Cara Membuat Wedang Jahe dan Manfaat Wedang Jahe

Cara Memuat Wedang Jahe – NMTCHICAGO.ORG informasi cara membuat wedang jahe dan manfaat medang jahe yang belum banyak orang ketahui. Jahe merupakan salah satu tumbuhan yang termasuk dalam kategori rempah-rempah.

Selain menjadi bumbu dalam berbagai masakan, tanaman yang satu ini juga sering dijadikan sebagai minuman penghangat badan.

Misalnya saja seperti wedang jahe atau wedang ronde. Wedang jahe merupakan salah satu minuman tradisional yang memiliki fungsi utama yaitu untuk menghangatkan badan, terutama pada saat cuaca dingin.

Cara membuat wedang jahe ini sudah diwariskan secara turun-temurun dan tetap lestari hingga sekarang.

Meskipun sudah memasuki era modern, namun obat-obatan dan ramuan tradisional masih tetap lestari hingga kini. Salah satunya adalah wedang jahe ini.

Minuman ini merupakan minuman yang berasal dari perpaduan rempah jahe, air hangat dan juga gula merah dan juga sedikit sereh.

Baca juga artikel tentang cara membuat jus mangga Thailand.

Cara Membuat Wedang Jahe dengan Resep Paling Mudah

Cara Membuat Wedang Jahe
Sumber: s3.bukalapak.com

Meskipun cara membuat wedang jahe ini terbilang mudah, namun bagi Anda yang baru pertama kali akan membuatnya tentu sedikit kesulitan bukan?

Diatas Anda sudah memahami empat hal dasar yang perlu diperhatikan ketika membuat wedang jahe, kini Anda bisa mempelajari cara membuatnya.

Berikut akan kami ulas resep singkat cara membuat wedang jahe dengan resep paling mudah.

Bahan-bahan Membuat Wedang Jahe

  • 2 batang jahe berukuran besar, bakar lalu kerok kulitnya dan geprek jahe terlebih dahulu.
  • 2 Batang sereh, ambil putihnya saja, lalu geprek bagian pangkalnya.
  • 1 sendok makan gula pasir.
  • 4 sendok makan gula merah.
  • Air secukupnya.

Langkah langkah Membuat Wedang Jahe

  • Cara membuat wedang jahe yang pertama yaitu siapkan panci. Kemudian masukkan air dan semua bahan yang telah dipersiapkan tadi.
  • Rebus semua bahan hingga mendidih. Setelah air mendidih, matikan api.
  • Ambil gelas, kemudian saring air jahe.
  • Wedang jahe siap dinikmati.

Demikianlah cara membuat wedang jahe yang mudah dan praktis. Wedang jahe akan semakin nikmat ketika diminum segera selagi hangat.

Apa Resep Dasar Membuat Wedang Jahe?

Manfaat Wedang Jahe
Sumber: i.ytimg.com

Cara membuat wedang jahe ini pun mudah sekali, anda hanya perlu mencampur semua bahan yang disebutkan diatas tadi dan merebusnya menjadi satu.

Air dari rebusan inilah yang nantinya di ambil dan diminum sebagai wedang jahe. Selain sebagai penghangat badan, ternyata minuman tradisional ini memiliki banyak sekali manfaat.

Kurang lebih seperti inilah resep dasar membuat wedang jahe. Anda bisa menambahkan beberapa komposisi lain sesuai selera.

Manfaat wedang jahe antara lain adalah membantu meredakan beberapa gangguan kesehatan. Misalnya saja gejala seperti mual, mengurangi peradangan, membantu memperbaiki sirkulasi darah hingga mengatasi masalah pernapasan dan juga menurunkan berat badan.

Tanaman jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Oleh karena itu, jahe dapat membantu meringankan beberapa penyakit yang timbul akibat peradangan seperti artritis reumatoid ata penyakit peradangan pada sendi.

