Cara Merebus Daun Pepaya agar Tidak Pahit

Cara Merebus Daun Pepaya agar Tidak Pahit – Mengkonsumsi daun pepaya sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia sejak dulu kala. Meskipun memiliki rasa pahit, bukan berarti daun ini jadi tidak disukai orang-orang.

Ya lidah memang tidak bisa berbohong kalau ia tidak bersahabat dengan rasa pahit. Namun, sebenarnya rasa pahit dari daun pepaya memiliki manfaat bagi kesehatan. Seperti baik untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, menghambat pertumbuhan bakteri, dan masih banyak lagi.

Meskipun begitu, tetap saja, jika ingin mengkonsumsinya, masyarakat akan berusaha untuk mengurangi rasa pahit pada daun pepaya.

Nah berikut ini ada beberapa tips merebus daun pepeaya supaya supaya pahit. Bagaimana tipsnya? Silahkan baca dirangkuman berikut ini.

Baca juga: Macam macam sayuran

Cara Merebus Daun Pepaya agar Tidak Pahit

Cara Merebus daun pepaya agar tidak pahit
Pixabay.com

Bagi anda yang penasaran dengan cara ini, di sinilah tempatnya.

Dilansir dari haibunda.com, ada 4 cara atau tips merebus daun pepaya agar tidak memiliki rasa pahit lagi.

Seperti apa ke-4 cara berikut ini. Yuk kita baca terus ulasannya.

1. Direbus Bersama Garam Kasar

Nah, tips pertama adalah merebus daun pepaya dengan dibarengi garam kasar. Cara ini dipercaya bisa mengatasi rasa pahit pada daun pepaya.

Apakah ini akan membuat daun pepaya menjadi memiliki rasa asin? Tidak. Untuk lebih jelasnya, anda bisa praktekan sendiri cara berikut ini.

Pertama dan paling utama adalah menyiapkan daun pepaya daun air untuk direbus. Kemudian rebus air bersamaan dengan daun pepaya.

Sebelum mendidih, campurkan garam kasar secukupnya saja. Nah, tunggu sampai benar-benar mendidih dan daun pepaya bertekstur empuk. Setelah itu tiriskan daun pepaya.

Jika sudah, daun pepaya bisa dicoba tingkat kepahitannya. Dan tentunya sudah siap untuk diproses selanjutnya.

2. Direbus Bersama Asam Jawa

Tips kedua adalah menggunakan asam Jawa. Cara ini juga dipercaya bisa untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya.

Jadi, asam Jawa bisa dijadikan bahan yang membantu menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya.

Bagaimana tips dan triknya? Caranya tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, rebus daun pepaya di dalam air. Sebelum mendidih masukan asam Jawa yang sudah dikupas dan dipisahkan dari kulitnya.

Triknya, rebus sekitar selama 5 menit dengan api tidak terlalu besar. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 15 menit dengan keadaan api sudah dimatikan.

Jika sudah melewati itu, angkat daun pepaya dan tiriskan. Seperti yang kita ketahui, asam Jawa memiliki rasa yang asam, namun tenang saja, daun pepaya yang direbus dengan asam tidak akan memiliki rasa asam.

3. Rebus Daun Pepaya dengan Daun Jambu Biji

Selain kedua bahan campuran di atas, masih ada bahan lain yang bisa dijadikan bahan campuran saat merebus daun pepaya. Yang mana fungsinya untuk menghilangkan rasa pahit dari daun pepaya.

Bagaimana menggunakan daun jambu biji untuk menghilangkan rasa pahit daun pepaya? Jawabannya mudah, cukup rebus daun jambu biji dengan daun pepaya secara bersamaan.

Caranya cuci bersih daun jambu biji, cuci bersih juga daun pepaya. Siapkan air untuk merebusnya. Rebus selama kurang lebih 3 menit sampai benar-benar air sudah mendidih.

Setelah itu angkat dan tiriskan. Jangan lupa untuk memisahkan daun pepaya dengan daun sambu biji.

4. Rebus Daun Pepaya dengan Daun Singkong

Untuk mendapatkan daun pepaya yang tidak memiliki rasa pahit, anda bisa merebusnya terlebih dahulu dengan daun singkong.

Caranya rebus dahulu air dengan daun singkong. Kemudian biarkan selama kurang lebih 2 menit. Lalu masukan daun pepaya ke dalam rebusan daun singkong tersebut.

Lanjutkan proses merebus selama 3-5 menit. Jika sudah, lalu angkat dan tiriskan. Nah untuk kedua jenis daun ini, dua-duanya bisa dikonsumsi, jadi jangan dibuang daun singkongnya.

Nah, jadi itu tips cara merebus daun pepaya agar tidak pahit. Mudah-mudahan kita bisa dipahami ya? Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar