalkan komentar