Cara Mengeluarkan Ulat Gigi dengan Bawang Merah

Halo sahabat @PakTani11, Tahukan anda bahwa ada banyak manfaat bawang merah yang belum banyak orang ketahui. Salah satunya adalah untuk membantu mengeluarkan ulat gigi. Pertanyaannya, bagaimana cara mengeluarkan ulat gigi dengan bawang merah?

Sahabat, perlu kita ketahui bahwa ulat gigi adalah salah satu penyebab terjadinya sakit gigi dan kerusakan gigi. Rajin-rajinlah membersihkan gigi dan menjaga kebersihan gigi.

Terlebih jika gigi sudah ada yang berlubang. Itu akan menjadi tempat favorit ulat gigi bersarang. Akibatnya, bisa sakit gigi dan yang paling parah gigi akan rusak menghitam dan membusuk.

Apakah setiap gigi yang berlubang terdapat ulat gigi? Kemungkinan besar iya. Lalu bagaimana jika begitu? Tenang, ada banyak cara sederhana untuk mengeluarkan ulat gigi.

Salah satunya yaitu dengan menggunakan bawang merah. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan kami jelaskan teknisnya.

Cara Mengeluarkan Ulat Gigi dengan Bawang Merah

Cara Mengeluarkan Ulat Gigi dengan Bawang Merah
Sumber: aksara.co

Sahabat, anda tentu sudah tahukan apa itu bawang merah? Sahabat bisa cari tahu lebih jauh bawang merah dengan membaca klasifikasi bawang merah. Ini adalah salah satu jenis rempah-rempah yang sangat mudah dijumpai dan ditemukan.

Bawang merah memiliki kandungan yang bisa bereaksi untuk membasmi ulat gigi. Hewan-hewan parasit seperti ulat gigi tidak boleh dibiarkan. Karena ia akan memberi kerugian.

Nah, bagaimana cara memgeluarkan ulat bulu dengan bawang merah ini? Berikut ini adalah caranya.

Cara Termudah Mengeluarkan Ulat Gigi dengan Bawang Merah

Cara ini sangat mudah dan sangat sederhana. Cukup dengan mengupas bawang merah, lalu diiris, atau boleh juga disiung.

Setelah itu, gigitkan menggunakan gigi yang berlubang atau yang kira-kira menjadi sarang ulat gigi. Gigit dan tahan beberapa detik.

Jika tidak tahu gigi mana yang menjadi sarang ulat gigi, maka lakukan dengan cara kunyah bawang merah lalu diamkan di dalam mulut selama beberapa detik, atau sekuatnya.

Dengan cara itu, kemungkinan besar ulat-ulat gigi akan berontak dan mengeluarkan diri dari sarangnya. Untuk membuangnya, silahkan berkumur dan buang.

Selain cara itu, ada cara lain yang bisa dilakukan. Namun ada beberapa tahapan yang harus dilakukan terlebih dahulu. Apa saja tahapannya? Yaitu sebagai berikut.

1. Bersihkan Lalu Rebus Bawang Merah

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah merebus bawang merah. Namun sebelum direbus, bawang merah dikuliti terlebih dahulu. Setelah itu dicuci sampai bersih.

Jika sudah dicuci, maka saatnya untuk menyiapkan air rebusan. Tidak perlu banyak-banyak, cukup menggunakan air sebanyak 1-3 gelas.

Jika air sudah mulai terlihat mendidih, masukan bawang merah dan tunggu sejenak. Lalu ke tahap berikutnya.

2. Campurkan dengan Madu, Jahe, dan Daun Pandan

Tahap berikutnya yaitu mencampurkan madu, jahe, dan daun pandan ke dalam rebusan bawang merah. Secukupnya saja, kira-kira nantinya tidak terlalu manis karena kebanyakan madu, dan tidak terlalu pedas karena kebanyakan jahe.

Kenapa harus dicampurkan dengan madu, jahe, dan daun pandan? Sebenarnya tidak harus. Karena tujuan utama dicampurkan madu, jahe, dan daun pandan adalah untuk membantu bawang merah mudah dikonsumsi untuk mengeluarkan ulat gigi.

3. Rebus secara Bersamaan Sampai Medidih

Nah, jika sudah tercampur menjadi satu dalam satu wadah rebusan, maka tahapan selanjutnya menunggu sampai semuanya terlihat matang.

Hal ini bertujuan supaya kandungan-kandungan bahan tercampur rata. Sehingga akan berpengaruh pada perubahan rasa dan khasiat.

Sambil menunggu matang, sebaiknya sambil diaduk-aduk. Namun jangan terlalu sering diaduk.

4. Angkat Rebusan Air lalu Diamkan Sampai Hangat atau Dingin

Nah, jika sudah terlihat matang, tahap selanjutnya adalah persiapan untuk proses pengeluaran ulat gigi.

Angkat rebusan tersebut lalu diamkan sejenak sampai kondisi hangat atau dingin. Setelah itu gunakan rebusan tadi untuk berkumur dan boleh juga diminum.

Ini adalah cara cukup ampuh namun bisa dikatakan cukup ribet. Tapi barangkali penasaran, maka tidak ada salahnya untuk mencoba.

Nah, itu adalah salah satu dari beberapa manfaat bawang merah. Selain untuk membantu mengeluarkan ulat gigi, bawang merah masih banyak memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Oleh karena bawang merah bermanfaat, wajar saja jika banyak petani yang melakukan budidaya bawang merah. Barang kali sahabat berminat ingin budidaya atau setidaknya ingin menanam bawang merah, jangan bingung dan jangan ragu.

Sahabat bisa cari tahu informasi cara menanam bawang merah atau budidaya bawnag merah di situs kami tanaman.web.id.

Itu saja informasi dari kami tentang cara mengeluarkan ulat gigi dengan bawang merah yang mudah dan simpel sekali. Semoga artikel ini memberikan informasi yang mudah diterima.

Tinggalkan komentar