Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI Terbaru [Singkat dan Jelas]

Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI versi nmtchicago.org– Tahukah anda era revolusi industri 4.0.? Sekarang ini dunia telah memasuki era revolusi industri 4.0. di mana segala sesuatu dapat tersedia dengan cepat dan tepat. Oleh karena itu, industri perbankan pun telah menerapkan teknologi modern demi meningkatkan kualitas pelayanan kepada para nasabahnya.

Salah satu layanan perbankan yang sering terpakai oleh masyarakat adalah transfer uang. Anda bisa melakukan transfer uang ini melalui mobile maupun lewat ATM. Namun kali ini kita akan mengulas bagaimana cara tranfer uang lewat ATM BRI.

Transfer uang melalui jasa perbankan memungkinkan terjadinya pengiriman uang secara cepat walaupun pada jarak yang sangat jauh. Layanan transfer uang ini disediakan melalui teller bank, atau mesin-mesin ATM yang banyak dipasang di luar kantor perbankan, pertokoan, atau tempat-tempat dengan letak yang strategis.

Para nasabah bank cukup memiliki nomor rekening tabungan, dan uang pun dapat ditransfer kapanpun dan di manapun asalkan ada saldonya.

Mudahnya Transfer Uang Lewat ATM BRI

Cara transfer uang lewat atm bri
Sumber: ivoox.id

Cara transfer uang lewat mesin ATM sebenarnya sangat mudah dilakukan, namun bagi orang-orang yang baru saja memakai layanan perbankan bisa jadi hal tersebut menjadi begitu membingungkan. Menyikapi hal tersebut, perlu adanya pedoman tentang transfer uang menggunakan mesin ATM kepada masyarakat yang asing/ baru menggunakannya.

BRI (Bank Rakyat Indonesia) merupakan salah satu lembaga perbankan terbesar di Indonesia yang dikelola oleh pemeritah. Bank BRI juga memberikan kemudahan kepada para nasabahnya dalam melakukan transaksi, termasuk teknologi mesin ATM. Berikut merupakan cara bertransaksi menggunakan mesin ATM BRI.

Anda juga bisa baca artikel tentang cara mengambil uang di ATM BRI.

Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI

Cara transfer uang lewat mesin ATM BRI dapat dilakukan menggunakan mesin ATM BRI. Dengan menggunakan mesin ATM BRI, Anda dapat melakukan transfer uang ke sesama rekening bank BRI maupun bank lain.

Keduanya memiliki langkah-langkah yang hampir sama. Namun, secara umum cara transfer uang menggunakan mesin ATM BRI adalah sebagai berikut.

  1. Memasukkan kartu ATM
  2. Memilih bahasa (Bahasa Indonesia atau English)
  3. Pilih “Lanjutkan”
  4. Memasukkan PIN ATM
  5. Memilih “Transaksi Lain”
  6. Pilih Transfer
  7. Pastikan mengecek setiap informasi yang dimunculkan pada layar monitor mesin ATM.

Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI ke BRI

Banyaknya jumlah nasabah yang dimiliki oleh bank BRI memungkinkan terjadinya transaksi ke sesama BRI. Berikut merupakan cara transfer uang lewat mesin ATM BRI ke sesama BRI.

  1. Pastikan Anda berada di ruang mesin ATM milik bank BRI.
  2. Memasukkan kartu ATM ke dalam mesin ATM. Jangan salah memasukkan kartu ATM Anda. Jika posisi kartu ATM yang Anda masukkan terbalik, mesin ATM tidak dapat mendeteksi kartu Anda, sehingga kartu tidak dapat masuk.
  3. Setelah memasukkan kartu ATM, akan muncul setelan bahasa di layar monitor mesin ATM, biasanya ada pilihan “Bahasa IndoneSia” dan “English”. Sesuaikan dengan yang Anda inginkan, lalu pilih lanjutkan.
  4. Memasukkan nomor PIN ATM BRI Anda. Pastikan nomor yang Anda masukkan benar, karena jika salah memasukkan nomor PIN berkali-kali dapat mengakibatkan kartu ATM tertelan.
  5. Selanjutnya akan muncul pilihan nominal rupiah dan menu lain, pilihlah menu “Transaksi Lain”. Kemudian pilih “Transfer”, dan akan muncul pilihan bank tujuan. Pilihlah “BRI”.
  6. Memasukkan nomer rekening BRI yang dituju. Jika sudah pilih “benar”.
  7. Memasukkan jumlah nominal uang yang akan dikirimkan, pilih “benar”. Pastikan nominal yang Anda masukkan sudah betul.
  8. Kemudian akan muncul informasi transfer meliputi nomer rekening Anda, rekening tujuan, nama pemilik rekening tujuan, dan jumlah uang yang ditransfer. Pastikan informasi yang ditunjukkan sudah betul, lalu pilih “Ya”. Tunggu hingga proses transfer berhasil. Jika sudah akan muncul notifikasi transaksi berhasil dan disertai keluarnya resi transfer dari mesin ATM.

Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI ke Bank Lain

Cara transfer uang lewat mesin ATM BRI juga dapat dilakukan antar jenis bank yang berbeda. Selain dapat mengirim uang ke sesama pengguna ATM BRI, Anda juga dapat mengirim uang ke ATM bank lain.

Langkah-langkah yang dilakukan hampir sama dengan saat mengirim uang ke sesama bank BRI. Berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

  1. Ikuti langkah-langkah yang sama seperti saat transfer ke sesama BRI, poin 1 – 5. Hanya saja pada menu bank tujuan Anda harus memilih “Bank Lain”.
  2. Untuk transfer uang ke nomer rekening bank lain, Anda perlu mengetahui kode bank tujuan. Di layar monitor biasanya sudah disediakan menu untuk mencari kode bank lain. Pilihlah menu tersebut, kemudian carilah kode bank tujuan Anda.
  3. Setelah mengetahui kode bank, masukkan kode tersebut diikuti nomer rekening tujuan. Lalu pilih “Benar”.
  4. Kemudian masukkan jumlah uang yang akan ditransfer dan pilih “Benar” (pastikan nominal yang dimasukkan sudah betul).
  5. Jika ada nomor referensi, Anda dapat memasukkannya. Jika tidak ada, silahkan pilih “Benar”.
  6. Jika sudah selesai, selanjutnya akan muncul informasi transfer pada layar monitor mesin ATM. Informasi terdiri atas nomer rekening Anda, data bank yang dituju, nomor rekening tujuan, nomor referensi, dan jumlah uang yang akan ditransfer. Pastikan informasi yang ditunjukkan sudah betul, lalu pilih “Ya”. Tunggu hingga proses transfer berhasil. Jika sudah akan muncul notifikasi transaksi berhasil dan disertai keluarnya resi transfer dari mesin ATM.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Transfer Lewat ATM BRI

cara Transfer uang lewat atm bri
Sumber: Tribunnews.com

Cara transfer uang lewat mesin ATM BRI dapat meningkatkan kecepatan dan efisiensi dalam mengirimkan uang. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan akan terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan.

Oleh karena itu, meningkatkan kewaspadaan juga perlu dilakukan. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan saat sedang melakukan transfer uang di ATM BRI.

  • Hati-hati terhadap modus penipuan

Bertransaksi menggunakan mesin ATM memang aman, namun kewaspadaan tetap harus ditingkatkan. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya tindakan penipuan. Sudah banyak modus penipuan yang dilakukan pada saat transaksi melalui mesin ATM.

Berbagai modus penipuan yang dapat terjadi di mesin ATM seperti hipnotis, pengganjalan mesin ATM, atau dengan menggunakan alat skimming (pemindai magnetic).

Adapun modus yang dilakukan di dalam ruang ATM yakni dengan menawarkan bantuan pada saat kita mengalami kesulitan. Jika terjadi hal demikian, lebih baik menghubungi satpam penjaga mesin ATM (jika ada) atau menghubungi nomer call center.

  • Menggunakan PIN ATM yang sesuai

Hal yang seringkali terjadi ketika melakukan transaksi menggunakan mesin ATM yakni lupa PIN ATM. Apabila menggunakan PIN ATM salah maka kita tidak bisa melakukan transaksi.

Kesalahan dalam memasukkan PIN ATM secara berkali-kali dapat menyebabkan kartu ATM terblokir dan mesin akan mengeluarkan kartu tersebut. Namun, ada juga tidak bisa keluar kembali (tertelan).

  • Menjaga kerahasiaan PIN ATM

Menjaga kerahasiaan PIN ATM menjamin keamanan saat bertransaksi menggunakan mesin ATM. PIN pada kartu ATM sangat penting kerahasiaannya, karena jika sampai ada orang lain yang mengetahui PIN ATM anda, bisa jadi mereka dapat membobol  kartu ATM anda.

Sebaliknya, jika kerahasiaan PIN dapat terjaga dengan baik, maka mustahil orang lain dapat membobol kartu ATM anda. Menjaga keamanan PIN ATM dapat dilakukan menggunakan cara-cara seperti berikut:

1) memastikan tidak ada pihak lain yang mengetahui PIN yang kita gunakan

2) tidak meminjamkan kartu ATM beserta PIN

3) Pada saat menginput PIN, pastikan menutupinya dengan tangan

4) mengganti PIN secara berkala; 5) waspada penipuan melalui telepon, fax atau e-mail.

  • Tidak meninggalkan mesin ATM sebelum tuntas bertransaksi

Sebelum meninggalkan mesin ATM pastikan transaksi yang sedang dilakukan benar-benar tuntas dan layar pada mesin ATM sudah kembali pada menu awal. Kemudian, pastikan juga kartu ATM yang dimasukkan sudah keluar dari slot dan tersimpan dengan baik.

Demikianlah cara transfer uang lewat mesin ATM BRI. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi para pembaca. Dengan adanya ATM, Anda tidak lagi harus antri lama di teller untuk transfer uang. Selamat melakukan transaksi menggunakan mesin ATM, dan pastikan Anda tetap memperhatikan keamanan dalam bertransaksi.

Tinggalkan komentar