Selain itu, kandungan asam amino dan vitamin serta mineral yang terdapat dalam jahe dapat memperbaiki dan memulihkan sirkulasi darah.

Ketika sirkulasi darah lancar, maka resiko terkena berbagai penyakit seperti gejala stroke dan serangan jantung pun dapat diminimalisir.

Untuk anda yang sering terkena gejala flu, minum segelas air jahe juga dapat meringankan gejala yang ditimbulkan akibat terjangkit flu.

Meskipun tergolong sebagai minuman kesehatan, namun karena terbuat dari bahan herbal maka wedang jahe ini tetap aman diminum walaupun anda tidak sedang mengalami masalah kesehatan.

Hal hal yang Harus Anda Perhatikan Ketika Membuat Wedang Jahe

Resep Wedang Jahe
Sumber: siarandepok.com

Wedang jahe merupakan minuman yang banyak dinikmati pada saat udara dingin, terutama di musim penghujan. Ada beberapa jenis dan variasi wedang jahe yang biasa dibuat.

Namun meskipun berbeda jenis, semua wedang pastinya menggunakan jahe sebagai bahan utamanya. Cara membuat wedang jahe sebenarnya mudah saja.

Hanya saja, cara mengolah jahe yang benar dan tepat membuat minuman ini akan semakin nikmat dengan cita rasa pedas yang khas.

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika membuat wedang jahe.

1. Pilih Jahe Tua dan Olah dengan Benar

Cara membuat wedang jahe dengan keharuman dan rasa pedas yang sesuai membuat kenikmatan wedang jahe ini semakin maksimal.

Cara membuat wedang jahe yang enak ternyata terletak pada cara mengolah si jahe ini.

Kuncinya yaitu dengan memilih jenis jahe yang tepat. Jahe dengan kulit berwarna coklat menandakan bahwa tanaman ini telah berusia tua dan baik di gunakan sebagai bahan utama.

Jahe yang tua akan menghasilkan rasa pedas yang khas. Berbeda dengan jahe yang berumur masih muda. Jahe muda akan kurang nikmat ketika diolah menjadi minuman.

2. Kenali Warna Jahe yang Enak

Rasa pahit yang mendominasi pada wedang jahe antara lain adalah karena pemilihan jahe yang kurang tua sehingga kurang pedas dan sedikit pahit.

Jahe muda biasanya masih memiliki bagian yang berwarna hijau. Untuk itu, jika ingin membuat wedang jahe yang nikmat, maka anda harus memilih jahe dengan warna kecoklatan atau jahe yang telah tua.

3. Kupas Tipis-tipis Kulit Jahe

Yang tidak kalah penting saat ingin membuat wedang jahe yang nikmat adalah cara mengupas kulit jahe.

Cara mengupas kulit jahe yaitu dengan cara dikerok bagian kulitnya. Cara mengeroknya pun harus tipis alias jangan terlalu tebal.

Hal ini dimaksudkan agar aroma jahe menjadi lebih harum. Ketika mengupas kulit jahe tebal-tebal, aromanya akan sedikit berkurang.

4. Bakar Jahe untuk Memperkuat Aromanya

Dan yang terakhir adalah sebelum diolah menjadi minuman, jahe harus dibakar terlebih dahulu agar aromanya lebih menguar.

Jahe yang dibakar terlebih dahulu akan membuat aroma dan cita rasa jahe lebih harum dan wangi.

Untuk selanjutnya, anda dapat menggeprek jahe yang telah dibakar tersebut sebelum merebusnya bersama dengan bahan-bahan lainnya.

Manfaat Minum Wedang Jahe, Minuman Herbal yang Kaya Manfaat

Resep Membuat Wedang Jahe
Sumber: www.caramudah.com

Wedang jahe tergolong minuman herbal dengan bahan dasar rempah –rempah. Meskipun begitu, rasanya tetap enak dan tentunya kaya manfaat.

Inilah mengapa wedang jahe masih tetap eksis hingga saat ini. Untuk menambah wawasan Anda, berikut ini kami ulas manfaat wedang jahe bagi kesehatan tubuh.

1. Wedang Jahe Bermanfaat Mengurangi Peradangan

Manfaat wedang jahe yang pertama adalah untuk mengurangi peradangan pada persendian. Radang sendi biasanya menjangkiti orang tua yang sudah berumur 30-40 tahun.

Nah, kandungan jahe yang mengandung anti-inflamasi yang mampu mengurangi resiko rheumatoid arthritis atau yang disebut juga sebagai penyakit reumatik.

Orang tua dengan gejala gangguan ini disarankan untuk mengonsumsi wedang jahe satu hari sekali.

2. Wedang Jahe Bermanfaat Melancarkan Sistem Pernafasan

Manfaat wedang jahe yang kedua adalah untuk melancarkan sistem pernafasan. Bagi anda yang sedang terjangkit penyakit flu seperti pilek dan batuk. Maka akan mampu diredakan bila meminum segelas wedang jahe ini.

3. Wedang Jahe Bermanfaat Melancarkan Sirkulasi Darah

Jahe merupakan tanaman yang kaya akan mineral, asam amino dan juga protein. Tiga kandungan tersebut adalah merupakan komponen yang penting dalam melancarkan peredaran darah.

Ketika sirkulasi darah lancar, maka berbagai penyakit akibat tidak lancarnya peredaran darah dapat diminimalisir.

Resiko penyakit akibat terkena kardiovaskular seperti stroke dan serangan jantung akan menurun dengan konsumsi wedang jahe ini secara rutin.

4. Wedang Jahe Bermanfaat Menurunkan Berat Badan

Manfaat wedang jahe yang lainnya adalah untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Orang yang sedang dalam proses penurunan berat badan dapat menggunakan jahe untuk meluruhkan lemak dalam tubuh.

Sementara yang telah memiliki berat badan ideal dapat menggunakan jahe untuk menjaga berat badan mereka sehingga tetap ideal.

5. Wedang Jahe Berfungsi Sebagai Antioksidan

Kandungan jahe yang kaya antioksidan ini juga sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Kandungan antioksidan yang tinggi pada jahe dapat mentralisir resiko gangguan kesehatan.

Misalnya saja terjangkitnya berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung, alzheimer, kanker dan juga penuaan dini.

6. Wedang Jahe Bermanfaat Menyeimbangkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Sebuah penelitian menunjukan bahwa salah satu manfaat jahe adalah untuk menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh.

Meminum segelas wedang jahe dipagi hari sangat baik dilakukan untuk menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh.

7. Wedang Jahe Bermanfaat Bagus Untuk Kesehatan Kulit Dan Rambut

Kandungan dalam jahe yang kaya akan antioksidan sangat baik untuk kesehatan kulit tubuh.

Selain itu, kandungan vitamin A dan C yang terdapat dalam jahe inu juga sangat baik untuk meningkatkan teksur rambut anda.

Zat-zat baik yang terkandung dalam jahe memiliki sifat antibakteri yang berfungsi untuk membersihkan darah dan membantu mengobati serta mencegah penyakit kulit.

8. Wedang Jahe Bermanfaat Mengobati Penyakit Alzheimer

Penyakit alzheimer merupakan penyakit yang disebabkan oleh gangguan neurodegrenerative prosesif yang memperngaruhi sistem saraf pusat.

Antioksidan yang tinggi dalam jahe berfungsi untuk melawan respon radang yang terjadi didalam otak.

Antioksidan dalam jahe membantu mempelambat degredasi dalam sel-sel otak yang menyebabkan timbulnya penyakit alzheimer.

9. Wedang Jahe Bermanfaat Mengatasi Gejala Flu

Cuaca yang tidak menentu serta rendahnya daya tahan tubuh membuat anda rentan terkena gejala flu.

Demam, pilek dan batuk merupakan penyakit yang cukup sering menjangkiti, terutama pada musim pancaroba.

