Cara Membuat Keripik Singkong Renyah Tidak Keras

Resep cara membuat keripik singkong renyah tidak keras memang sedikit berbeda dengan cara membuat keripik singkong biasa. Meskipun berbeda, namun cara membuat keripik singkong agar mempunyai citarasa yang enak, gurih dan tidak keras terbilang cukup mudah lho!

Ada beberapa tahapan atau cara dalam pembuatan keripik singkong agar hasilnya dapat menjadi renyah dan juga tidak keras. Tips membuat keripik singkong agar renyah tidak keras terbilang cukup mudah, yaitu cukup menyiapkan larutan air garam yang di campur dengan baking soda.

Agar kalian mengetahui cara pembuatannya dengan baik dan benar, maka pada pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai cara membuat keripik singkong renyah tidak keras.

Baca Juga : Cara Membuat Singkong Keju

Cara Membuat Keripik Singkong Renyah Tidak Keras

Cara Membuat Keripik Singkong Renyah Tidak Keras
Sumber Gambar: .ytimg.com

Kami yakin 100 persen kalian pasti bisa membuat keripik singkong yang bertekstur renyah dan tidak keras. Namun bagaimana caranya membuat keripik singkong renyah tidak keras yang baik dan benar sehingga mendapatkan citarasa sesuai dengan yang diharapkan?

Berikut adalah cara membuat keripik singkong agar memiliki citarasa yang renyah dan juga tidak keras.

Kupas dan Bersihkan Singkong

Cara Membuat Keripik Singkong Renyah Tidak Keras
Sumber Gambar: abahtani.com

Cara pertama untuk membuat keripik singkong adalah dengan mengupas dan membersihkan singkong terlebih dahulu. Pastikan singkong yang akan kita jadikan keripik harus dalam keadaan bersih.

Maka dari itu, kita wajib mengupas singkongnya terlebih dahulu. Setelah singkong di kupas, selanjutnya adalah dengan mencucinya menggunakan air bersih hingga singkong benar-benar bersih dari sisa-sisa tanah atau getah yang terdapat pada umbi singkong ini.

Iris Singkong Tipis-Tipis

Cara Membuat Keripik Singkong Renyah Tidak Keras
Sumber Gambar: www.klikberita.co.id

Setelah singkong di kupas dan di bersihkan, tahap selanjutnya adalah mengiris tipis-tipis umbi singkong. Untuk pengirisannya sendiri dapat disesuaikan dengan selera kalian masing-masing. Misalnya dapat berbentuk bulat atau persegi. Usakahan dalam mengiris singkong ini agar jangan terlalu tebal.

Hal ini karena ketebalan dalam mengiris singkong sangat mempengaruhi renyah dan tidaknya keripik singkong yang akan di buat.

Menyiapkan Larutan Garam dan Baking Soda

Langkah selanjutnya dalam membuat keripik singkong renyah dan tidak keras adalah menyiapkan larutan garam dan baking soda. Siapkan wadah berupa baskom atau ember yang dapat diisi dengan air panas sekitar 1 liter.

Tambahkan 1 sendok teh garam dan 1 sendok teh baking soda ke dalam air panas, aduk sebentar kemudian biarkan hingga larut.

Rendam Singkong

Jika larutan tersebut diatas sudah benar-benar larut dan menyatu, maka selanjutnya adalah merendam singkong yang sebelumnya sudah di iris tipis ke dalam wadah yang berisi air larutan garam dan baking soda.

Rendam singkong sekitar 1 jam. Setelah di rendam, cuci singkong menggunakan air mengalir. Tiriskan beberapa menit sampai benar-benar kering hingga siap untuk di goreng.

Menggoreng Singkong

Cara Membuat Keripik Singkong Renyah Tidak Keras
Sumber Gambar: res.cloudinary.com

Sebelum singkong di goreng, kalian perlu memanaskan minyak goreng menggunakan api sedang. Perlu diingat, dalam menggoreng singkong, pastikan untuk menjaga agar api tetap dalam keadaan sedang, jangan terlalu panas karena dapat menyembabkan keripik singkong yang kalian goreng akan gosong.

Gorenglah singkong hingga berubah warna menjadi kuning keemasan. Selanjutnya angkat keripik singkong kemudian taruh ke wadah yang sebelumnya sudah di alasi menggunakan kertas/koran untuk membantu menyerap minyak.

Jika kandungan minyak telah benar-benar berkurang, maka kalian dapat memberi taburan bumbu sesuai dengan selera. Beberapa bumbu bubuk yang cocok untuk keripik singkong adalah bumbu balado, sapi panggang dan lainnya.

Bagaimana, mudah bukan tips cara membuat keripik singkong renyah tidak keras? Setelah membaca panduan tersebut diatas, kami yakin kalian pasti dapat membuat keripik singkong yang enak, renyah tidak keras dan rasanya tidak kalah dengan keripik singkong yang di jual di supermarket. Selamat mencoba!