Cara Transfer Uang Lewat ATM yang Terbaru Tahun Ini

Kali ini mtchicago.org akan berbagi info cara Transfer Uang Lewat ATM. Perkembangan teknologi semakin cepat merambah di berbagai bidang, termasuk di lembaga perbankan. Lembaga perbankan merupakan badan usaha yang bergerak di bidang keuangan di mana kegiatannya menghimpun dana dari masyarakat secara langsung dan memberikan berbagai jasa keuangan kepada masyarakat.

Terdapat berbagai macam pelayanan yang ada pada Lembaga perbankan, salah satunya adalah jasa pemindahan uang atau biasa disebut transfer. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dibahas mengenai cara transfer uang lewat ATM.

Cara Transfer Uang Lewat ATM, Apa itu Transfer?

Cara transfer uang lewat atm
Cara transfer uang lewat atm

Transfer uang merupakan salah satu jenis pelayanan yang diberikan sebuah lembaga perbankan kepada para nasabahnya. Transfer adalah kegiatan untuk memindahkan sejumlah uang dari satu pihak ke pihak lainnya. Adanya layanan transfer dapat memudahkan para nasabah perbankan untuk mengirimkan uang dari jarak yang sangat jauh sekalipun.

Keuntungan menggunakan transaksi transfer antara lain menghemat waktu, lebih aman, tidak perlu modal, tidak ada biaya menerima, dana langsung tersedia, relatif mudah, dan tidak ada biaya transfer kecuali tranfer beda bank atau beda kota).

Lembaga perbankan biasanya memiliki mekanisme transfer bermacam-macam, seperti transfer via ATM, mobile banking, dan setor tunai di bank. Di era yang serba canggih ini, berbagai bentuk pelayanan sudah dibuat menjadi lebih efisien, sehingga memudahkan para penggunanya.

Termasuk dalam pelayanan transfer uang yang disediakan oleh berbagai lembaga perbankan. Oleh sebab itu cara transfer uang lewat ATM sudah menjadi kebudayaan masyarakat era kini.

Pengertian ATM

ATM (automatic teller machine) dalam bahasa Indonesia disebut sebagai anjungan tunai mandiri, merupakan metode transaksi menggunakan mesin yang dapat memudahkan nasabah perbankan untuk melakukan transaksi.  Mesin ATM telah memakai sistem komputerisasi untuk membantu dan melayani nasabah melakukan transaksi.

Dengan menggunakan mesin ATM, seorang nasabah dapat mengakses tabungan mereka untuk transaksi seperti cek saldo, tarik tunai, transfer uang, pembayaran tagihan, dan lain-lain. Cara menggunakannya pun cukup mudah dan praktis. Namun, tetap membutuhkan kewaspadaan dalam penggunaannya.

Untuk dapat mengakses tabungan menggunakan mesin ATM, seorang nasabah harus memiliki kartu ATM. Biasanya, kartu ATM akan dibuatkan oleh petugas bank ketika kita sedang membuat rekening tabungan. Kartu ATM tersebut menjadi alat untuk mengoperasikan mesin ATM. Kartu ATM biasanya dilengkapi dengan PIN ATM. PIN ATM berupa angka, biasanya sejumlah 6 digit.

PIN ATM bersifat rahasia, sehingga hanya pemilik nomer rekening yang memiliki PIN ATM ini. Jika PIN ATM sudah kehilangan kerahasiaannya, dapat berpotensi terjadi pembobolan rekening. Sudah banyak tindak kejahatan dengan modus demikian.

Cara Transfer Uang Lewat ATM

Cara transfer uang lewat atm
Cara transfer uang lewat atm

Lalu, bagimana cara transfer uang menggunakan mesin ATM? Sebetulnya, cara transfer uang lewat ATM dapat dilakukan secara mudah. Namun, bagi orang awam atau yang baru saja membuat rekening tentu akan sedikit membingungkan. Karena mereka belum terbiasa menggunakan teknologi transfer melalui mesin ATM.

Bagi Anda yang masih belum mengerti bagaimana cara transfer uang menggunakan mesin ATM, berikut adalah langkah-langkah transfer uang lewat ATM.

  • Pastikan Anda sudah memiliki kartu ATM

Pada paragraf sebelumnya sudah dijelaskan bahwa syarat agar mesin ATM dapat dioperasikan adalah dengan memasukkan kartu ATM beserta PIN. Mesin ATM sudah dilengkapi dengan pelayanan ATM Bersama, sehingga dapat digunakan oleh semua kartu ATM yang terdapat logo “ATM Bersama”. Anggota ATM Bersama terdiri atas 81 lembaga perbankan di Indonesia antara lain BRI, BNI, Mandiri, BCA, dan Bank Jatim.

  • Memasukkan kartu ATM ke dalam slot kartu mesin ATM

Ketika memasukkan kartu ATM, pastikan posisinya tidak terbalik. Posisi yang betul dengan bagian atas kartu biasanya tertera nomor kartu. Jika memasukkan dengan posisi terbalik, maka mesin tidak dapat membaca identitas kartu ATM.

