Cara Menyetek Bunga Mawar

Cara Menyetek Bunga Mawar – Hay sahabat @PakTani11, sejatinya menanam bunga mawar ada dua cara. Yakni menanam dari biji dan menanam dengan cara stek.

Namun karena cara stek cenderung lebih cepat dan praktis, orang-orang lebih memilih menanam dengan cara menyetek.

Sebenarnya menyetek tanaman sendiri tidak bisa dilakukan asal-asalan. Karena meskipun terbilang mudah dan praktis, kegagalan menyetek bisa saja terjadi.

Ada cara atau teknik supaya menyetek bunga mawar berhasil. Bagaimana caranya? Berikut adalah tutorial langkah-langkahnya.

Baca juga artikel tentang jenis-jenis tanaman hias.

Cara Menyetek Bunga Mawar

Cara Menyetek Bunga Mawar yang Baik dan Benar
Sumber Gambar: i.ytimg.com

Menyetek batang dari tanaman bunga mawar boleh dikatakan lebih praktis dari pada mencangkok pohon mangga.

Tapi ada beberapa langkah-langkah yang harus dilalui untuk memperoleh keberhasilan dalam menyetek bunga mawar. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

1. Memilih Batang Terbaik pada Tanaman Bunga Mawar

Langkah pertama untuk hasil yang bagus adalah memilih batang tanaman bunga mawar yang sudah tua.

Pilihlah batang tanaman bungan mawar yang dekat dengan akar, karena otomatis batang tersebut sudah tua.

Atau bisa juga memilih dengan melihat batang dengan duri-duri yang paling besar dari duri yang ada pada batang lainnya.

Potong sepanjang 5-10 cm pada bagian batang yang bagus tidak terlihat adanya lecet atau luka-luka.

2. Menyiapkan Media Tanam yang Cocok untuk Tanaman Bunga Mawar

Media tanam untuk menanam stekan bunga mawar adalah tanah murni yang gembur. Boleh ditambahkan sekam atau kulit padi untuk membantu proses penyetekan tanaman bunga mawar.

Untuk masa pembibitan letakan saja stekan pada polybag atau pot. Supaya mempermudah saat pemindahan ke media tanam.

Hal yang perlu diperhatikan adalah hindari pemberian jenis pupuk apapun selama masih proses pembibitan.

Karena pemberian pupuk bisa menghambat proses tumbuhnya akar. Pemupukan bisa dilakukan setelah akar tumbuh dan tanaman bunga mawar sudah tumbuh dengan baik.

3. Cara Menanam Batang Stekan Bunga Mawar

Cara menanam stekan bunga mawar sangat mudah. Cukup dengan menancapkan batang stekan ke media tanam yang berada di polybag atau pot sedalam setengah tinggi media tanam polybag atau pot yang digunakan.

Gunakan polybag atau pot yang pas. Jangan terlalu besar dan jangan pula terlalu kecil. Agar tidak bingung karena takut menancapkannya terlalu dalam.

4. Perawatan

Perawatan adalah bagian penting dari keberhasilan menyetek bunga mawar. Sirami dengan air secara rutin setiap pagi dan sore untuk hasil yang maksimal.

Butuh ketekunan dan konsisten dalam merawat stekan bunga mawar selama masih proses pembibitan atau pertumbuhan akar.

5. Tempat yang Baik

Penempatan stekan bunga mawar yang baik juga merupakan salah satu bagian penting untuk mendapatkan hasil stekan yang sempurna.

Tempat yang baik untuk mendukung proses pertumbuhan akar adalah tempat yang teduh dan sejuk tidak terkena pancaran sinar matahari secara langsung.

Tempat yang gelap lebih cocok dan mendukung selama proses pembibitan atau pertumbuhan akar.

Jika cara menyetek bunga mawar di atas sudah dilalui semua, maka tinggal menunggu sambil melakukan perawatan sampai tumbuh daun.

Jika sudah tumbuh daun minimal 3 lembar, stekan sudah siap untuk dipindah ke media tanam dengan lokasi lebih terang dan terkena sinar matahari.

Boleh dipindahkan ke pot atau polybag yang lebih besar, atau boleh juga langsung ditanam di tanah. Lakukan pemupukan untuk mendukung proses pertumbuhan tanaman bunga mawar tersebut.

Video Cara Menyetek Bunga Mawar agar Cepat Berbunga

Jika masih belum jelas, anda bisa melihat proses awal sampai akhir penyetekan bunga mawar dalam video yang kami ambil dari sumber chanel youtube fahrul fahrul.

Semoga artikel tentang cara menyetek bunga mawar ini menjawab rasa pensaran dan menjadi media untuk menambah pengetahuan anda tentang stek bunga mawar.

Tinggalkan komentar