Cara Mengambil Uang di ATM BRI Terbaru 2019 [Up Date]

Cara Mengambil Uang di ATM BRI versi nmtchicago.org– Teknologi telah memberikan banyak kemudahan pelayanan kepada para nasabah Bank BRI. Dengan metode transaksi yang demikian, para nasabah Bank BRI tidak perlu lagi menunggu nomor antrian di bank dan bertemu teller, meskipun masih bisa dilakukan.

Namun, dengan menggunakan mesin ATM BRI, para nasabah juga bisa melakukan transaksi secara mandiri. Supaya Anda bisa menikmati kemudahan ini, tentunya Anda perlu mengetahui cara mengambil uang di ATM BRI  bukan? Kali ini, kami akan mengulas lengkap hingga apa yang perlu anda perhatikan ketika mengambil uang di ATM.

Anda juga bisa membaca artikel yang sejenis yaitu cara transfer uang lewat ATM.

Cara Mengambil Uang di ATM BRI

Cara Mengambil Uang di ATM BRI
Sumber: google

Cara mengambil uang menggunakan mesin ATM BRI sebetulnya begitu mudah. Namun, jika Anda baru saja menjadi nasabah Bank BRI dan belum pernah mengambil uang lewat mesin ATM tentu akan sedikit membingungkan. Oleh karena itu, berikut akan dijelaskan tentang cara mengambil uang di ATM BRI.

1. Mencari mesin ATM BRI terdekat

Mesin ATM BRI dapat anda temukan diberbagai tempat seperti kantor Bank BRI, pertokoan, pinggir jalan, dan lain-lain. Bank BRI juga memberikan kemudahan mengambil bagi para pengendara kendaraan bermotor roda dua dengan layanan ATM Drive Thru. Dengan ATM Drive Thru, pengendara kendaraan bermotor roda dua tidak perlu turun dari sepeda untuk mengambil uang.

2. Memasukkan kartu ATM BRI

Masukkan kartu ATM BRI ke slot mesin ATM dengan posisi yang sesuai. Mesin ATM akan menolak kartu saat dimasukkan apabila posisi kartu terbalik. Selain itu, Anda juga harus memastikan jika kartu ATM BRI yang Anda gunakan masih aktif dan memiliki saldo yang cukup. Jika kartu sudah tidak aktif dan saldo tidak cukup, Anda tidak dapat mengambil uang dari mesin ATM.

3. Memilih bahasa pengantar

Setelah memasukkan kartu ATM, mesin akan meminta Anda untuk memilih bahasa pengantar yang akan digunakan. Ada dua pilihan, yaitu “Bahasa Indonesia” dan “English”. Pilih jenis bahasa yang dapat Anda mengerti.

4. Kemudian akan muncul informasi tips bertransaksi aman

Ketika mesin ATM memunculkan informasi demikian, pilih saja “Lanjutkan”. Jika anda tidak terburu – buru, bisa juga menyempatkan diri untuk membacanya.

5. Memasukkan PIN ATM

Selanjutnya, mesin ATM akan meminta Anda untuk memasukkan PIN ATM BRI Anda. PIN ATM ini biasanya terdiri atas 6 digit angka yang Anda tentukan ketika pertama kali membuka rekening tabungan. Masukkan PIN ATM dengan betul.

6. Mengambil  sejumlah uang yang Anda inginkan

Setelah memasukkan PIN ATM dengan benar, layar monitor mesin ATM akan memunculkan menu pengambilan uang cepat, dan menu-menu lain.

Pada menu pengambilan uang cepat biasanya terdiri atas beberapa nominal rupiah antara lain Rp 50.000, Rp 100.000, Rp 200.000, dan sebagainya. Nominal ini bergantung jenis pecahan uang yang dimasukkan ke dalam mesin ATM.

Anda dapat menekan tombol angka-angka tersebut atau jika ingin mengambil dengan jumlah lain, Anda dapat memilih menu “Transaksi Lain”, kemudian pilih “Penarikan Tunai”. Selanjutnya, masukkan jumlah nominal yang Anda kehendaki. Pilih “Lanjutkan”.

  1. Mesin ATM akan melakukan proses transaksi. Jangan meninggalkan mesin ATM sebelum sejumlah uang keluar dari mesin. Setelah selesai, biasanya akan diikuti dengan struk bukti transaksi. Biasanya mesin ATM tidak mengeluarkan struk bukti transaksi, namun menampilkan jumlah saldo terakhir rekening Anda.
  2. Terakhir, akan muncul notifikasi apakah Anda ingin melanjutkan transaksi lain? Pilih “Ya” jika akan melakukan transaksi lagi, atau “Tidak” jika transaksi sudah selesai.
  3. Selesai, uang tunai dapat Anda gunakan.

Nah, begitulah langkah-langkah untuk mengambil uang melalui mesin ATM BRI. Cara mengambil uang di ATM BRI dapat Anda lakukan dengan mudah jika sudah biasa melakukannya.

Mudahnya Mengambil Uang di ATM BRI

Cara Mengambil Uang di ATM BRI
Sumber: infopublik.id

Bank BRI adalah salah satu lembaga perbankan terbesar di Indonesia dan sudah mendirikan banyak cabang di berbagai wilayah di Indonesia. Sehingga bukan tidak mungkin jika nasabah Bank BRI semakin lama semakin bertambah.

