Cara Transfer Uang Lewat ATM Mandiri Terbaru [Langkah Termudah]

Cara Transfer Uang Lewat ATM Mandiri – Berbagai bentuk penerapan teknologi modern dilakukan guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada para nasabahnya. Bank Mandiri adalah salah satu Lembaga perbankan yang turut meningkatkan pelayanan kepada para nasabahnya.

Bank Mandiri menyediakan pelayanan transfer uang via mesin ATM, sehingga para nasabahnya dapat mengirimkan uang ke berbagai lokasi dengan waktu yang cepat dan tepat. Transfer uang dapat dilakukan di bank melalui teller, namun akan lebih cepat jika menggunakan mesin ATM.

Mesin ATM sangat membantu para nasabah di dunia perbankan. Selain untuk transfer uang, ATM juga bisa digunakan untuk mengambil uang di mesin ATM. Jadi dengan memiliki ATM Mandiri anda bisa mengambil uang di mesin ATM Mandiri dan mesin ATM lainya. Anda memiliki ATM Mandiri tidak harus mengambil di mesin ATM Mandiri, misalkan mengambil uang di mesin ATM BCA juga bisa.

Caranya anda bisa baca di artikel kami tentang cara mengambil uang di ATM BCA.

Bagi orang-orang yang baru saja menjadi nasabah bank Mandiri, cara transfer uang lewat ATM Mandiri tentu menjadi permasalahan tersendiri. Oleh karena itu, diperlukan pedoman untuk melakukannya. Berikut akan kami sajikan tentang langkah-langkah transfer uang menggunakan mesin ATM Mandiri yang penting anda ketahui.

Cara Transfer Uang Lewat ATM Mandiri

Cara Transfer Uang Lewat ATM Mandiri
Sumber: infoperbankan.com

Cara transfer uang lewat ATM Mandiri cukup mudah untuk dilakukan. Hanya saja diperlukan pembiasaan bagi nasabah baru, agar tidak kebingungan pada saat melakukan transfer uang. Ada perbedaan ketika hendak mengirimkan uang ke sesama ATM Mandiri dan ke bank lain.

Bagi nasabah baru bank Mandiri, pedoman dalam menggunakan mesin ATM Mandiri tentu sangat diperlukan. Hal ini berguna untuk meminilasir kesalahan ketika menggunakannya. Kesalahan seringkali terjadi, meskipun mereka sudah sering menggunakan mesin ATM Mandiri. Kesalahan fatal adalah ketika kartu ATM tertelan di dalam mesin.

Oleh karena itu, di dalam artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara menggunakan mesin ATM Mandiri untuk transfer uang. Ada dua pedoman yang akan disajikan, yakni cara transfer uang ke sesama ATM Mandiri dan cara transfer uang dari ATM Mandiri ke jenis bank lain.

1. Cara Transfer Uang Lewat ATM Mandiri ke Mandiri

Cara ini bisa anda terapkan jika ingin melakukan transfer uang ke rekening sesama Mandiri. Berikut ulasan lengkap cara transfer uang lewat ATM Mandiri ke sesama Mandiri yang bisa anda fahami.

  1. Pastikan Anda berada di ruang mesin ATM milik bank Mandiri. Selain itu pastikan juga kartu ATM anda belum expired dan tentunya saldo minimal anda terpenuhi setelah transaksi nantinya.
  2. Memasukkan kartu ATM ke dalam slot mesin ATM. Ketika memasukkan kartu posisi kartu jangan sampai terbalik. Mesin ATM tidak dapat mendeteksi kartu Anda jika posisinya salah. Mesin ATM akan menolak ketika kartu dimasukkan jika posisinya tidak tepat.
  3. Setelah memasukkan kartu ATM, biasanya muncul pilihan bahasa di layar monitor mesin ATM. Anda dapat memilih “Bahasa Indonedia” atau “English”, sesuai dengan keinginan Anda. Sebaiknya anda memilih bahasa yang benar – benar anda fahami supaya proses transaksi berjalan sesuai keinginan anda.
  4. Selanjutnya, mesin ATM akan meminta Anda untuk memasukkan nomor PIN ATM Mandiri Anda. Masukkan PIN ATM yang sesuai, karena jika memasukkan nomor PIN yang salah berkali-kali dapat mengakibatkan kartu ATM tertelan.
  5. Memilih menu “Transaksi Lain”. Kemudian pilih “Transfer”, dan akan muncul dua pilihan, yaitu sesama mandiri atau rekening lain. Pilihlah “Mandiri”.
  6. Memasukkan nomer rekening Mandiri tujuan. Jika sudah pilih “benar”.
  7. Kemudian, masukkan nominal uang yang akan ditransfer, pilih “benar”.
  8. Kemudian akan muncul informasi transfer yang terdiri atas nomer rekening Anda, rekening tujuan, nama pemilik rekening tujuan, dan jumlah uang yang ditransfer. Lalu pilih “Ya” jika informasi yang disajikan sudah betul.
  9. Mesin akan melakukan proses transaksi. Transaksi selesai apabila muncul notifikasi transaksi berhasil dan disertai keluarnya resi transfer dari mesin ATM.

2. Cara Transfer Uang Lewat ATM Mandiri ke Bank Lain

Cara transfer uang lewat ATM Mandiri juga dapat dilakukan antar jenis bank yang berbeda. Namun, Anda akan dikenakan biaya transfer. Tahapan yang dilakukan hampir sama dengan saat mengirim uang ke sesama bank MANDIRI, yakni sebagai berikut.

