Cara Mengolah Daun Karet Kebo untuk Kesehatan

Cara Mengolah Daun Karet Kebo untuk Kesehatan – Untuk mendapatkan manfaat daun karet kebo, kita harus tahu cara bagaimana mengolahnya terlebih dahulu.

Ada beberapa cara untuk mengolah daun karet kebo. Yang mana masing-masing olahan daun karet kebo ada cara penggunaannya sendiri.

Maka dari itu, penting untuk kita mengetahui bagaimana saja cara mengolah daun karet kebo untuk kesehatan ini. Buat anda yang ingin tahu lebih jauh, silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Baca juga efek samping daun karet kebo.

Cara Mengolah Daun Karet Kebo untuk Kesehatan

Cara Mengolah Daun Karet Kebo untuk Kesehatan
Sumber Gambar: s4.bukalapak.com

Seperti yang sudah dipercaya oleh banyak orang, daun karet kebo yang diolah secara benar dapat membantu proses penyembuhan suatu penyakit.

Salah satu contoh penyakitnya adalah stroke. Apa itu stroke? Adalah suatu penyakit yang penyebabnya adalah pecahnya pembuluh darah yang berkaitan dengan otak.

Kondisi ini membuat aliran darah yang menuju ke otak terganggu. Sel-sel pada otak yang seharusnya mendapat asupan nutrisi dan oksigen melalui darah, tidak tersuplay, akhirnya jika dibiarkan sel-sel otak akan mati dan tidak berfungsi.

Salah satu manfaat daun karet kebo yaitu bisa membantu mengobati penyakit stroke. Bagaimana cara mengolah daun karet kebo untuk mengobati stroke?

Seperti yang sudah kami singgung, bahwa penting untuk mengetahui cara pengolahan daun herbal ini. Karena antara olahan daun karet kebo untuk penyakit stroke dan penyakit lainnya bisa saja berbeda.

Nah, berikut ini adalah cara pengolahan daun karet kebo untuk kesehatan.

1. Mengolah Daun Karet Kebo dengan Direbus

Cara pertama adalah cara yang tergolong sangat mudah. Cukup dengan merebus daun karet kebo, kita bisa sudah bisa mengkonsumsinya.

Bagaimana cara merebusnya? Berikut adalah penjelasan detailnya.

  • Siapkan daun karet kebo 7-10 lembar.
  • Siapkan juga air bersih kurang lebih 1 liter.
  • Selanjutnya siapkan alat untuk merebus.
  • Dan terakhir siapkan alat untuk mengkonsumsinya.

Caranya yaitu dengan mencampurkan langsung daun karet kebo dengan air sebelum direbus. Pastikan daun karet kebo sudah dibersihkan.

Rebus daun karet kebo di dalam air bervolume 1 liter. Kemudian angkat setelah air rebusan menyurut hingga kira-kira 600 ml. Pisahkan antara air dan ampas daun karet kebo.

Diamkan sampai tidak terlalu panas atau sampai hangat. Jika sudah, rebusan daun karet kebo sudah siap dikonsumsi.

2. Mengolah Daun Karet Kebo dengan Dijadikan Teh

Hampir sama dengan cara pertama. Bedanya ini menggunakan daun karet kebo yang sudah dikeringkan. Persiapannya yaitu sebagai berikut.

  • Siapkan daun karet kebo yang sudah dijemur sampai kering seperti layaknya teh.
  • Siapkan air 1 liter.
  • Siapkan alat untuk merebus.
  • Siapkan alat untuk mengkonsumsi.

Cara pengolahannya adalah cincang daun karet kebo hingga kecil-kecil. Selanjutnya masukan ke dalam 1 liter air. Kemudian rebus.

Tunggu sampai benar-benar mendidih. Angkat dan diamkan sejenak. Lalu tuangkan ke dalam gelas. Teh daun karet kebo sudah siap untuk dikonsumsi.

3. Mengolah Daun Karet Kebo dengan Ditumbuk atau Dihaluskan

Cara ini berbeda dengan cara-cara sebelumnya. Ramuan daun karet kebo yang ke-3 ini dikhususkan untuk penyembuhan penyakit luar.

Bagaimana cara mengolahnya?

  • Pertama siapkan daun karet kebo secukupnya (5-10) atau boleh kurang dan boleh lebih.
  • Kedua siapkan alat untuk menumbuk.
  • Tumbuk sampai halus, lalu bisa digunakan untuk menutup luka.

Nah ketiga cara tersebut sudah ada sejak dulu. Kita tinggal memilih cara mana yang cocok untuk membantu proses penyembuhan luka.

Simpelnya, jika untuk penyakit dalam, maka gunakan cara pertama atau kedua. Jika penyakit luar kulit, maka bisa dicoba menggunakan cara ketiga.

Tinggalkan komentar