Cara Mencangkok Pohon Mangga

Cara Mencangkok Pohon Mangga – Halo sahabat @PakTani11, Berikut ini adalah panduan mencangkok pohon mangga yang baik dan benar supaya cepat tumbuh akar.

Mangga atau yang memiliki nama latin Mangifera indica adalah jenis buah yang memiliki rasa enak dan banyak diminati semua kalangan manusia.

Buah ini bukan termasuk buah langka, sehingga cukup mudah untuk mendapatkannya. Namun buah ini termasuk buah musiman, jadi ketika bukan musimnya, cukup sulit untuk mendapatkan buah ini.

Salah satu cara untuk bisa mendapatkan buah ini adalah dengan cara menanam sendiri. Cara menanam pohon buah mangga ada beberapa pilihan.

Ada yang menanam dari biji, ada yang membeli bibit yang sudah jadi, dan ada juga yang dengan mencangkok pohon mangga yang sudah besar dan berbuah.

Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan tentang cara mencangkok pohon mangga secara jelas dan detail.

Cara Mencangkok Pohon Mangga

Cara Mencangkok Pohon Mangga yang Baik dan Benar
Sumber: kampustani.com

Apa itu mencangkok pohon? Pencangkokan atau mencangkok adalah sebuah cara perkembangbiakan vegetatif tanaman dengan sistem mengupas kulit pada bagian batang lalu dibalutkan tanah dan ditutup dengan sabuk kelapa atau plastik atau bahan kedap air lainnya dengan tujuan tumbuh akar.

Untuk lebih jelasnya berikut ini kami jelaskan cara mencangkok pohon mangga. Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut.

Langkah ke-1

Pertama yang harus dilakukan adalah memilih cabang batang yang mau dicangkok. Pilihlah batang yang tidak terlalu muda juga tidak terlalu tua. Dengan panjang cabang batang sudah sekitar 120 cm.

Langkah ke-2

Kerat atau kupas kulit batang mangga sepanjang 3 – 10 cm menggunakan pisau atau sejenisnya. Usahakan tulang batangnya jangan sampai luka.

Langkah ke-3

Setelah selesai dikupas, bersihkan batang dari kambium yang melekat pada tulang batang. Caranya bisa dengan mengerik tulang batang (batang yang sudah tidak ada kulitnya).

Langkah ke-4

Jika sudah, biarkan selama kurang lebih beberapa menit atau beberapa waktu. Tujuannya untuk mengeringkan getah yang masih menempel dan keluar dari batang yang sudah dikupas.

Langkah ke-5

Untuk hasil yang lebih maksimal, bisa tambahkan zat perangsang tumbuhan (ZPT) seperti clonex atau lainnya sebelum batang tersebut dibalut atau dibungkus.

Langkah ke-6

Selanjutnya balutkan batang yang sudah dikupas tersebut dengan tanah subur sampai menutupi keseluruhan batang terkupas. Caranya dengan dikepal-kepalkan membentuk seperti kapsul.

Langkah ke-7

Jika sudah rapat, bungkus dengan penutup seperti sabut kelapa dan plastik. Setelah terbungkus semua tanah yang membalut, ikat dengan tali sampai benar-benar kencang agar balutan tidak lepas.

Langkah ke-8

Proses pencangkokan sudah selesai. Selanjutnya lakukan perawatan dengan cara disiram secara rutin setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal.

Langkah ke-9

Normalnya, 3 – 4 bulan batang cangkokan akan tumbuh akar. Jika sudah tumbuh akar, potong pada bagian bawah akar. Lalu tanam batang cangkokan di polybag. Atau langsung saja ditanam di tanah juga tidak apa-apa.

Nah itulah langkah-langkah pencangkokan yang harus dilakukan. Boleh dikatakan mencangkok sebenarnya mudah. Namun butuh ke konsistenan.

Tujuan Pencangkokan

Panduan Cara Mencangkok Pohon Mangga agar Cepat Berbuah
Sumber Gambar: i.ytimg.com

Tujuan dari mencangkok pohon mangga adalah untuk mendapatkan pohon mangga dengan hasil buah yang sama dengan pohon yang dicangkok dengan hasil yang lebih cepat dari pada menanam dari benih.

