Cara Menabung di Bank BRI / Mandiri / BNI / Lainnya [Terbaru]

Cara Menabung di Bank – Halo, jumpa di nmtchicago.org. Berikut adalah penjelasan mengenai cara menabung di bank BRI, Mandiri, BNI, dan bank lainnya. Ternyata mudah loh, silahkan baca artikel ini dengan seksama.

Pernahkah merasa kehilangan uang ketika menyimpannya di rumah? Jika sudah seperti itu, siapa orang yang bisa kita salahkan? Kemungkinan terburuk adalah dengan menduga-duga orang lain yang belum tentu pasti kebenarannya.

Padahal, menyimpan uang dengan cara menabung di bank akan lebih nyaman dan aman.

Ya, begitulah resiko ketika kita menyimpan uang di rumah, apalagi dalam jumlah yang cukup besar. Belum tentu uang sebanyak itu dapat tersimpan dengan aman jika kita menaruhnya di rumah.

Bisa jadi dicuri orang atau terselip dengan uang lainnya. Semakin buruk lagi jika terjadi bencana, seperti banjir, kebakaran, dan lain-lain.

Baca juga perbedaan bank konvensional dan bank syariah.

Cara Menabung di Bank BRI

Cara Menabung di Bank BRI
Sumber: cdn.moneysmart.id

Cara menabung di bank juga dapat kita lakukan melalui lembaga perbankan Bank BRI. Siapa yang belum tahu tentang Bank BRI? Bank BRI menjadi salah satu lembaga perbankan terbesar di Indonesia.

Begitu pula jumlah nasabah yang sangat banyak yang keberadaannya sampai ke berbagai daerah di Indonesia.

Wajar saja jika nasabah Bank BRI sangat banyak. Hal tersebut juga didukung oleh perjalanan sejarah Bank BRI yang sangat panjang.

Bank BRI sudah berdiri sejak tahun 1895. Sangat lama bukan? Inilah mengapa Bank BRI juga disebut sebagai bank tertua di Indonesia.

Keberadaan Bank BRI juga sudah masuk ke daerah-daerah kecil di Indonesia. Karena memang Bank BRI berfokus pada pelayanan masyarakat kecil dan memberikan kredit kepada pelaku usaha kecil. Jadi, jangan heran jika Kantor Unit Bank BRI sudah berdiri di daerah Anda.

Bagaimana Cara Menabung di Bank BRI

Jika ingin menabung di bank BRI, Anda akan diberikan pelayanan jenis rekening yang berbeda-beda. Tentunya, fitur layanan yang akan Anda dapatkan juga berbeda sesuai dengan jenis rekening tabungan yang Anda pilih nantinya.

Jenis tabungan yang ditawarkan oleh Bank BRI antara lain Simpedes, BritAma, BritAma Bisnis, BritAma Valas, BritAma Muda, BritAma Rencana, Simpedes TKI, Tabungan BRI Simpel, Tabungan Haji, Tabungan BRI Junio.

Berbagai jenis rekening tabungan tersebut dapat Anda pilih pada saat pembukaan rekening pertama kali.

Menabung di BRI merupakan salah satu persyaratan untuk menjadi nasabah BRI. Jika Anda masih bingung tentang bagaimana cara menabung di bank melalui BRI, simaklah langkah-langkah berikut ini.

  • Sebelum mengunjungi kantor Bank BRI, Anda sudah siap dengan persyaratan administrasi yaitu kartu identitas diri seperti KTP, SIM, Kartu Pelajar, Kartu Mahasiswa.
  • Siapkan uang tunai sebagai setoran awal. Setoran awal di Bank BRI berbeda sesuai dengan jenis rekening tabungan yang dipilih. Jika Anda menggunakan rekening tabungan Simpedes, setoran awal yang wajib Anda lakukan adalah minimal Rp 100.000.
  • Jika kedua persyaratan di atas sudah Anda penuhi, selanjutnya datangi kantor unit Bank BRI terdekat di wilayah Anda.
  • Mengambil nomor antrian customer service. Jika Anda bingung, biasanya satpam akan menyambut Anda dan akan mengarahkan Anda untuk segera mengambil nomor antrian.
  • Tunggulah sampai nomor antrian Anda dipanggil. Menunggu di kantor BRI biasanya cukup lama. Ini karena jumlah nasabahnya juga banyak. Jadi, jangan kaget kalau Anda harus menunggu antrian cukup lama.
  • Jika nomor antrian Anda sudah dipanggil, segera menuju ke meja customer service (CS) untuk mendapatkan pelayanan. CS akan menerangkan kepada Anda berbagai jenis rekening tabungan yang ada di BRI. Jika, Anda kurang paham, segera ajukan pertanyaan agar CS dapat segera membantu Anda.
  • Jika CS sudah selesai menjelaskan dan Anda paham, tentukan jenis rekening tabungan yang Anda inginkan.
  • Kemudian CS akan memberikan formulir isian pembukaan rekening kepada Anda. Isilah formulir tersebut dengan betul.
  • Setelah selesai, CS akan memberikan Anda buku tabungan dan kartu ATM. Kemudian CS akan meminta Anda untuk memasukkan PIN ATM secara beberapa kali.
  • Tanda tangani kartu ATM Anda agar tidak tertukar dengan kartu ATM lainnya.

