Cara Mengambil Uang di ATM BCA Terbaru [Langkah Termudah]

Cara Mengambil Uang di ATM BCA – Kemajuan teknologi semakin mendekatkan kita pada berbagai kemudahan dalam berbagai hal, termasuk cara menyimpan uang yang aman.

Dengan menggunakan jasa perbankan uang kita bisa tersimpan dengan baik dan tentunya aman. Kita pun bisa mengambil kapan uang kita kapan saja melalui teller bank atau mesin ATM.

Penggunaan mesin ATM untuk proses transaksi lebih sering terjadi dibandingkan dengan menggunakan teller bank. Ini menunjukkan bahwa kemajuan teknologi sudah semakin bisa dirasakan, bahkan sampai ke lembaga keuangan perbankan.

Dalam hal ini Bank BCA pun bergegas menyediakan mesin ATM bagi nasabahnya selayaknya lembaga perbankan lainnya.

Tujuannya, tidak lain adalah untuk memberikan kemudahan bertransaksi kepada nasabah, temasuk untuk mengambil uang.

Cara mengambil uang di ATM BCA akan memberikan kemudahan bagi para nasabah Bank BCA dalam mengambil uang. Dengan demikian, mereka tidak perlu datang ke teller kantor cabang Bank BCA terdekat.

Selain itu, Bank BCA juga sudah menyediakan fasilitas internet banking BCA. Jika anda tertarik dengan internet banking BCA, anda bisa baca artikel tentang cara daftar internet banking BCA.

Langkah-langkah Cara Mengambil Uang di ATM BCA

Cara Mengambil Uang di ATM BCA
Sumber: ekonomi.kompas.com

Cara mengambil uang menggunakan mesin ATM BCA sangat mudah. Tidak hanya itu, kita juga bisa menghemat waktu karena mengambil uang melalui mesin ATM BCA dapat dilakukan dengan cepat. Namun, jika Anda belum mengerti bagaimana cara mengambil uang di ATM BCA, ikutilah langkah-langkah berikut.

1. Datang ke mesin ATM BCA terdekat

Langkah pertama, Anda harus mencari mesin ATM BCA terdekat dari posisi Anda. Jangan khawatir tidak menemukan mesin ATM BCA, karena lokasinya biasanya ada di tempat-tempat yang strategis. Ini bertujuan supaya ATM mudah ditemukan.

Biasanya, mesin ATM BCA bisa anda temukan di depan kantor Bank BCA, pertokoan, lembaga pendidikan, dan berbagai tempat lain.

Pastikan Anda sudah membawa kartu ATM BCA atau Anda harus mengambil secara tarik tunai melalui mobile banking BCA.

2. Memasukkan kartu ATM BCA

Setelah menemukan mesin ATM BCA, masukkan kartu ATM BCA ke dalam slot mesin ATM. Masukkan secara betul, mesin akan menolak jika posisi pada saat memasukkan kartu tidak sesuai.

3. Memilih bahasa pengantar

Setelah memasukkan kartu ATM, mesin akan meminta Anda untuk memilih bahasa pengantar yang akan digunakan. Ada dua pilihan, yaitu “Bahasa Indonesia” dan “English”. Pilih jenis bahasa yang dapat Anda mengerti.

4. Memasukkan PIN ATM

Selanjutnya, mesin ATM akan meminta Anda untuk memasukkan PIN ATM BCA Anda. PIN ATM ini biasanya terdiri atas 6 digit angka yang Anda peroleh ketika pertama kali membuka rekening tabungan. Masukkan PIN ATM dengan betul.

5. Pilih nominal yang akan diambil

Setelah itu, di layar monitor akan muncul beberapa nominal untuk tarik tunai cepat, dan berbagai menu lainnya. Anda dapat melakukan tarik tunai dengan memilih nominal uang yang dimunculkan pada menu awal.

Misalnya, 100.000, 200.000, 500.000, 1.000.000, 1.500.000, 2.000.000, dan 2.500.000. Jika jumlah yang ditampilkan tidak sesuai, anda dapat memilih menu “Transaksi Lainnya”, kemudian pilih “Penarikan Tunai”. Pada menu tersebut, Anda dapat memasukkan jumlah nominal yang Anda inginkan. Jika sudah, pilih “Benar”.

6. Konfirmasi jumlah uang yang diambil

Selanjutnya, mesin ATM memproses transaksi yang Anda lakukan. Tunggulah hingga transaksi benar-benar selesai. Setelah selesai, mesin ATM akan mengeluarkan struk bukti pengambilan uang.

Namun, bisa jadi tidak mengeluarkan struk tersebut, saldo terakhir akan ditampilkan pada layar monitor mesin ATM.

7. Pilihan tawaran transaksi ulang

Setelah pengambilan uang berhasil, mesin akan menampilkan pilihan apakah Anda ingin melakukan transaksi lagi atau tidak. Pilih “Ya” jika akan melakukan transaksi lagi, atau “Tidak” jika tidak ingin melakukan transaksi lagi.

Selesai, uang tunai dapat Anda ambil. Jangan lupa juga untuk mengambil kartu ATM milik Anda. Cara mengambil uang di ATM BCA cukup mudah.

