Ciri Ciri Daun Sambung Nyawa

Ciri Ciri Daun Sambung Nyawa – Pemanfaatan tanaman herbal saat ini sudah semakin meluas di Nusantara. Termasuk daun sambung nyawa. Khasiat daun sambung nyawa yang bermanfaat untuk kesehatan, membuat daun ini dicari banyak orang.

Namun masih banyak orang yang belum mengenali bentuk dan rupa dari daun sambung nyawa maupun tanaman sambung nyawa.

Tanaman ini biasa tumbuh liar, namun ada juga yang membudidayakannya. Buat anda yang belum tahu bentuk rupa daun sambung nyawa, silahkan ketahui di pembahasan ciri-ciri daun sambung nyawa.

Daun sambung nyawa

Ciri Ciri Daun Sambung Nyawa

Ciri ciri daun sambung nyawa
Sumber Gambar: asset-a.grid.id

Bagaimana ciri-ciri daun sambung nyawa supaya mudah dikenali? Penting untuk mengenali daun sambung nyawa supaya tidak salah ambil.

Karena yang namanya tumbuhan biasanya memiliki bentuk dan rupa yang sama. Maka jangan sampai salah mengambil atau salah petik.

Berikut ini adalah ulasan ciri-ciri daun sambung nyawa yang perlu anda ketahui.

Daun sambung nyawa berbentuk helaian daun, bentuknya bulat memanjang, panjanganya 3,5 cm sampai 12,5 cm. Lebarnya bisa mencapai 5,5 cm.

Ujung daun sambung nyawa berbentuk pendek meruncing namun tumpul. Bagian tepinya nampak rata namun bergelombang .

Pertumbuhan dari tanaman daun sambung nyawa berbentuk perdu tegak ketika masih muda. Ketika daunnya diremas-remas, ia akan mengeluarkan bau yang khas.

Ketika sudah berusia tua, tanaman daun sambung nyawa bisa menjadi tanaman merambat. Namun tumbuh tegak ketika masih muda.

Manfaat Daun Sambung Nyawa

Manfaat daun sambung nyawa
Sumber Gambar: jabar.kabardaerah.com

Mengetahui ciri-ciri daun sambung nyawa tidak lengkap jika belum tahu apa saja manfaat daun sambung nyawa.

Berikut ini ada sedikit informasi tentang manfaat daun sambung nyawa. Jika ingin tahu lebih banyak tentang manfaat daun sambung nyawa, anda bisa membacanya di artikel manfaat daun sambung nyawa untuk kesehatan.

1. Baik untuk Menjaga Saluran Pencernaan

Salah satu manfaat daun sambung nyawa adalah baik untuk menjaga saluran pencernaan.

Daun sambung sambung nyawa sudah dipercaya oleh orang bisa untuk membantu mengobati penyakit lambung, seperti maag.

Daun ini dipercaya bisa mengeluarkan racun yang masuk ke dalam tubuh. Tak heran jika daun ini bisa digunakan untuk membantu mengatasi disentri.

2. Baik untuk Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat lainnya dari daun sambung nyawa adalah baik untuk memberi efek diuretik. Yang mana efek ini bisa untuk membantu mengeluarkan kelebihan natrium yang menjadi salah satu sebab timbulnya tekanan darah tinggi.

Selain itu, daun sambung nyawa juga bisa memberikan efek antikoagulan. Artinya daun sambung nyawa berkhasiat untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah.

3. Baik untuk Kesehatan Ginjal

Efek diuretik dari daun sambung nyawa juga baik untuk kesehatan ginjal. Kita semua tahu, ginjal adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting dijaga kesehatannya.

Efek diuretik akan mengurangi penumpukan cairan yang ada di bagian tubuh seperti organ-organ penting.

5. Baik untuk Mencegah Kanker dan Tumor

Menurut beberapa sumber, daun sambung nyawa mengandung senyawa antioksidan. Di dalam dunia medis, senyawa antioksidan dipercaya bisa untuk menangkal radikal bebas yang menjadi pemicu kanker.

Namun ada sumber lain yang mengatakan bahwa belum ada penelitian lebih dalam pada daun sambung nyawa. Jadi, tidak bisa dipertanggung jawabkan secara data khasiat-khasiat dari daun sambung nyawa.

6. Baik untuk Menghentikan Pendarahan

Beberapa orang dulu, ketika selesai melahirkan dianjurkan minum ramuan-ramuan herbal, atau kalau orang Jawa menyebutnya jamu.

Nah, ramuan tersebut biasanya terbuat dari campuran tanaman herbal termasuk daun sambung nyawa.

Ramuan tersebut dipercaya bisa untuk mengatasi pendarahan yang terjadi setelah melahirkan.

Dan selain itu, daun sambung nyawa juga dipercaya baik untuk mengatasi masalah haid.

7. Baik untuk Mengatasi Infeksi Kulit

Infeksi kulit yang dimaksud adalah seperti bisul yang disebabkan karena gigitan serangga dan gatal-gatal.

Dari banyaknya manfaat daun sambung nyawa, banyak juga cara mengolah daun sambung nyawa.

Ada yang direbus, ada yang dibuat ramuan, sampai ada yang dikonsumsi langsung. Demikian pembahasan ciri-ciri daun sambung nyawa dan manfaat dari daun sambung nyawa.

Tinggalkan komentar