Cara SMS Banking BNI Terbaru Tahun Ini [Mudah dan Simpel]

Cara SMS Banking BNI – Transaksi keuangan perbankan saat ini sudah dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun, bahkan dalam waktu yang relatif singkat. Kemajuan teknologi memungkinkan banyak hal dilakukan dengan mudah dan cepat.

Lembaga perbankan telah menerapkan kemajuan teknologi untuk memudahkan para nasabahnya melakukan transaksi, termasuk Bank BNI. SMS Banking menjadi salah satu layanan perbankan yang disediakan oleh Bank BNI untuk aktivitas transaksi.

Pada dasarnya, SMS Banking digunakan untuk memudahkan layanan transaksi para nasabah Bank BNI. Jadi, mereka tidak perlu datang ke mesin ATM atau teller bank untuk melakukan transaksi.

Tentu cara SMS Banking BNI tidak terlalu rumit, sama halnya seperti cara sms banking BRI. Namun bagi nasabah baru mungkin akan kebingungan bagaimana cara pemakaiannya.

Cara SMS Banking BNI Terbaru

Cara SMS Banking BNI

Untuk dapat menggunakan SMS Banking BNI, Anda perlu melakukan registrasi untuk menjadi User BNI SMS Banking. Sama seperti halnya mendaftarkan SMS Banking di lembaga perbankan lainnya, SMS Banking BNI juga dapat didaftarkan melalui mesin ATM BNI dan kantor Cabang BNI.

1. Cara Daftar SMS Banking BNI dengan Mesin ATM BNI

Mengaktifkan SMS Banking BNI dapat dilakukan melalui mesin ATM BNI. Syaratnya, Anda perlu membawa kartu debit BNI. Simak langkah-langkah berikut ini.

  1. Datang ke mesin ATM BNI terdekat.
  2. Memasukkan kartu ATM BNI ke slot pada mesin ATM, kemudian masukkan PIN ATM.
  3. Masuklah ke menu “Registrasi e-Channel”.
  4. Memilih “BNI SMS Banking”..
  5. Memasukkan nomer ponsel. Gunakanlah nomor ponsel yang masih aktif. Nomer ponsel tersebut. Pihak Bank BNI akan mengirimkan konfirmasi ke nomor ponsel Anda jika registrasi selesai.
  6. Membuat PIN SMS Banking. Gunakan PIN yang mudah diingat. PIN terdiri dari 6 digit. Hindari menggunakan angka yang beruntun dan angka sama. Hal ini untuk menghindari kejadian yang tidak kita inginkan.
  7. Memasukkan kode OTP aktivasi finansial.
  8. Apabila registrasi dan aktivasi sudah selesai dan berhasil, maka mesin ATM BNI akan mengeluarkan struk aktivasi dan ponsel Anda menerima pesan berhasil aktivasi dari 3346.
  9. Layanan SMS Banking BNI siap untuk digunakan untuk transaksi finansial.

2. Cara Daftar SMS Banking BNI melalui Kantor Cabang Bank BNI

Selain menggunakan mesin ATM BNI, registrasi dan aktivasi SMS Banking BNI juga dapat dilakukan melalui kantor cabang Bank BNI. Berikut langkah-langkah registrasi dan aktivasi SMS Banking BNI melalui kantor unit kerja BNI.

  1. Datang ke kantor unit kerja BNI terdekat dengan membawa kartu identitas diri (KTP, SIM, Paspor) dan bukti kepemilikan rekening perorangan (Taplus dan derivatifnya dan Giro perorangan) dan/ atau BNI Card.
  2. Menemui costumer service dengan menyerahkan persyaratan yang telah Anda bawa sebelumnya. Kemudian costumer service akan segera membantu anda untuk melakukan registrasi dan aktivasi SMS Banking BNI.

Cara Menggunakan SMS Banking BNI Paling Mudah

Cara Daftar SMS Banking BNI
Sumber: uangindonesia.com

SMS Banking BNI berisi fitur-fitur layanan yang dapat memudahkan para nasabah Bank BNI untuk melakukan transaksi. Baik transaksi finansial atau non finansial tanpa menggunakan jaringan internet.

Cara SMS Banking BNI bisa dibilang cukup mudah, karena cukup dengan mengetikkan format transaksi yang sudah disediakan oleh pihak Bank BNI pada pesan dan mengirimkannya ke nomor 3346.

Berbagai format transaksi sudah tersedia di alamat web resmi Bank BNI: https://www.bni.co.id/en-us/ebanking/bnismsbanking. Setiap kali mengirim pesan, Anda akan dikenakan tarif menggunakan pulsa.

Keuntungan Menggunakan SMS Banking BNI

Jika dibandingkan dengan Internet Banking, SMS Banking memang lebih sederhana. Namun, terdapat kelebihan saat menggunakan SMS Banking. Berikut ini ulasan lengkapnya.

  • Dapat digunakan untuk transaksi finansial dan non finansial

SMS Banking memiliki fitur layanan untuk mempermudah Anda dalam melakukan transaksi. Baik finansial seperti transfer, pembayaran online, pembelian, dan e-commerce. Maupun non finansial seperti informasi saldo, mutasi transaksi, ganti PIN, ganti rekening, dan lain-lain.  

  • Menggantikan peran Internet Banking sementara waktu

Sebagian besar orang pasti akan lebih memilih menggunakan Internet Banking daripada SMS Banking. Namun, hal tersebut mungkin saja tidak terjadi jika tidak ada jaringan internet atau ponsel yang digunakan tidak memiliki paket data internet. Alternatifnya adalah dengan menggunakan SMS Banking.

