Cara SMS Banking BRI Paling Mudah Tahun Ini [Mudah dan Praktis]

Cara SMS Banking BRI – nmtchicago.org. SMS Banking BRI semakin mendekatkan nasabah kepada kemudahan dalam bertransaksi. Dengan menggunakan pendekatan berupa teknologi kirim pesan (SMS), para nasabah sudah bisa melakukan berbagai transaksi. Jadi, tidak perlu repot dan menunggu lama ke kantor bank jika dalam keadaan mendesak.

Bagi Anda yang masih asing dengan SMS Banking tentu akan sedikit bingung cara kerja dan penggunaannya. Oleh karena itu dalam artikel ini akan dibahas tentang pedoman cara SMS Banking BRI. Semoga bisa memudahkan Anda untuk bisa menikmati fasilitas SMS Banking BRI.

Cara Daftar SMS Banking BRI Terbaru

Cara Daftar SMS Banking BRI

Agar Anda dapat menggunakan layanan SMS Banking BRI, Anda perlu melakukan registrasi terlebih dahulu. Pendaftaran layanan SMS Banking BRI dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama, menggunakan mesin ATM BRI, dan kedua melalui customer service dikantor unit kerja BRI.

Anda juga bisa membaca cara daftar internet banking BRI terbaru tahun ini.

1. Cara SMS Banking BRI dengan mesin ATM BRI

Mengaktifkan SMS Banking BRI dapat dilakukan melalui mesin ATM BRI. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Datang ke mesin ATM BRI terdekat.
  2. Memasukkan kartu ATM BRI ke slot pada mesin ATM. Cara memasukkan kartu harus secara betul agar kartu bisa masuk.
  3. Memilih menu “Transaksi Lain”.
  4. Memilih submenu “Registrasi”.
  5. Memilih submenu “SMS Bangking”.
  6. Memasukkan nomer ponsel yang masih aktif. Nomer ponsel tersebut adalah yang akan Anda gunakan untuk transaksi melalui SMS Banking BRI. Pastikan nomer yang dimasukkan sudah betul.
  7. Memasukkan PIN SMS Banking. Gunakan PIN yang mudah diingat. PIN terdiri dari 6 digit dan dapat Anda samakan dengan PIN kartu ATM Anda.
  8. Selesai.

2. Cara SMS Banking BRI di Kantor Unit Kerja BRI

Selain menggunakan mesin ATM BRI, aktivasi SMS Banking BRI juga dapat dilakukan melalui kantor unit kerja BRI. Berikut langkah-langkah registrasi SMS Banking BRI melalui kantor unit kerja BRI.

  1. Datang ke kantor unit kerja BRI terdekat. Pastikan sebelum datang ke kantor unit kerja BRI, Anda sudah membawa berbagai berkas persyaratan yang diperlukan. Berkas yang perlu disiapkan yakni fotocopy KTP yang masih berlaku dan fotocopy kartu ATM BRI. 
  2. Menemui costumer service untuk mendapatkan pelayanan SMS Banking. Anda diharuskan untuk mengisi formulir yang sudah disediakan. Isi formulir dengan data yang sebenar-benarnya. 

Perlu diketahui bahwa ketentuan untuk dapat menggunakan layanan SMS Banking BRI yaitu hanya dapat dilakukan pada rekening tabungan BRI yang masih aktif. Berikut ini beberapa jenis tabungan BRI yang bisa menggunakan fasilitas SMS Banking:

  1. BritAma
  2. BritAma Junior atau Simpedes
  3. Giro (Perorangan)

Cara SMS Banking BRI Paling Mudah

Cara SMS Banking BRI
Sumber: Cara SMS Banking BRI

SMS Banking memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam bertransaksi. Cara SMS Banking BRI pun sebetulnya cukup mudah. Pihak Bank BRI sudah menyediakan format penulisan SMS untuk transaksi. Anda  kemudian hanya tinggal kirim ke nomer 3300. Namun, untuk menggunakannya nomer ponsel Anda harus sudah teregistrasi terlebih dahulu.

Berikut format-format untuk transaksi menggunakan SMS Banking BRI.

  1. Transfer ke sesama BRI: TRANSFER <spasi> BRI (rekening tujuan) <spasi> NOMINAL <spasi> PIN. Contoh penulisannya, TRANSFER BRI1234567890 100000 123456
  2. Transfer ke bank lain: TRANSFER <spasi> Kode Bank Tujuan + no. rekening tujuan <spasi> NOMINAL <spasi> PIN. Contoh penulisannya, TRANSFER 008123456789 100000 123456.
  3. Cara cek saldo. SALDO <spasi> PIN. Contoh penulisannya, SALDO 123456
  4. Cara beli pulsa token PLN, BELI <spasi> PLNPRE <spasi> ID PLN <spasi> NOMINAL <spasi> PIN. Contoh penulisannya, BELI PLNPRE 34567123409856 50000 123456.
  5. Cara isi pulsa, PULSA <spasi> HP <spasi> NOMINAL <spasi> PIN. Cara penulisannya, PULSA 082331315219 20000 123456.

Cara SMS Banking BRI dapat dilakukan dengan menggunakan dua cara, yakni melalui SMS biasa dan SMS Toolkit. Berikut penjelasan kedua cara tersebut.

1. Melalui SMS biasa

Cara ini adalah yang paling umum digunakan. Caranya cukup mudah, para nasabah bank BRI cukup mengetikkan format transaksi tertentu yang dikehendaki. Format-format yang digunakan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

2. Melalui SMS Toolkit

Cara kedua ini mungkin sedikit asing bagi Anda. SMS Toolkit merupakan menu yang disediakan oleh SIM Card. Masing-masing penyedia provider memiliki menu SMS Banking yang berbeda.

