Cara Transfer Uang Lewat ATM BNI Terbaru [Simpel dan Mudah]

Cara Transfer Uang Lewat ATM BNI – Perkembangan teknologi di lembaga perbankan sudah kian modern. Model pelayanan perbankan yang diberikan semakin memberikan kemudahan kepada para nasabahnya. Salah satu Lembaga perbankan, yakni Bank BNI adalah yang turut serta meningkatkan pelayanan kepada para nasabahnya.

Bank BNI memberikan pelayanan transfer uang kepada para nasabhnya. Transfer uang tidak selalu dilakukan menggunakan teller bank, melainkan dapat melalui mesin ATM. Transfer uang dengan menggunakan mesin ATM akan lebih cepat dan mudah.

Namun cara transfer uang lewat ATM BNI akan dirasa sulit bagi para nasabah baru bank BNI, sehingga mereka memerlukan pedoman untuk melakukannya. Oleh karena itu, pada artikel ini akan membahas tentang langkah-langkah transfer uang melalui mesin ATM BNI secara detail.

Baca juga artikel tentang cara sms banking BNI.

Cara Transfer Uang Lewat ATM BNI

Cara Transfer Uang Lewat ATM BNI
Sumber: cdn2.tstatic.net

Sebetulnya, Cara transfer uang lewat ATM BNI tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Namun, mereka yang baru saja menggunakan layanan bank BNI ini akan menjadi kesulitan karena belum terbiasa. Transfer uang dari mesin ATM BNI menuju rekening BNI akan berbeda saat transfer uang dari mesin ATM BNI ke rekening jenis bank lain.

Guna mengurangi terjaninya kesalahan pada mengoperasikan mesin ATM BNI, untuk itu diperlukan pedoman tentang bagaimana menggunakan mesin ATM BNI dengan betul. Ada dua hal yang perlu diketahui pada saat melakukan transfer uang, yakni cara transfer uang ke sesama ATM BNI dan cara transfer uang dari ATM BNI ke jenis bank lain.

Cara Transfer Uang Lewat ATM BNI ke BNI

Para nasabah bank BNI sudah dilayani dengan transfer uang mudah menggunakan mesin ATM BNI. Berikut merupakan cara transfer uang lewat ATM BNI ke sesama BNI.

  1. Memiliki kartu ATM BNI yang masih aktif. Kartu ATM yang tidak aktif tidak dapat digunakan untuk melakukan transfer uang. Biasanya kartu ATM tidak aktif/ diblokir apabila saldo yang ada pada rekening tidak cukup untuk membayar pajak dari bank.
  2. Memasukkan kartu ATM BNI ke slot mesin ATM BNI dengan posisi yang betul. Mesin akan menolak kartu Anda jika posisi kartu saat dimasukkan tidak sesuai.
  3. Memilih bahasa pengantar, yakni bahasa Indonesia atau English. Agar lebih mudah, lebih baik gunakan bahasa Indonesia saja.
  4. Memasukkan PIN ATM. PIN biasanya terdiri atas 6 digit angka. Jangan sampai salah memasukkan nomer PIN ATM berkali-kali. Karena akan berakibat pada tertelannya kartu ke dalam mesin ATM.
  5. Setelah memasukkan PIN, layar monitor mesin ATM akan memunculkan menu penarikan cepat dengan variasi nominal. Namun, juga ada menu pilihan lain. Untuk melakukan transfer uang pilihlah “Menu Lain”
  6. Kemudian akan muncul berbagai pilihan menu selanjutnya yang terdiri atas “Penarikan Tunai”, “Transfer”, “Informasi Saldo”, “Uang Elektronik”, dan lain-lain. Pilihlah “Transfer”.
  7. Setelah memilih “Transfer”, akan muncul pilihan lagi, yakni “Dari Rekening Giro” dan “Dari Rekening Tabungan”. Pilihlah “Dari Rekening Tabungan”.
  8. Akan muncul pilihan menu lagi, untuk mengirim uang ke sesama rekening BNI, pilihlah “Ke Rekening BNI”
  9. Memasukkan nomer rekening BNI tujuan. Jika sudah pilih “benar”.
  10. Kemudian, masukkan nominal uang yang akan ditransfer. Jumlah minimum yang dapat Anda tuliskan yakni Rp 10.000. Kemudian, pilih “benar”.
  11. Memasukkan nomer referensi jika ada. Pengisian nomer referensi ini bersifat opsional. Pilih “Benar”.
  12. Kemudian akan muncul informasi transfer yang terdiri atas nomer rekening Anda, rekening tujuan, nama pemilik rekening tujuan, dan jumlah uang yang ditransfer. Lalu pilih “Ya” jika informasi yang disajikan sudah betul.
  13. Mesin akan melakukan proses transaksi. Transaksi selesai apabila muncul notifikasi transaksi berhasil dan disertai keluarnya struk transfer dari mesin ATM.

Cara Transfer Uang Lewat ATM BNI ke Bank Lain

Selain untuk mengirimkan uang ke sesama rekening BNI, mesin ATM BNI juga dapat digunakan untuk berkirim uang ke rekening jenis bank lain. Cara transfer uang lewat ATM BNI ke rekening bank lain tidak jauh berbeda seperti saat transfer ke sesama rekening BNI.

