2 Cara Transfer Uang Lewat ATM BCA Termudah dan Nggak Ribet

Cara Transfer Uang Lewat ATM BCA versi nmtchicago.org. Berbagai lembaga perbankan melayani nasabahnya dengan menyediakan kartu debit. Tujuannya tentu agar para nasabah  mudah untuk melakukan transaksi.

Layanan ini juga bisa anda nikmati sebagai nasabah BCA. Kartu debit ini biasanya disebut dengan kartu ATM yang dapat digunakan untuk tarik tunai, sek saldo, pembayaran, dan transfer uang lewat mesin ATM BCA.

Melakukan transaksi, terutama transfer uang dapat dilakukan melalui teller bank, namun kita akan lama mengantrinya. Oleh karena itu, setiap lembaga perbankan termasuk BCA menyediakan fasilitas berupa mesin ATM agar kegiatan transfer uang dapat dilakukan di manapun dan kapanpun.

Bagi para nasabah Bank BCA baru dan belum pernah melakukan transaksi, umumnya merasa bingung bagaimana cara menggunakan mesin ATM.

Terutama transfer uang melalui mesin ATM. Cara transfer uang lewat ATM BCA, mungkin belum terlalu dipahami. Sehingga diperlukan panduan agar lebih memudahkan dalam menggunakan mesin ATM. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dijelaskan mengenai langkah-langkah transfer uang lewat ATM BCA.

Cara Transfer Uang Lewat ATM BCA

Cara Transfer Uang Lewat ATM BCA
Sumber: i2.wp.com

Bagi sebagian besar nasabah baru Bank BCA Cara transfer uang lewat ATM BCA mungkin menjadi hal yang membingungkan. Padahal sebetulnya melakukan transfer uang menggunakan mesin ATM BCA cukup mudah. Perlu diketahui, transfer uang dari mesin ATM BCA menuju rekening BCA akan berbeda saat transfer uang dari mesin ATM BCA ke rekening jenis bank lain.

Untuk meminimalisir kesalahan saat mengoperasikan mesin ATM BCA, untuk itu diperlukan tata cara tentang bagaimana menggunakan mesin ATM BCA dengan baik dan benar. Ada dua cara untuk transfer uang menggunakan mesin ATM BCA, yakni cara transfer uang ke sesama ATM BCA dan cara transfer uang dari ATM BCA ke jenis bank lain.

Cara Transfer Uang Lewat ATM BCA ke BCA

Para nasabah bank BCA sudah dilayani dengan transfer uang mudah menggunakan mesin ATM BCA. Berikut merupakan cara transfer uang lewat ATM BCA ke sesama BCA.

  1. Pastikan Anda berada di ruang mesin ATM milik bank BCA dan memiliki kartu ATM BCA yang masih aktif. Selain itu, juga pastikan bahwa saldo di dalam kartu ATM BCA Anda masih cukup setelah melakukan transfer uang. Jika saldo kurang, maka transfer yang dilakukan akan gagal.
  2. Memasukkan kartu ATM ke dalam slot mesin ATM. Ketika memasukkan kartu posisi kartu jangan sampai terbalik. Mesin ATM tidak dapat mendeteksi kartu Anda jika posisinya salah. Mesin ATM akan menolak ketika kartu dimasukkan jika posisinya tidak tepat.
  3. Setelah memasukkan kartu ATM, biasanya muncul pilihan bahasa di layar monitor mesin ATM. Biasanya ada dua pilihan yakni “Bahasa Indonesia dan “Bahasa Inggris”. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.
  4. Selanjutnya, mesin ATM akan meminta Anda untuk memasukkan nomor PIN ATM BCA Anda. Masukkan PIN ATM yang sesuai, karena jika memasukkan nomor PIN yang salah berkali-kali dapat mengakibatkan kartu ATM tertelan. Jika anda mengalami hal ini, anda bisa segera mengurus kartu ATM yang terblokir karena salah password melalui bagian CS (Customer Service).
  5. Memilih menu “Transaksi Lainnya”. Kemudian pilih “Transfer”. Kemudian akan muncul pilihan bank tujuan, yakni “Ke Rek BCA” dan “Ke Rek Bank Lain”. Pilih “ Ke Rek BCA”.
  6. Memasukkan nomer rekening BCA tujuan. Jika sudah pilih “benar”.
  7. Kemudian, masukkan nominal uang yang akan ditransfer, pilih “benar”.
  8. Kemudian akan muncul informasi transfer yang terdiri atas nomer rekening Anda, rekening tujuan, nama pemilik rekening tujuan, dan jumlah uang yang ditransfer. Lalu pilih “Ya” jika informasi yang disajikan sudah betul.
  9. Mesin akan melakukan proses transaksi. Transaksi selesai apabila muncul notifikasi transaksi berhasil dan disertai keluarnya resi transfer dari mesin ATM. Struk akan keluar dari mesin ATM, dan ambil kartu ATM Anda.

Cara Transfer Uang Lewat ATM BCA ke Bank Lain

Selain untuk mengirimkan uang ke sesama rekening BCA, mesin ATM BCA juga dapat digunakan untuk berkirim uang ke rekening jenis bank lain. Berikut ini adalah penjelasan Cara transfer uang lewat ATM BCA.