Bank BRI memiliki fitur layanan lain seperti Internet Banking dan SMS Banking. Jika Anda ingin menggunakan layanan tersebut, lebih baik Anda katakan pada saat awal pembukaan rekening tabungan seperti ini.

Daripada nanti Anda harus kembali lagi menemui CS untuk melakukan registrasi dan aktivasi kedua layanan tersebut.

Cara Menabung di Bank Mandiri

Cara menabung di bank dapat Anda lakukan menggunakan layanan perbankan Bank Mandiri. Secara umum, langkah-langkah untuk menabung di Bank Mandiri sama seperti penjelasan sebelumnya.

Anda cukup datang ke kantor Bank Mandiri terdekat, kemudian menemui CS, dan CS akan memproses pembukaan rekening tabungan Anda.

Namun, hal yang perlu Anda ketahui yakni jenis-jenis rekening tabungan yang bisa Anda peroleh jika menggunakan layanan Bank Mandiri untuk menabung.

Beberapa produk tabungan Bank Mandiri antara lain Mandiri Tabungan, Mandiri Tabungan Bisnis, Mandiri Tabungan Rencana, dan Mandiri Tabungan Investor.

Beberapa jenis produk rekening tabungan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Tentu, fitur layanan yang diperoleh akan berbeda antara satu jenis rekening tabungan dengan jenis yang lainnya.

Bank Mandiri juga memiliki layanan transaksi Internet Banking dan SMS Banking. Jika ingin menggunakannya, langsung saja katakan ke CS pada saat awal pembukaan rekening tabungan Mandiri.

Cara Menabung di Bank BNI

Bank BNI merupakan salah satu lembaga perbankan tertua di Indonesia setelah BRI. Menurut sumber, Bank BNI didirikan pada tahun 1946.

Yakni pada awal kemerdekaan bangsa Indonesia. Sebagai lembaga perbankan tertua di Indonesia, tentu sudah memiliki banyak pengalaman dalam hal pelayanan perbankan.

Anda perlu mengetahui apa saja jenis layanan dan tentunya Cara menabung di bank BNI.

Sebagai lembaga perbankan tertua di Indonesia, pasti sudah mengerti seperti apa kebutuhan nasabahnya. Tentu pelayanan yang diberikan adalah yang terbaik.

Anda harus mendatangi kantor BNI terdekat untuk menabung di BNI. Seperti penjelasan sebelumnya, Anda juga harus menemui CS BNI untuk dapat menabung.

Dengan menabung di bank BNI berarti Anda sudah menjadi nasabah bank. Anda tentunya berhak mendapatkan pelayanan perbankan sesuai dengan jenis tabungan yang Anda pilih.

Bank BNI selalu mengerti kebutuhan para nasabahnya, sehingga mereka menyediakan berbagai jenis rekening tabungan agar bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan para nasabah.

Ada lima jenis rekening tabungan bank BNI yang bisa Anda pilih, antara lain BNI Taplus, BNI Taplus Bisnis, BNI Taplus Muda, BNI haji, dan Tabunganku.

Beberapa jenis rekening tabungan BNI tersebut memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda.

Namun, fitur layanan yang Anda terima pun juga berbeda sesuai dengan jenis rekening tabungan yang Anda gunakan. Jadi untuk memilihnya, usahakan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Cara Menabung di Bank Lainnya

Anda juga dapat menabung menggunakan jasa layanan perbankan lain selain tiga bank yang sudah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya.

Cara menabung di bank pada umumnya sama, hanya saja jenis pelayanan yang diberikan oleh masing-masing bank mungkin saja berbeda.

Banyak jenis lembaga perbankan yang berdiri di Indonesia, baik bank konvensional maupun bank syariah. Anda dapat memilih satu dari beberapa lembaga perbankan tersebut sesuai dengan keinginan Anda.

Biasanya, setiap bank memiliki cara promosi yang berbeda-beda untuk mendapatkan banyak nasabah.

Mulai dari perbaruan layanannya, hadiah kejutannya, suku bunga yang tinggi, dan berbagai cara lainnya. Oleh karena itu, Anda harus memilih jenis bank yang sesuai untuk mengamankan uang Anda.

Itulah berbagai penjelasan tentang bagaiamana cara menabung di Bank. Pastikan uang Anda tetap aman dengan menabung menggunakan layanan perbankan.

Dapatkan juga kemudahan transaksi debet maupun kredit. Selanjutnya, Anda dapat menggunakan uang Anda secara bijak.

Tinggalkan komentar