Langkah awal sama seperti pedoman transfer uang lewat ATM BNI ke BNI sebelumnya, yakni dari poin 1 hingga 7. Selanjutnya sebagai berikut.

  1. Akan muncul menu pilihan bank, yaitu “Ke Rekening BNI” dan “Ke Rekening Bank Lain”. Pilihlah “Ke Rekening Bank Lain”.
  2. Mesin ATM akan meminta Anda memasukkan nomer rekening tujuan. Anda juga harus memasukkan kode bank tujuan Anda di depan nomer rekening bank tujuan. Kode bank dapat ditemukan pada menu “Daftar Bank”.
  3. Perbedaan saat transfer uang dari ATM BNI ke sesama BNI dengan transfer uang dari ATM BNI ke bank lain terdapat pada dua poin di atas. Selanjutnya, langkah-langkahnya sama seperti saat mengirim uang dari ATM BNI ke BNI.

Mengapa Perlu Transfer Menggunakan Bank BNI?

Cara Transfer uang lewat ATM BNI
Sumber: sgcdn.antaranews.com

Transfer adalah salah satu jenis pelayanan perbankan yang dapat memudahkan para nasabah untuk mengirimkan uang mereka ke berbagai tujuan. Pengiriman uang akan sangat mudah menggunakan layanan perbankan daripada melakukannya secara konvensional.

Layanan transfer uang dari bank BNI telah disediakan pada mesin-mesin ATM BNI yang sudah diletakkan di tempat-tempat yang dapat terjangkau oleh masyarakat umum. Nasabah bank selain bank BNI pun dapat menggunakan mesin ATM BNI, namun akan dikenakan biaya transaksi.

Adanya mesin ATM BNI memudahkan para nasabah bank BNI untuk dapat berkirim uang ke sesama bank BNI, ataupun juga ke jenis bank yang berbeda. Misal, BRI, Mandiri, BCA, dan lain-lain. Oleh karena itu, Cara transfer uang lewat ATM BNI perlu dipahami oleh para nasabah bank BNI maupun masyarakat umum yang ingin menggunakan mesin ATM BNI.

Hal yang Harus Diperhatikan ketika Transfer Uang Lewat ATM BNI

Cara Transfer uang Lewat ATM BNI

Kemudahan cara transfer uang lewat ATM BNI akan Anda jika sudah terbiasa. Anda bisa memulai transaksi pertama anda sesuai dengan panduan yang sudah kami ulas diatas. Tidak hanya faham bagaimana menggunakan mesin ATM saja, nyatanya ada beberapa hal penting berikut ini yang harus anda perhatikan ketika menggunakan mesin ATM BNI:

  • Masukkan PIN ATM yang sesuai

Sebelum berbagai proses transaksi dilakukan, Anda harus memasukkan PIN ATM yang sesuai. Kesalahan memasukkan PIN ATM secara berkali-kali dapat mengakibatkan kartu ATM tertelan ke dalam Mesin ATM. Jika terjadi hal demikian, Anda harus segera melapor ke petugas bank. Selain itu, mesin ATM tidak dapat digunakan oleh nasabah lain sebelum kartu yang tertelan tersebut dapat dikeluarkan.

  • Memastikan informasi sudah sesuai

Pada langkah akhir sebelum transaksi diproses, monitor mesin ATM akan memunculkan informasi transfer yang terdiri atas nomor rekening Anda, nomer rekening tujuan, nama pemilik rekening tujuan, dan sebagainya. Pastikan informasi tersebut sudah betul. Anda akan merasa rugi jika mengirimkan uang ke tujuan yang salah.

  • Memastikan struk di mesin ATM masih ada

Struk sebagai bukti ketika Anda sudah melakukan transfer uang. Jika struk tidak muncul, maka tidak ada bukti transfer yang akan Anda tunjukkan kepada pihak yang dituju. Biasanya, mesin ATM yang kehabisan struk akan diberi tanda jika struk pada mesin sudah habis.

  • Menunggu proses transfer benar-benar selesai

Sebaiknya Anda menunggu proses transfer benar-benar selesai, meskipun dalam keadaan sedang terburu-buru. Tunggu hingga layar mesin ATM menunjukkan kondisi semula dan struk keluar dari mesin ATM.

  • Menjaga Kerahasiaan PIN ATM

Kerahasiaan PIN ATM sifatnya sangat penting, karena tanpa PIN ATM Anda tidak dapat melakukan transaksi menggunakan mesin ATM. Jika kerahasiaan PIN ATM sudah hilang, dapat berpeluang terjadi pembobolan rekening tabungan. Anda dapat menggantinya secara berkala agar lebih aman.

Demikian pembahasan mengenai cara transfer uang lewat ATM BNI secara mudah. Selamat melakukan transaksi menggunakan pedoman yang sudah ulas secara lengkap. Pastikan untuk tetap meningkatkan kewaspadaan diri dari lingkungan sekitar saat melakukan transaksi. Hal ini penting anda perhatikan supaya anda tidak menjadi korban kejahatan seperti skimming atau pengganjalan mesin ATM.

Jelajah artikel menarik lainnya di nmtchicago.org.

Tinggalkan komentar