  1. Melakukan tahapan yang sama seperti cara transfer uang ke sesama bank BCA. Mulai poin 1 – 4.
  2. Monitor mesin ATM akan menunjukkan pilihan jenis bank yang akan Anda tuju. Pilihlah “Ke Rek Bank Lain” untuk transfer uang ke bank lain.
  3. Memasukkan kode bank tujuan dan nomor rekeningnya. Biasanya mesin sudah menyediakan kode berbagai bank. Temukan kode bank tujuan Anda, lalu masukkan bersama nomer rekening. Pilih “Benar”.
  4. Memasukkan jumlah uang yang akan ditransfer. Pastikan jumlahnya sesuai yang Anda inginkan.
  5. Jika monitor mesin ATM meminta memasukkan nomor referensi, Anda dapat memasukkannya jika ada atau langsung pilih “Benar” jika tidak ada. Pengisian nomer referensi ini bisa diisi atau dikosongkan.
  6. Selanjutnya akan keluar informasi data yang seudah diinput pada layar monitor mesin ATM. Informasi terdiri atas nomer rekening Anda, data bank yang dituju, nomor rekening tujuan, nomor referensi, dan jumlah uang yang akan ditransfer. Jika informasi tersebut sudah betul, pilih “Ya”. Mesin akan melakukan proses transaksi. Transaksi selesai ketika sudah ada pemberitahuan transaksi berhasil.
  7. Struk akan keluar dari mesin ATM, dan ambil kartu ATM Anda.

Mengapa Perlu Transfer Menggunakan ATM Bank BCA?

Cara Transfer Uang Lewat ATM BCA
Sumber: mmc.tirto.id

Transfer menggunakan mesin ATM Bank BCA akan lebih memudahkan para nasabahnya dalam melakukan transaksi. Karena mesin ATM BCA sudah tersebar di berbagai tempat yang dapat dijangkau para nasabahnya.

Adanya mesin ATM BCA memudahkan para nasabah bank BCA untuk dapat berkirim uang ke sesama bank BCA, ataupun juga ke jenis bank yang berbeda. Misal, BRI, Mandiri, BNI, dan lain-lain.

Oleh karena itu, pedoman Cara transfer uang lewat ATM BCA perlu dipahami oleh para nasabah bank BCA, terutama yang belum pernah melakukan transfer uang menggunakan mesin ATM BCA.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Transfer Uang Lewat ATM BCA

Cara Transfer Uang Lewat ATM BCA
Sumber: assets-a1.kompasiana.com

Kemudahan cara transfer uang lewat ATM BCA akan Anda dapatkan jika menggunakan pedoman pada pembahasan sebelumnya.

Namun, ada beberapa hal perlu Anda perhatikan dan waspadai ketika berhadapan dengan mesin ATM. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan saat melakukan transaksi menggunakan mesin ATM.

  • Waspadai adanya modus penipuan

Modus penipuan sudah banyak terjadi pada ruang mesin ATM. Jadi, Anda perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap orang-orang yang ada di sekeliling Anda. Beberapa modus penipuan antara lain hipnotis, pengganjalan mesin ATM, atau skimming.

  • Menghubungi nomer call center saat terjadi kesalahan atau error

Pada kondisi tertentu, bisa jadi mesin ATM error, sehingga Anda tidak dapat melakukan transaksi. Nah, pada kondisi demikian berhati-hatilah terhadap orang-orang yang menawarkan bantuan kepada Anda. Namun, lebih baik Anda menghubungi nomor call center atau melapor ke petugas keamanan jika ada.

  • Menjaga kerahasiaan PIN ATM

Anda harus menjaga kerahasiaan PIN ATM Anda, karena tanpa PIN ATM Anda tidak dapat melakukan transaksi menggunakan mesin ATM. Jika kerahasiaan PIN ATM diketahui orang lain, dapat berpeluang terjadi pembobolan rekening tabungan. Agar lebih aman, Anda dapat mengganti PIN ATM Anda secara berkala.

  • Memasukkan PIN ATM yang sesuai

PIN ATM biasanya terdiri atas 6 digit angka. Memasukkan PIN ATM yang salah akan mengakibatkan mesin menolak digunakan. Jangan memaksa memasukkan PIN ATM berkali-kali jika salah. Hal tersebut dapat mengakibatkan kartu ATM dapat tertelan ke dalam mesin.

  • Tunggu sampai transaksi selesai

Jangan pergi sebelum transaksi yang Anda lakukan betul-betul selesai. Anda perlu memastikan jika monitor mesin ATM sudah kembali pada menu awal. Ambil struk yang keluar sebagai bukti jika Anda sudah melakukan transaksi.

Itulah tata cara mengenai cara transfer uang lewat ATM BCA secara mudah. Selamat melakukan transaksi menggunakan langkah-langkah yang sudah dijelaskan pada paragraf sebelumnya. Pastikan untuk tetap meningkatkan kewaspadaan diri dari lingkungan sekitar saat melakukan transaksi.

Baca juga artikel cara cek nomor rekening BNI.

Tinggalkan komentar