Cara SMS Banking Mandiri Terbaru Tahun Ini Paling Mudah

Cara SMS Banking Mandiri – Teknologi semakin memudahkan perjalanan kehidupan manusia, begitu pun lembaga perbankan yang memanfaatkan teknologi untuk memudahkan para nasabahnya dalam melakukan transaksi, termasuk Bank Mandiri.

Tahukah Anda dengan SMS Banking? SMS Banking merupakan salah satu fitur layanan perbankan yang memudahkan para nasabahnya untuk bertransaksi dengan cukup mengirimkan pesan singkat.

Layanan ini juga dimiliki oleh Bank Mandiri, dan cara SMS Banking Mandiri pun cukup mudah. Selain SMS Banking, mandiri juga menyediakan layanan internet banking Mandiri. Cara menggunakannya juga sama, harus daftar terlebih dahulu. Anda juga bisa baca informasi tentang cara daftar internet banking Mandiri.

Apa Itu SMS Banking Mandiri?

Cara SMS Banking Mandiri
Sumber: beritauang.com

Proses transaksi melalui Bank Mandiri saat ini tidak harus datang langsung ke unit kantor Bank Mandiri. Dengan menggunakan SMS Banking Mandiri, segala proses transaksi bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

Lalu, apa itu SMS Banking Mandiri?

Sama seperti halnya SMS Banking pada lembaga perbankan lainnya, SMS Banking Mandiri pun menggunakan layanan SMS pada ponsel pribadi Anda untuk digunakan dalam melakukan transaksi.

Sehingga cara menggunakannya pun cukup mudah. Namun, sebelum Anda dapat menggunakannya, maka Anda harus mendaftarkan dulu nomer ponsel Anda ke customer service Bank Mandiri atau mendaftar melalui mesin ATM. Setelah itu, baru Anda dapat menggunakannya.

SMS Banking Mandiri juga disebut sebagai Mandiri SMS, yaitu layanan perbankan elektronik untuk memudahkan mengakses rekening nasabah menggunakan ponel/ Hanphone.

Secara umum, transaksi yang dapat Anda lakukan menggunakan SMS Banking antara lain transfer uang, cek saldo, pembayaran, pembelian, dan lain-lain.

Terdapat format-format tertentu yang perlu Anda gunakan dalam setiap kali melakukan transaksi. Format-format tersebut merupakan kode-kode perintah untuk melakukan transaksi.

Bagaimana cara SMS Banking Mandiri dilakukan? Pada pembahasan selanjutnya akan dijelaskan tentang cara menggunakan SMS Banking Mandiri secara mudah.

Cara SMS Banking Mandiri Paling Mudah

Cara SMS Banking Mandir
Sumber: i.ytimg.com

Seperti yang diterangkan pada pembahasan sebelumnya, jika SMS Banking Mandiri ini digunakan untuk memudahkan dalam melakukan transaksi baik finansial maupun non finansial.

Cara SMS Banking Mandiri pun sebetulnya cukup mudah. Syarat utamanya Anda harus sudah melakukan akvitasi dengan cara-cara yang sudah dijelaskan sebelumnya. Anda juga harus memiliki ponsel yang di dalamnya sudah terisi pulsa.

SMS Banking Mandiri tidak menggunakan internet, melain menggunakan pulsa seluler. Berbeda dengan Internet Banking dan Mobile Banking, keduanya harus tersambung dengan jaringan internet.

Namun, SMS Banking ini bisa dijadikan sebagai alternatif transaksi jika Internet Banking dan Mobile Banking tidak mungkin untuk digunakan. Artinya, perangkat Anda sedang tidak tersambung dengan jaringan internet.

Format SMS Banking Mandiri yang Wajib Anda Ketahui

Cara SMS Banking Mandiri sangat mudah dilakukan. Pihak Bank Mandiri sudah menyediakan format SMS untuk bertransaksi menggunakan SMS Banking Mandiri.

Jadi, Anda perlu mengetikkan pesan sesuai dengan format yang sudah ditentukan. Berbeda jenis transaksi, berbeda pula format penulisan pesannya.

Ada dua cara yang dapat Anda lakukan untuk menggunakan SMS Banking Mandiri yaitu KETIK SMS atau PILIH MENU. Anda dapat menggunakan salah satu dari kedua cara tersebut. Apa perbedaan keduanya?

Jika menggunakan cara KETIK SMS, Anda harus mengetikkan format perintah Mandiri SMS pada menu SMS ponsel Anda, kemudian kirimkan ke nomor 3355. Anda dapat menggunakan nomor ponsel GSM atau CDMA.

Jika menggunakan cara PILIH MENU, Anda cukup memilih menu Mandiri SMS pada ponsel Anda. PILIH MENU ini hanya untuk nomor telepon GSM saja.

Cara Daftar SMS Banking Mandiri

Cara SMS Banking Mandiri
Sumber: uangindonesia.com

Sebelum Anda dapat menggunakan layanan SMS Banking Mandiri, Anda perlu melakukan registrasi terlebih dahulu. Registrasi SMS Banking Mandiri dapat dilakukan dengan menggunakan mesin ATM Mandiri atau melalui kantor unit kerja Bank Mandiri.

Namun, Anda juga perlu tahun syarat-syarat untuk memperoleh layanan Mandiri SMS. Syarat-syaratnya adalah sebagai berikut.

