Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi dengan Bawang Putih

Bagaimana cara mengeluarkan dahak pada bayi dengan bawang putih ? Ada banyak manfaat bawang putih. Salah satunya untuk mengeluarkan dahak pada si bayi yang sedang terkena batuk disertai pilek.

Orang tua mana yang ngga sedih ketika melihat anaknya sakit. Apalagi anak bayi yang belum bisa berkomunikasi dengan sempurna. Sebagai orang tua pasti akan berusaha sebisa mungkin mencari obat untuk menyembuhkan buah hatinya.

Sebelum mencari obat-obatan kimia, untuk anak bayi sebaiknya coba gunakan bahan yang alami dulu. Ada banyak jenis ramuan herbal alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan si dede bayi.

Salah satunya dengan bawah putih. Biasanya, hal yang paling orang tua tidak tega ketika melihat anak bayinya sakit batuk disertai pilek. Si bayi akan terasa tersiksa karena dahak yang susah keluar.

Nah, masalah ini bisa di atasi dengan bawang putih. Berikut adalah cara mengeluarkan dahak pada bayi dengan bawang putih.

Baca juga artikel jenis tanaman herbal.

Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi dengan Bawang Putih

Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi dengan Bawang Putih
Sumber Gambar: asianparent-assets-id.dexecure.net

Menurut sumber medicalnewstoday.com, bawang putih mengandung sulfur yang memiliki bau dan rasa khas yang bagus untuk mempercepat aktifitas membran mucous pada saluran pernafasan.

Aktifitas tersebut jika tidak dipercepat akan mengganggu pernafasan si bayi. Dengan menggunakan bawang putih, aktifitas tersebut bisa dipercepat dan dikeluarkan. Hal ini akan berdampak pada lancarnya pernafasan karena lendir yang membuat saluran pernafasan mampat sudah dikeluarkan.

Selain itu, bawang putih juga mengandung phytochemical. Yang mana, kandungan tersebut bagus untuk membantu membunuh virus dan bakteri-bakteri penyebab penyakit.

Berikut langkah-langkah cara mengeluarkan dahak pada bayi dengan bawang merah.

1. Ambil 1 Siung Bawang Putih

Langkah pertama adalah menyiapkan bawang putih. Cukup menggunakan 1 siung bawah putih. Kupas dan bersihkan dengan air.

2. Haluskan Sampai Benar benar Halus

Setelah di kupas dan dicuci bersih, langkah selanjutnya adalah menghaluskan bawang putih dengan cara di tumbuk atau diulek sampai benar-benar halus.

3. Campurkan dengan Minyak Zaitun atau Minyak Biasa

Jika sudah benar-benar halus, silahkan campurkan bawang putih yang sudah halus tersebut dengan minyak zaitun.

Jika tidak ada minyak zaitun, bisa dengan minyak biasa. Takaran minyak untuk 1 siung bawang putih adalah setengah sendok teh.

Aduk sampai minyak dan bawang putih bercampur secara merata.

4. Oleskan pada si Bayi

Langkah terakhir adalah penggunaan ramuan herbal tersebut pada si bayi. Caranya cukup mudah. Oleskan atau usapkan pada bagian punggung, dada, perut, dan leher.

Usapkan secara merata. Ingat! Penggunaannya dengan cara di oleskan atau diusapkan. Bukan untuk dikonsumsi.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi dengan Bawah Putih

Cara Mengobati Hidung Mampet Pada Bayi dengan Bawang Putih
Sumber Gambar: moslemlifestyle.com

Jika buah hati anda mengalami susah bernafas karena hidung tersumbat, bisa gunakan cara ini.

1. Siapkan Bawang Putih 1/2 Siung

Pertama siapkan bawang putih 1 atau 2 siung. Kupas dan cuci sampai bersih. Jika sudah dicuci, selanjutnya iris-iris menjadi 2/3 irisan.

2. Siapkan Air Hangat

Selanjutnya siapkan air hangat dengan ember kecil atau baskom atau wadah sejenisnya. Lalu campurkan bawang putih dengan air hangat tersebut.

3. Tengkurapkan Bayi di Atas Pangkuan

Setelah rebusan bawang putih sudah siap, tengkurapkan posisi bayi di atas pangkuan. Letakan air hangat yang dicampur irisan bawang putih di bawah muka si bayi.

Biarkan si bayi menghirup uap dari rebusan irisan bawang putih tersebut. Dan boleh sambil ditepuk-tepuk secara perlahan bagian punggung si bayi.

Jika bekerja dengan baik, biasanya ingus akan keluar dengan sendirinya. Setelah itu boleh oleskan minyak telon bayi pada bagian dada, pundak, dan kening.

Jangan lupa beri minum si bayi dengan air putih atau ASI supaya bayi lebih tenang dan tidak rewel.

Semoga cara mengeluarkan dahak pada bayi dengan bawang putih ini ampuh dan bisa dirasakan manfaatnya. Selamat mencoba. Semoga buah hatinya cepat diberi kesembuhan.

Tinggalkan komentar