Sekilas Tentang SMS Banking BRI

SMS Banking merupakan salah satu fitur layanan Bank BRI yang dapat mempermudah aktivitas transaksi para nasabah Bank BRI. Berbeda dengan Internet Banking BRI atau Mobile Banking BRI, layanan SMS Banking tidak menggunakan jaringan internet, melainkan menggunakan pulsa kartu ponsel. 

Pada dasarnya, segala layanan yang diberikan oleh Bank bertujuan untuk memudahkan transaksi nasabahnya. Tidak terkecuali BRI yang menyediakan fasilitas SMS Banking untuk memudahkan transaksi tanpa terbatas waktu dan tempat. Meskipun memudahkan, untuk layanan SMS Banking BRI ini membutuhkan pulsa. 

Berbagai layanan transaksi dapat Anda lakukan dengan menggunakan SMS Banking BRI. Aktivitas seperti cek saldo, berbagai pembayaran atau tagihan, serta transfer uang bisa Anda selesaikan dengan SMS Banking. Transfer disini bahkan meliputi ke sesama BRI maupun ke jenis bank yang berbeda. 

Jadi, SMS Banking dapat Anda gunakan di manapun dan kapanpun tanpa tersambung dengan jaringan internet. Namun, jangan lupa ponsel Anda juga harus terisi dengan pulsa.

Kenali Layanan SMS Banking BRI Berikut

Kepuasan dan kenyamanan nasabah merupakan prioritas utama dalam memberikan pelayanan oleh Bank BRI. Berikut ini dua jenis layanan yang disediakan oleh Bank BRI dengan SMS Banking.

  1. Layanan BRI berbasis menu. Layanan ini merupakan layanan SMS banking yang menggunakan menu sebagai perintah transaksinya.
  2. Layanan plain text. Cara kerja layanan ini adalah dengan mengirimkan perintah transaksi yang akan dilakukan ke nomor 3300.

Keuntungan dan Kelemahan Menggunakan SMS Banking BRI

Cara Daftar SMS Banking BRI

Memang SMS Banking BRI memiliki fitur-fitur yang terbatas. Di sisi lain, juga terdapat berbagai keuntungan yang dapat kita peroleh ketika menggunakan SMS Banking BRI. Berikut berbagai keuntungan yang kita dapatkan dengan SMS Banking BRI.

  • Dapat Digunakan Meskipun tidak Tersambung dengan Internet

SMS Banking BRI tidak bergantung dengan jaringan internet. Jadi, penggunaannya cukup dengan pulsa kartu ponsel. Ini tentu akan memudahkan ketika perangkat yang kita gunakan seperti smartphone atau komputer tidak tersambung dengan internet.

Meskipun internet sudah menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari manusia, namun tidak menutup kemungkinan adanya tidak tersedia pada kondisi tertentu. Oleh karena itu, SMS Banking BRI cukup memberikan solusi pada kondisi demikian.

  • Transaksi yang Dilakukan Lebih Aman

Bertransaksi menggunakan SMS Banking dapat lebih terjaga karena berbagai informasi dapat secara mudah dihapus. Transaksi menggunakan SMS Banking BRI tidak bergantung pada ketersediaan internet dan listrik. Sehingga nasabah akan terhindar dari gangguan eksternal seperti mati lampu atau terputusnya koneksi internet.

  • Bisa Digunakan Di Manapun dan Kapanpun

Layanan SMS Banking BRI memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi di manapun dan kapanpun. Hal ini karena syarat menggunakan SMS Banking hanya perlu menggunakan pulsa.

Meskipun Anda mesti membayar biaya sms, namun  SMS Banking ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang tinggal didaerah sulit sinyal. Anda tidak akan kesulitan mencari sinyal internet untuk melakukan transaksi secara online melalui internet banking ataupun mobile banking.

Di balik keuntungan yang disajikan, bertransaksi dengan SMS Banking BRI juga memiliki beberapa kelemahan. Berikut ini dua hal mendasar yang membuat SMS Banking kurang diminati lagi. 

  • Fitur yang Disajikan Kurang Lengkap

Penggunaan SMS Banking BRI sebagai sarana transaksi memang cukup mudah. Namun, fitur-fitur yang disediakan tidak cukup banyak seperti pada Internet Banking ata Mobile Banking. Sehingga pada kebutuhan transaksi tertentu mungkin tidak bisa Anda lakukan dengan menggunakan SMS Banking.

  • Relatif Lebih Mahal

SMS Banking BRI dilakukan dengan menggunakan layanan SMS pada ponsel, di mana untuk menggunakannya memerlukan pulsa.

Biaya administrasi yang dikeluarkan biasanya Rp 500. Namun, bisa jadi akan ada biaya administrasi tambahan untuk jenis transaksi tertentu.

Tentu lain ceritanya ketika menggunakan transaksi internet banking atau mobile banking, Anda tidak akan terkena potongan pulsa. 

Demikianlah penjelasan tentang cara SMS Banking BRI. Semoga artikel ini dapat memudahkan Anda memahami cara kerja sms banking.

Selain membuat Anda faham bagaimana cara melakukan SMS Banking, pembahasan kali ini juga mengulas kelebihan dan kekurangan SMS banking tersebut.

Semoga ini bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih fasilitas dan layanan perbankan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tinggalkan komentar