  1. Melakukan tahapan yang sama seperti cara transfer uang ke sesama bank Mandiri. Mulai poin 1 – 4.
  2. Monitor mesin ATM akan menunjukkan pilihan jenis bank yang akan Anda tuju. Pilihlah “Antar Bank Online” untuk transfer uang ke bank lain.
  3. Memasukkan kode bank tujuan dan nomor rekeningnya. Biasanya mesin sudah menyediakan kode berbagai bank. Temukan kode bank tujuan Anda, lalu masukkan bersama nomer rekening. Pilih “Benar”.
  4. Memasukkan jumlah uang yang akan ditransfer. Pastikan jumlahnya sesuai yang Anda inginkan.
  5. Jika monitor mesin ATM meminta memasukkan nomor referensi, Anda dapat memasukkannya jika ada atau langsung pilih “Benar” jika tidak ada.
  6. Selanjutnya akan keluar informasi data yang seudah diinput pada layar monitor mesin ATM. Informasi terdiri atas nomer rekening Anda, data bank yang dituju, nomor rekening tujuan, nomor referensi, dan jumlah uang yang akan ditransfer. Jika informasi tersebut sudah betul, pilih “Ya”. Mesin akan melakukan proses transaksi. Transaksi selesai ketika sudah ada pemberitahuan transaksi berhasil.

Mengapa Perlu Transfer Menggunakan Bank Mandiri?

Cara Transfer Uang Lewat ATM Mandiri

Transfer uang melalui pelayanan bank akan lebih mudah dibandingkan berkirim uang secara manual. Melalui jasa perbankan pengiriman uang dapat dilakukan secara cepat dengan jarak yang sangat jauh sekalipun. Bank Mandiri memberikan layanan transfer uang kepada para nasabahnya.

Transfer uang ini dapat dilakukan melalui mesin-mesin ATM bank Mandiri yang ditempatkan di berbagai lokasi yang strategis seperti, pertokoan, pusat perbelanjaan, dan lain-lain.

Mesin ATM Mandiri dikhususkan kepada para nasabah bank Mandiri untuk melakukan transaksi. Dengan menggunakan mesin ATM Mandiri, para nasabah bank Mandiri dapat melakukan transfer uang ke sesama ATM Mandiri maupun ATM bank lain.

Hal ini tentunya dapat memudahkan para nasabah, sehingga cara transfer uang lewat ATM Mandiri harus dipahami baik secara teknis maupun non teknis.

Perhatikan 5 Hal Ini Ketika Transfer Uang Lewat ATM Mandiri

Cara Transfer Uang Lewat ATM Mandiri
Sumber: cdn2.tstatic.net

Cara transfer uang lewat ATM Mandiri memang lebih mudah dan cepat. Namun, tidak menutup kemungkinan akan terjadi peristiwa yang tidak kita inginkan. Menjaga keamanan password, tidak menerima bantuan orang asing serta tidak meninggalkan kartu ATM dimesin.

Selain ketiga hal utama yang harus anda lalukan, ternyata ada juga lima hal yang tidak kalah penting untuk anda perhatikan berikut ini.

  • Pastikan saldo rekening cukup

Hal-hal penting yang harus diperhatikan pada saat transfer uang salah satunya adalah jumlah saldo yang ada di rekening tabungan Mandiri, terutama setelah transfer. Saldo minimal rekening Mandiri yakni Rp 100.000. Misal, Anda ingin melakukan transfer uang sejumlah Rp 100.000 lewat ATM Mandiri.

Namun, saldo Anda berjumlah Rp 190.000. Maka transfer tidak dapat berlangsung, karena jumlah saldo saat selesai digunakan transfer sejumlah Rp 90.000. Jumlah tersebut kurang dari jumlah minimal saldo yang dipersyaratkan, yakni Rp 100.000.

  • Tidak diperkenankan mengenakan helm dan kaca mata hitam di dalam ruang ATM

Di dalam ruang mesin ATM biasanya terdapat peraturan agar tidak mengenakan helm dan kaca mata hitam saat memasuki ruang. Hal tersebut agar kamera cctv di mesin ATM dapat mengidentifikasi setiap pengguna mesin ATM.

  • Jangan merokok di dalam ruang mesin ATM

Kepulan asap rokok akan sangat mengganggu. Apalagi ruang mesin ATM selalu dilengkapi dengan AC (Air Conditioner). Peraturan tersebut juga sudah tercantum di dalam ruang mesin ATM.

  • Membuang sampah pada tempatnya

Anda harus memastikan transfer uang sudah selesai, ditandai dengan keluarnya kartu ATM dan struk bukti transaksi. Nah, struk bukti transaksi inilah yang biasanya menjadi sampah di sekitar mesin ATM. Oleh karena itu, Anda harus membuang struk bukti pembayaran pada tempat sampah yang sudah disediakan jika tidak duperlukan.

Demikian penjelasan tentang cara transfer uang lewat ATM Mandiri. Semoga tulisan dari kami tim nmtchicago.org dapat memberikan manfaat bagi Anda. Selamat bertransaksi menggunakan cara-cara di atas. Perhatikanlah hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat berada di ruang mesin ATM atau pada saat menjalankan mesin.

Tinggalkan komentar