Biasanya pencangkokan pada sebuah pohon mangga dilakukan dikarenakan pohon mangga yang akan dicangkok tersebut memiliki buah yang manis, dan enak.

Maka dari tujuan tersebut, penting untuk memilah dan memilih pohon mangga yang berkualitas dan sedang produktif-produktifnya.

Seperti apa kriteria pohon mangga yang pas dan bagus untuk dicangkok batangnya?

Kriteria Pohon Mangga yang Bagus untuk Dicangkok

Cara Mencangkok Pohon Mangga agar Cepat Berbuah
Sumber Gambar: ilmubudidaya.com

Memilah-milih pohon mangga yang akan dicangkok merupakan salah satu faktor sukses atau tidaknya proses pencangkokan.

Karena ada kasus pencangkokan gagal disebabkan karena kriteria indukan pohon mangga yang tidak bagus.

Lalu, bagaimana kriteria pohon mangga yang bagus untuk dicangkok batangnya?

1. Induk yang Masih Produktif

Pohon mangga yang produktif menjadi faktor penting hasil cangkok yang maksimal. Ciri-ciri induk yang produktif adalah berbuah banyak, rasanya enak dan manis tentunya, petumbuhan pohonnya baik, dan bebas dari segala penyakit.

2. Usia Pohon Mangga Lebih dari 2 Tahun

Umumnya, pohon mangga akan mulai produktif ketika masuk usia 2 tahun. Mencangkok memerlukan jejak rekam pohon yang akan dicangkok.

Jika pohon usianya sudah lebih dari 2 tahun namun belum berbuah, maka pohon tersebut tidak masuk dalam kategori pohon mangga yang bagus untuk indukan.

3. Batang Tidak Lecet atau Luka

Pilihlah salah satu cabang batang pohon yang tidak terdapat lecet atau luka pada kulit batang. Tujuannya supaya hasil cangkokan lebih maksimal dan memuaskan.

Setidaknya jika anda akan mencangkok pohon mangga, 3 kriteria di atas sudah Terpenuhi. Supaya menghasilkan cangkokan yang maksimal.

Kelebihan Cangkok

Apa kelebihan dari mencangkok pohon mangga? Bukannya kita bisa menanam dari biji atau benihnya saja?

Masing-masing cara menanam pohon memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Kelebihan dari sistem mencangkok sendiri yaitu:

  1. Sifat pohon mangga akan sama dengan induknya. Jika rasanya manis, maka hasil cangkokan buahnya juga akan manis.
  2. Lebih cepat berbuah.
  3. Tingkat keberhasilan yang tinggi.
  4. Pohon lebih pendek sehingga bagus dan mudah untuk dipetik ketika sudah berbuah.

Kekurangan Sistem Cangkok

Ada kelebihan tentu ada kelemahan atau kekurangan. Beberapa kekurangan dari sistem cangkok adalah sebagai berikut.

  1. Kekuatan akar tidak sekuat pohon mangga yang tumbuh dari benih atau biji. Biasanya pohon mudah roboh.
  2. Pohon tidak mampu menahan kekeringan.
  3. Pencangkokan tidak bisa dilakukan dalam jumlah banyak dalam satu pohon.
  4. Rusaknya pohon mangga yang dijadikan indukan cangkok. Maka janganlah terlalu banyak mencangkok batang pohon mangga.

Nah, itulah informasi penting seputar mencangkok tanaman. Ada yang tidak boleh dilupakan sebelum mencangkok pohon mangga. Apa itu?

Menyediakan alat dan bahan pencangkokan seperti:

  • Pisau.
  • Kompas/pupuk kandang.
  • Tali rafia untuk mengikat balutan cangkok.
  • Sabut kelapa, plastik, dan lain sebagainya.
  • Pupuk kandang.

Video Cara Mencangkok Pohon Mangga agar Cepat Tumbuh Akar

Video tutorial di atas kami ambil dari sumber galihmas Tajir. Semoga menambah pemahaman anda tentang cara mencangkok pohon mangga agar cepat tumbuh akar.

Jadi kami simpulkan inti dari semua pembahasan di atas adalah action, sebuah keberanian untuk beraksi mengeksekusi target.

Cara mencangkok pohon mangga di atas kami ambil referensinya dari situs terpercaya dan dari pengetahuan kami tim nmtchicago.org.

Tinggalkan komentar