  • Nasabah Bank Mandiri dengan memiliki rekening (perorangan) giro atau tabungan.
  • Pelanggan operator GSM, seprti Telkomsel, Indosat dan XL, atau pelanggan operator CDMA seperti Flexi, Fren, dan Esia.
  • Mempunyai ponsel/ HP GSM/ CDMA.
  • Menyutujui segala syarat dan kententuan yang berlaku pada penggunaan Mandiri SMS yang ada di form aplikasi Mandiri SMS.

Berikutnya adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mendaftar di SMS Banking Mandiri.

Cara Daftar SMS Banking Mandiri dengan mesin ATM Mandiri

Cara SMS Banking Mandiri dengan mesin ATM Mandiri
Sumber: prizminstitute.com

Mengaktifkan SMS Banking Mandiri melalui Mesin ATM Mandiri cukup mudah. Anda cukup datang ke mesin ATM Mandiri terdekat dan membawa kartu ATM Mandiri. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Masukkan kartu ATM Mandiri Anda ke slot pada mesin ATM. Lakukan langkah-langkah awal seperti biasanya (memasukkan PIN, memilih bahasa pengantar), kemudian layar monitor akan memuculkan tampilan menu-menu.
  • Pilihlah menu “Transaksi Lainnya”.
  • Pilih menu “Pendaftaran E-Banking”.
  • Memilih submenu “Mobile Banking”.
  • Masukkan nomer ponsel Anda yang masih Aktif. Gunakan nomor ponsel pribadi Anda. Pilih “Benar”.
  • Pilih “Setuju”.
  • Mesin ATM akan meminta Anda untuk membuat PIN Mandiri SMS. Masukkan 6 digit angka. Usahakan menggunakan angka yang mudah diingat, jangan angka berurutan atau angka sama.
  • Masukkan kembali nomor PIN yang sama untuk konfirmasi, lalu pilih “Benar”.
  • Selanjutnya Anda diminta untuk menentukan apakah Anda ingin menerima SMS notifikasi jika debet/kredit di atas 1 juta rupiah. Pilih “Ya” jika Anda setuju.
  • Masukkan tanggal lahir.
  • Masukkan 6 digit kode OTP. Kode OTP akan Anda terima via SMS.
  • Setelah selesai, Anda akan menerima SMS notifikasi dari pihak Bank Mandiri.

Pendaftaran SMS Banking melalui ATM Mandiri hanya bisa digunakan untuk transaksi non finansial seperti cek saldo atau mutasi rekening.

Jika ingin dapat digunakan untuk melakukan transaksi finansial maka Anda harus melakukan aktivasi melalui kantor cabang Bank Mandiri terdekat.

Cara Daftar SMS Banking Mandiri melalui kantor unit kerja Bank Mandiri

Cara Daftar SMS Banking Mandiri melalui kantor unit kerja Bank Mandiri
Sumber: cekajah.com

Cara mendaftarkan SMS Banking Mandiri selanjutnya adalah dengan melalui kantor cabang Bank Mandiri. Cara ini juga mudah dilakukan. Anda cukup datang ke kantor cabang Bank Mandiri, kemudian menemui teller bank.

Disana Anda akan sepenuhnya dibantu oleh karyawan bank. Anda hanya perlu memasukan password dan memberikan informasi jika diperlukan.

Mudah bukan? SMS Banking Mandiri memang mudah untuk digunakan. Selain itu cara aktivasinya yang cukup mudah.

Keuntungan Menggunakan SMS Banking Mandiri

Menggunakan SMS Banking Mandiri memberikan berbagai keuntungan untuk Anda, para nasabah Bank Mandiri. Pastinya, keuntungan yang akan Anda dapat adalah kemudahan dalam bertransaksi dimanapun dan kapanpun. Namun, juga ada keuntungan lain yang dapat Anda peroleh antara lain sebagai berikut.

  • Transaksi mudah dengan menggunakan berbagai sim card

SMS Banking Mandiri adalah layanan perbankan Mandiri yang dapat digunakan melalui SMS. Transaksi menggunakan SMS Banking Mandiri dapat dilakukan menggunakan berbagai jenis sim card baik GSM maupun CDMA.

  • Mudah dan fleksibel

Transaksi menggunakan SMS Banking Mandiri dapat Anda lakukan di mana saja dan kapan saja. Anda tinggal mengetikkan format perintah jenis transaksi pada menu SMS ponsel Anda, transaksi sudah dapat Anda lakukan dengan mudah.

  • Lebih efisien

SMS Banking Mandiri memungkinkan proses transaksi secara mudah dan cepat. Tentu, hal ini akan mempersingkat waktu Anda dalam melakukan transaksi, daripada harus mengantri di kantor bank atau mencari mesin ATM Mandiri.

  • Bisa melakukan berbagai jenis transaksi

Anda dapat menggunakan SMS Banking untuk melakukan berbagai jenis transaksi baik finansial maupun non finansial. Beberapa jenis transaksi tersebut antara lain cek saldo, transfer uang, pembayaran online, dan berbagai jenis transaksi lainnya.

Itulah penjelasan kami nmtchicago.org tentang cara SMS Banking MANDIRI. Gunakanlah layanan SMS Banking Mandiri dengan sebaik-baiknya dan tetap menjaga keamanan bertransaksi. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dan para pembaca lain untuk mempermudah menggunakan SMS Banking Mandiri.

Tinggalkan komentar