Layanan SMS Banking bukan diakses menggunakan jaringan internet, melainkan menggunakan pulsa kartu prabayar. Nomor kartu yang digunakan haruslah sudah diregistrasi untuk menggunakan SMS Banking.

  • Jarang sekali mengalami gangguan

Apabila bertransaksi menggunakan SMS Banking, kemungkinan terjadinya gangguan sangat kecil. Berbeda dengan layanan yang menggunakan jaringan internet. Jaringan internet seringkali mengalami gangguan. Apabila sudah mengalami gangguan, tidak dapat melakukan transaksi

  • Sangat fleksibel

SMS Banking dilakuakn dengan menggunakan ponsel yang Anda miliki saat ini. Jadi, cara pakainya pun tidak terlalu rumit. Hanya memasukkan format kode transaksi yang digunakan, Anda sudah bisa melakukan transaksi. Dengan demikian, Anda bisa melakukan kegiatan transaksi di manapun dan kapanpun. SMS Banking akan lebih cocok Anda gunakan dalam keadaan jadwal padat, sehingga tidak ada waktu untuk pergi ke mesin ATM atau teller bank.

Sekilas Tentang SMS Banking BNI dan Perbedaannya dengan M-Banking

Perbedaan SMS Banking BNI dan mobile banking BNI

Kemudahan para nasabah dalam melakukan transaksi merupakan tujuan utama mengapa layanan SMS Banking ini diberikan kepada para nasabah. Kemudahan menggunakan SMS Banking sama seperti saat Anda menggunakan SMS untuk bertukar pesan. Hanya saja, ini kita gunakan untuk melakukan transaksi perbankan.

SMS Banking merupakan layanan perbankan untuk mempermudah dalam melakukan transaksi melalui ponsel dengan menggunakan format tertentu. Tentunya yang sesuai dengan bank penyedia SMS Banking. Untuk SMS Banking BNI menggunakan nomor 3346.

SMS Banking BNI merupakaan fasilitas layanan yang disediakan oleh Bank BNI untuk memudahkan isi ulang pulsa, transfer hingga membayar tagihan kartu kredit BNI. Aktivitas ini semudah ketika Anda mengirim SMS kepada sahabat, keluarga, ataupun teman terdekat Anda. SMS Banking BNI dapat diakses melalui 3 pilihan berikut ini.

1) aplikasi menu dapat didownload melalui App Store dan Google Play Store

2) Syntax

3) USSD *141#. Anda dapat memilih kemudahan akses yang disediakan tersebut untuk melakukan transaksi.

Apa perbedaannya dengan M-Banking? M-Banking juga salah satu layanan Bank BNI yang diberikan kepada para nasabahnya untuk bertransaksi. Sama seperti SMS Banking, M-Banking juga digunakan melalui ponsel. Perbedaannya adalah pada jenis jaringan yang digunakan. SMS Banking menggunakan jaringan komunikasi kartu prabayar (sim card), sedangkan M-Banking memerlukan jaringan internet untuk menggunakannya.

Untuk menggunakan SMS Banking BNI Anda perlu melakukan aktivasi terlebih dahulu. Caranya akan dibahas pada sub bahasan berikutnya. Bagaimana cara SMS Banking BNI digunakan juga akan dibahas secara lengkap.

Kelemahan Menggunakan SMS Banking BNI

SMS Banking BNI juga memiliki kekurangan. Sama halnya dengan jenis layanan SMS Banking milik perbankan lainnya. SMS Banking BNI juga menggunakan pulsa ponsel. Hal ini menjadi salah satu kekurangan menggunakan SMS Banking BNI.

Jadi, jika ingin menggunakannya ponsel Anda harus terisi pulsa. Biaya untuk satu kali mengirim pesan Rp 300 sampai Rp 400. Selain itu juga dikenakan biaya SMS terima, yakni Rp 600 – Rp 660 untuk transaksi non finansial dan Rp 1.200 – 1.320 untuk transaksi finansial. Biaya tersebut adalah biaya jika menggunakan provider Telkomsel.

Berbeda jika Anda menggunakan Mobile banking yang bebas biaya. Hanya saja membutuhkan koneksi internet yang bagus.

Cara Aman Bertransaksi Menggunakan SMS Banking BNI

Cara Bertransaksi Aman dengan SMS Banking BNI

Setelah memahami cara SMS Banking BNI, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika bertransaksi menggunakan SMS Banking BNI. Perhatikan hal-hal berikut ini.

  1. Memastikan nomor ponsel yang digunakan registrasi pada layanan SMS Banking BNI adalah nomor pribadi Anda yang masih aktif.
  2. Jika, nomor ponsel yang teregistrasi hilang segera menghubungi BNI Call 1500046 atau datang langsung ke kantor cabang BNI terdekat.
  3. Menghapus segera sent item setelah melakukan transaksi
  4. Menjaga kerahasiaan PIN BNI SMS Banking Anda
  5. Jangan mencatat PIN BNI SMS Banking di sembarang tempat
  6. Jika transaksi yang Anda lakukan tidak mendapatkan balasan dari 3346, silakan langsung menghubungi BNI Call 1500046 untuk menghindari transaksi ganda.

Demikianlah penjelasan tentang cara SMS Banking BNI. Cari informasi lainnya yang berkaitan di nmtchicago.org. Gunakan cara mendaftarkan SMS Banking BNI yang mudah. Lakukan transaksi menggunakan SMS Banking BNI dengan memperhatikan keamanan bertransaksi. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dan para pembaca lain untuk mempermudah menggunakan SMS Banking BNI.

Tinggalkan komentar