  • Memilih jenis bahasa

Sesudah memasukkan kartu ATM, kemudian akan muncul pilihan bahasa pada layar monitor mesin ATM. Biasanya, pilihannya “Bahasa Indonesia” dan “English”. Pilihlah bahasa sesuai keinginan.

  • Pilih “Lanjutkan”

Biasanya setelah memilih jenis bahasa akan muncul informasi di layar monitor mesin ATM. Pilih saja “Lanjutkan”.

  • Memasukkan PIN ATM

Selanjutnya, mesin ATM akan meminta Anda untuk memasukkan PIN ATM. Masukkan PIN yang sesuai. Upayakan untuk tetap menjaga kerahasiaan PIN ATM Anda. Hal ini untuk meminimalkan terjadinya upaya pembobolan rekening tabungan.  Ketika memasukkan PIN ATM, anda dapat menutupinya dengan tangan Anda.

  • Memilih jenis transaksi

Pada bagian ini, anda bisa memilih jenis transaksi yang anda butuhkan. Misalkan saja cek saldo, penarikan dan transfer. Untuk mengirim uang ke rekening lain, anda bisa memilih “Transfer”.

  • Memilih bank tujuan

Anda dapat memilih jenis bank yang sama dengan bank yang Anda gunakan (jika ingin transfer uang ke sesama jenis bank, missal BRI ke BRI), atau bank lain (jika ingin transfer uang ke jenis bank yang berbeda, missal BRI ke Mandiri).

  • Memasukkan kode bank dan nomer rekening

Jika mengirimkan ke jenis bank yang sama, tidak perlu memasukkan kode bank. Hal tersebut berlaku ketika Anda ingin transfer uang ke jenis bank yang berbeda. Kode bank biasanya sudah tersedia pada mesin ATM, jika Anda tidak tahu kode bank tujuan. Kemudian, masukkan kode bank beserta nomer rekening tujuan. Pilih “Benar.

  • Memasukkan nomer referensi

Nomer referensi tidak perlu diisikan jika memang Anda tidak memilikinya. No referensi ini juga sifatnya tidak wajib. Jadi anda bisa mengosongkannya.

  • Memasukkan jumlah uang yang akan ditransfer

Pada saat memasukkan nominal angka, pastikan angka yang dimasukkan sudah betul. Kemudian pilih “Benar”.

  • Tunggu konfirmasi transaksi berhasil

Setelah selesai, layar monitor mesin ATM akan menunjukkan informasi transaksi yang terdiri atas nomer rekening Anda, nomor rekening tujuan, nama penerima, dan jumlah transfer. Pastikan informasi tersebut sudah betul. Pilih “Benar”. Mesin ATM akan segera memproses transaksi yang Anda lakukan. Transaksi berhasil jika pada layar monitor mesin ATM muncul pemberitahuan “Transaksi Berhasil”.

  • Transaksi selesai

Transaksi selesai maka anda bisa mengambil slip bukti transfer. Jika anda tidak perlu menggunakan ATM lagi, maka kartu akan keluar. Anda bisa segera mangambilnya.

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Transfer Uang Lewat ATM

Cara transfer uang lewat atm
Sumber: raw.cdn.baca.co.id

Meskipun transaksi menggunakan mesin ATM telah menjamin keamanan, namun kewaspadaan tetap harus ditingkatkan. Banyak kasus negatif terjadi di mesin ATM, baik dilakukan oleh pengguna maupun seseorang dengan modus kriminal. Oleh karena itu, setelah mengetahui  cara transfer uang lewat ATM, Anda juga perlu mengetahui hal-hal berikut ini.

  • Menjaga kerahasiaan PIN ATM

PIN ATM merupakan komponen yang sangat penting dalam kegiatan transaksi menggunakan mesin ATM. Oleh karena itu, menjaga kerahasiaan PIN ATM termasuk penting. Ketika memasukkan PIN ATM, Anda dapat menutupinya menggunakan tangan.

  • Memasukkan PIN ATM yang betul

Untuk melakukan transaksi menggunakan mesin ATM, Anda perlu memasukkan PIN ATM yang betul. Jika tidak, transaksi tidak dapat dilakukan. Jangan memasukkan PIN yang salah secara terus menerus. Hal tersebut akan berpotensi membuat kartu ATM tertelan di dalam mesin.

  • Jangan menggunakan jasa orang lain jika terjadi kesalahan atau error

Ketika mesin error atau Anda melakukan kesalahan, maka jangan sekali-kali meminta bantuan kepada orang yang tidak dikenal. Hal tersebut dapat dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab sebagai modus pembobolan rekening. Lebih baik memanggil satpam ruang ATM atau nomer call center yang tersedia.

  • Menunggu hingga transaksi betul-betul selesai

Pastikan transaksi yang sedang dilakukan benar-benar selesai, sebelum meninggalkan mesin ATM dan layar pada mesin ATM sudah kembali pada menu awal. Pastikan juga kartu ATM yang Anda masukkan sudah keluar dari slot dan aman.

Demikian penjelasan mengenai cara transfer uang lewat mesin ATM. Cara menggunakan mesin ATM memang cukup mudah, namun tetap diperlukan kewaspadaan terhadap berbagai tindakan yang dapat merugikan diri sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam melakukan transaksi.

Tinggalkan komentar