Namun, Anda tidak bisa mengambil sejumlah uang yang melebihi batas pengambilan uang maksimum. Masing-masing jenis rekening tabungan memiliki batas pengambilan uang maksimal setiap harinya.

Ada yang maksimal Rp 7.000.000 dan Rp 10.000.000. Jika dalam satu hari anda sudah mengambil uang sebanyak batas maksimal, maka Anda harus menunggu esok harinya untuk bisa mengambil uang kembali.

Bagaimana Cara Mengambil Uang di ATM yang Aman?

Cara Mengambil Uang di ATM BCA
Sumber: uangindonesia.com

Jangan lupakan kemanan dalam melakukan transaksi menggunakan mesin ATM. Setelah Anda mempelajari cara mengambil uang di ATM BCA Kali ini akan kami jelaskan bagaimana melakukan transaksi dengan aman menggunakan mesin ATM, termasuk saat mengambil uang. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda fahami.

1. Mencari mesin ATM di tempat yang aman

Penempatan mesin ATM BCA memang tersebar di berbagai lokasi yang tentunya strategis dan dapat dijangkau oleh masyarakat. Namun, belum tentu lokasi tersebut dapat dipastikan keamanannya.

Sehingga, bisa jadi menjadi target operasi kejahatan mesin ATM. Oleh karena itu, carilah tempat mesin ATM BCA yang aman, yakni ada penjaganya.

Untuk nasabah BCA agaknya patut merasa tenang, karena mayoritas bank ini hampir setiap saat ada satpam yang bertugas. Selain itu, BCA juga tidak memungut biaya parkir kendaraan bagi nasabah.

2. Mengecek kondisi ATM baik-baik saja

Ketika ingin melakukan transaksi menggunakan mesin ATM, pastikan jika mesin yang akan Anda gunakan kondisinya baik-baik saja.

Jangan gunakan mesin ATM jika kartu sulit masuk atau macet, tombol ATM longgar, dan slot kartu mudah goyah. Bisa jadi mesin ATM tersebut sudah pernah dirusak sebelumnya.

3. Menjaga kerahasiaan PIN ATM

Saat menggunakan mesin ATM untuk bertransaksi mesin pasti akan meminta Anda untuk memasukkan PIN ATM. Pada saat demikian, Anda harus mewaspadai orang-orang yang berada di sekitar Anda.

Tutupilah tombol ATM menggunakan tangan Anda pada saat memasukkan PIN ATM, agar orang-orang di sekitar Anda tidak dapat mengetahui PIN ATM Anda. Hal tersebut dapat Anda lakukan jika di dalam ruang mesin ATM yang ramai pengunjung.

4. Usahakan untuk tidak menerima bantuan orang asing

Waspadai terhadap orang-orang yang menawarkan bantuan pada saat Anda mengalami kesulitan menggunakan mesin ATM.

Sudah banyak pelaku kejahatan mesin ATM menggunakan modus pura-pura menolong korban. Lebih baik Anda menghubungi nomor call center atau memanggil petugas keamanan yang ada di sekitar mesin ATM.

5. Gunakanlah fitur kemanan melalui ponsel

Fitur kemanan dapat Anda peroleh melalui SMS notifikasi sesaat setelah transaksi berhasil Anda lakukan. Hal ini akan memudahkan Anda untuk memantau apakah transaksi benar-benar berjalan dengan baik.

Mudahnya Mengambil Uang di ATM BCA

Cara Mengambil Uang di ATM BCA
Sumber: banksentral.com

Tidak perlu repot lagi untuk mengambil uang melalui teller bank. Kemajuan teknologi sudah semakin memudahkan para nasabah lembaga perbankan untuk mengambil uang, termasuk Bank BCA.

Nasabah tidak perlu repot menunggu antrian ke teller hanya untuk mengambil dana. Cara mengambil uang dapat dilakukan melalui mesin ATM BCA.

Tidak perlu khawatir, mesin ATM BCA juga sudah banyak ditempatkan di berbagai lokasi. Tentunya, lokasi ditempatkannya mesin ATM berada di tempat yang strategis, sehingga mudah ditemukan oleh para nasabah Bank BCA.

Syarat untuk menggunakan mesin ATM BCA secara umum yakni harus menjadi nasabah Bank BCA. Cara menjadi nasabah Bank BCA adalah Anda harus membuka rekening tabungan melalui Bank BCA. Sebetulnya banyak jenis transaksi yang dapat Anda lakukan menggunakan mesin ATM BCA selain mengambil uang.

Cara mengambil uang di ATM BCA cukup mudah, hanya saja akan menjadi membingungkan jika Anda tidak pernah menggunakan mesin ATM BCA sebelumnya. Atau mungkin Anda baru saja menjadi nasabah Bank BCA.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika mengambil uang menggunakan mesin ATM BCA. Demikianlah pembahasan mengenai cara mengambil uang di ATM BCA dan cara transaksi yang aman menggunakan mesin ATM. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda dan para pembaca lainnya.

Baca juga informasi menarik lainnya di nmtchicago.org.

Tinggalkan komentar