Semakin bertambahnya jumlah nasabah, semakin panjang antrian ketika mengambil uang di Bank BRI. Sedangkan jumlah teller bank tidak sebanding dengan jumlah antrian. Menunggu bukanlah hal yang menyenangkan. Jika terburu-buru, mengambil uang melalui teller bank dirasa sangat membuang-buang waktu.

Oleh karena itu, Bank BRI menyediakan layanan mesin ATM untuk memudahkan para nasabahnya dalam melakukan transaksi, terutama mengambil uang. Cara mengambil uang di ATM BRI cukup mudah dan cepat. Anda mungkin dapat melakukannya kurang dari 5 menit saja.

Kelebihan Mengambil Uang di ATM BRI

Cara Mengambil Uang di ATM BRI
Sumber: google

Jika Anda adalah nasabah Bank BRI, mengambil uang dari rekening tabungan dapat Anda lakukan dalam keadaan terburu. Artinya pengambilan uang yang cepat dan mudah. Hal ini dapat Anda rasakan dengan menjadi nasabah Bank BRI. Kenapa demikian?

Bank BRI adalah lembaga perbankan dengan jumlah mesin ATM mencapai 15.000 unit dan tersebar ke seluruh wilayah di Indonesia. Bahkan, di desa-desa kecil pun Anda dapat menemukannya. Menemukan mesin ATM BRI sangat mudah, sehingga jika ingin mengambil uang tidak perlu berlama-lama menunggu antrian di bank.

Bank BRI memiliki jumlah nasabah yang sangat banyak. Artinya, Bank BRI telah menjadi kepercayaan bagi sebagian besar orang, sehingga mereka berkenan untuk menitip uang mereka ke Bank BRI.

Banyak pula nasabah-nasabah baru Bank BRI, dan mereka pasti memerlukan pedoman cara mengambil uang di ATM BRI ketika hendak mengambil uang melalui mesin ATM.

Tips Mengambil Uang di ATM yang Aman

Cara mengambil uang di ATM BRI telah Anda pelajari pada sub bahasan sebelumnya. Setelah mempelajarinya, beberapa hal penting juga perlu Anda ketahui pada saat mengambil uang di ATM BRI agar proses pengambilan dapat berjalan secara aman. Berikut ini adalah tips mengambil uang di ATM yang aman.

1. Mengganti PIN ATM secara berkala

Mengganti PIN ATM BRI secara berkala dapat meningkatkan kerahasiaan PIN ATM Anda. PIN ATM adalah 6 digit angka yang sangat penting kerahasiaannya. Jika PIN ATM Anda sudah diketahui oleh orang lain, bisa jadi akan berpotensi terjadi pembobolan rekening tabungan.

2. Memasukkan PIN ATM secara benar

Ketika awal memasukkan kartu ATM, pasti mesin akan meminta Anda untuk memasukkan PIN ATM. Nah, Anda wajib memasukkan PIN ATM dengan benar. Mengapa demikian? Jika Anda memasukkan PIN ATM yang salah, mesin ATM akan menolak untuk digunakan. Apabila Anda memaksa memasukkan PIN ATM yang salah berkali-kali, sistem akan memblokir kartu ATM Anda atau kartu ATM akan tertelan di dalam mesin.

3. Tidak meninggalkan mesin ATM secara terburu-buru

Jika Anda dalam keadaan yang terburu-buru, upayakan untuk dapat mengontrol emosi. Biasanya, mereka yang terburu-buru  tidak segan menunggu keluarnya uang dari mesin ATM, kemudian meninggalkan mesin begitu saja. Dan, saat uang sudah keluar, bisa jadi akan diambil oleh orang lain.

4. Memastikan uang dan kartu ATM BRI sudah tersimpan dengan baik

Setelah mengambil uang dengan mesin ATM, pastikan uang sudah berada di tangan Anda dan tersimpan dengan baik. Kartu ATM akan keluar dari mesin ATM setelah digunakan. Setelah mengambilnya, anda bisa segera menyimpan ke dompet supaya tidak lupa.

5. Memanggil nomer call center jika terjadi kendala atau error

Tidak semua mesin ATM BRI dalam keadaan baik-baik saja. Bisa jadi dalam keadaan tertentu mesin ATM yang Anda gunakan mengalami kendala, sehingga kegiatan transaksi tidak dapat dilakukan. Nah, jika Anda dalam kondisi demikian lebih baik untuk memanggil nomer call center Bank BRI.

Jangan mudah percaya dengan tawaran bantuan dari orang yang tidak dikenal. Bisa jadi situasi demikian dimanfaatkan oleh orang-orang tertentu untuk melakukan pembobolan rekening. Jika terdapat satpan, Anda dapat meminta bantuan kepadanya.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika mengambil uang menggunakan mesin ATM BRI. Setelah mempelajari keempat hal tersebut Anda harus dapat meningkatkan kewaspadaan dan keamanan diri Anda sendiri.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengambil uang di ATM BRI dan beberapa hal yang perlu diperhatikan agar proses pengambilan uang dapat berjalan aman. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda dan para pembaca lainnya.

Tinggalkan komentar