Meminum segelas wedang jahe hangat befungsi untuk menghangatkan tubuh dari dalam yang merupakan cara yang tepat untuk mengatasi gejala flu.

Kapan Waktu yang Tepat Minum Wedang Jahe?

Setelah mengetahui manfaat wedang jahe dan juga cara membuat wedang jahe, hal yang tidak kalah penting adalah mengetahui waktu yang tepat untuk mengonsumsi minuman ini.

Waktu minum wedang jahe yang tepat adalah pada waktu pagi hari dan disaat perut masih dalam keadaan kosong.

Mengapa harus dikonsumsi dipagi hari dan dalam kondisi perut kosong? Hal ini dikarenakan waktu pagi hari adalah waktu yang tepat bagi tubuh untuk mulai melakukan metabolisme.

Sifat analgesik dan anti-inflamasi yang terdapat dalam jahe sangat baik untuk melengkapi perawatan berbagai macam penyakit yang terdapat dalam tubuh.

Tingginya antioksidan yang terdapat dalam tanaman jahe juga berfungsi untuk mengembalikan sel-sel yang rusak serta membuang racun.

Dan meminum jahe dalam keadaan perut kosong sangat baik, terutama untuk melancarkan sirkulasi dan peredaran darah.

Magnesium, potasium dan Zeng yang terdapat pada jahe membantu mengatur proses inflamasi yang biasanya menghambat dan menimbulkan berbagai macam masalah sirkulasi dalam darah.

Selain itu, jahe juga berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam pembuluh arteri yang mampu melindungi kesehatan jantung.

Berapa Banyak Jahe Boleh Dikonsumsi dalam Sehari?

Setelah mengetahui waktu yang tepat, sekarang yang tak kalah penting untuk diketahui adalah jumlah jahe yang baik dikonsumsi oleh anda setiap harinya.

Sebagai minuman herbal, wedang jahe ini tetap aman untuk dikonsumsi setiap hari. Namun konsumsi yang berlebihan juga tidak dianjurkan ya?

Konsumsi jahe dalam setiap hari yang dianjurkan oleh pakar kesehatan adalah sebanyak 2 gram perhari.

Konsumsi jahe yang berlebihan pun dapat menimbulkan berbagai macam efek samping seperti nyeri pada ulu hati, asam lambung naik hingga gangguan pencernaan yang berujung pada diare.

Penting, Ini Dia Bahaya Konsumsi Jahe!

Konsumsi jahe pada penderita kelainan darah yang mengonsumsi obat wafrin juga perlu diperhatikan karena jahe dapat meningkatkan berbagai resiko seperti memar dan pendarahan.

Hal ini dikarenakan adanya interaksi antara jahe dan obat pengencer darah. Selain itu, konsumsi jahe pada penderita penyakit diabetes melitus atau yang lebih sering dikenal sebagai penderita penyakit gula juga perlu diperhatikan.

Hal ini karena jahe dapat meningkatkan efek dari obat penurun gula darah sehingga akibatnya kadar gula darah dalam tubuh bisa menurun secara drastis.

Untuk itu, orang yang menderita penyakit ini tidak dianjurkan untuk mengonsumsi wedang jahe ini.

Jahe yang kaya manfaat pun tetap harus disesuaikan dengan kondisi tertentu. Bukannya merasakan manfaat, untuk beberapa penderita penyakit tertentu, konsumsi jahe justru malah membahayakan.

Demikian tadi berberapa penjelasan singkat tentang cara membuat wedang jahe, manfaat serta waktu yang tepat untuk mengonsumsi wedang jahe.

Semoga bermanfaat dan menambah semangat Anda untuk mengkonsumsi minuman herbal yang kaya manfaat ini.

Namun jika Anda menderita penyakit tertentu, pastikan kandungan dalam jahe ini tidak menimbulkan efek buruk bagi tubuh Anda. Selamat mencoba dan mempraktekan cara membuat wedang jahe.

Tinggalkan komentar