Cara Membuat Jus Mangga Sederhana dan Kekinian [Resep Jus Mangga]

Cara Membuat Jus Mangga – Jus buah mangga merupakan salah satu deretan jus buah yang digemari oleh banyak orang. Cita rasanya yang manis dengan rasa sedikit asam membuat buah mangga ini menjadi favorit untuk dibuat menjadi jus maupun smoothies.

Cara membuat jus mangga pun sangat mudah dan praktis. Tidak jauh seperti cara memuat jus alpukat. Banyak varian resep yang gampang anda tiru. Bahan-bahan pendukung untuk membuat jus mangga pun sangat mudah ditemui dan banyak tersedia di sekitar anda.

Baca juga artikel cara membuat piscok lumer dengan berbagai varian.

Cara Membuat Jus Mangga Sederhana

Cara Membuat Jus Mangga
Sumber: thumb.viva.co.id

Cara membuat jus mangga yang sederhana ini mudah sekali untuk di ikuti, anda hanya memerlukan beberapa bahan berikut ini.

Bahan-bahan Membuat Jus Mangga

  • Buah mangga yang telah matang.
  • Gula pasir sesuai selera.
  • Es batu.
  • Air putih.
  • Susu kental manis.

Cara membuat Jus Mangga

  • Kupas buah mangga dan potong atau iris kecil-kecil untuk memudah masuk ke blender.
  • Campurkan gula pasir dengan air putih. Secukupnya saja sekitar setengah 100 – 200 ml air/satu gelas jus.
  • Masukan ke dalam blender secara berurutan mulai dari buah mangga, air gula, dan es batu yang sudah dilembutkan.
  • Nyalakan blender, dan tunggu sampai halus.
  • Tuangkan susu ke dalam tepi-tepi gelas yang akan dimasukan jus mangga.
  • Setelah itu, masukan jus mangga yang sudah diblender.
  • Terakhir tuangkan susu kental manis di atas jus mangga yang sudah siap di dalam gelas.

Setelah semua bahan tercampur, anda dapat melarutkannya dengan bantuan blender.

Untuk menambah lezat cita rasa jus ini, penambahan susu kental manis dapat anda jadikan opsional sebagai penambah cita rasa.

Cara Membuat Jus Mangga Kekinian

Resep Jus Mangga Kekinian
Sumber: aremafood.com

Popularitas mangga sebagai salah satu buah dari negara beriklim tropis ini sudah tidak diragukan lagi. Buah dengan cita rasa asam dan manis ini memang nikmat di olah menjadi beraneka makanan.

Selain populer digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan cake dan puding, buah yang satu ini juga memiliki cukup banyak peminat ketika diolah menjadi minuman kekinian.

Salah satunya adalah minuman kekinian yang memiliki nama Jus Mangga Varian Jus Mangga Thailand ini cukup populer dan memiliki banyak penggemar.

Terutama dari generasi milenial yang menyukai makanan dan minuman kekinian dengan tampilan yang cantik dan instagramable.

Jus mangga kekinian yang satu ini terlihat cantik dan sangat eye catching dengan penambahan sorbet mangga, whipped cream dan potongan buah mangga di bagian atasnya.

Penampilannya yang unik dan modern pada jus yang satu ini membuat orang penasaran dan ingin mencicipi rasanya.

Ternyata cara membuat jus mangga kekinian ini juga mudah dan tidak sulit. Berikut akan di ulas tutorial lengkap cara membuat jus mangga Thailand.

Bahan bahan untuk Membuat Jus Mangga Kekinian Ala Thailand

  • 5 buah mangga jenis arum manis, potong-potong berbentuk dadu dalam ukuran sedang.
  • 1 sendok makan air lemon atau jeruk nipis.
  • 1 cup wipped cream siap pakai.
  • Gula pasir secukupnya.

Cara Membuat Jus Mangga Kekinian Ala Thailand

  • Pertama-tama yang perlu anda lakukan adalah membuat sorbet mangga terlebih dahulu. Ambil setengah bagian dari buah mangga yang telah dipotong-potong.
  • Campur buah mangga bersama dengan air jeruk nipis, sedikit gula dan juga sedikit garam. Penambahan sedikit garam pada sorbet mangga memiliki fungsi untuk membuat cita rasa sorbet yang anda buat menjadi lebih gurih dan lezat.
  • Setelah semua bahan dicampur menjadi satu. Blender hingga semua bahan tercampur dengan rata. Simpan dan bekukan sorbet dalam frezeer selama kurang lebih 2-3 jam.
  • Setelah sorbet yang anda buat beku. Anda dapat mulai membuat jus mangganya. Cara membuat jus mangga adalah dengan mencampur buah mangga yang masih tersisa dengan gula pasir, kemudian blender hingga halus dan tercampur rata.
  • Yang terakhir adalah penyajian. Pertama-tama anda tuangkan jus mangga pada sepertiga gelas. Kemudian tambahkan whipped cream siap pakai diatasnya, tambahkan pula sorbet mangga yang telah beku dan yang terakhir adalah taburkan potongan buah mangga dibagian atasnya untuk mempermanis penampilan.

Tips Konsumsi Jus Mangga untuk Diet

Cara Membuat Jus Mangga Thailand
Sumber: cdn1-production-images-kly.akamaized.net

Selain cara membuat jus mangga ini cukup mudah, jus mangga ini juga memiliki manfaat dan khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Seperti yang kita ketahui ketahui, buah merupakan salah satu komponen pendukung untuk mendukung gaya hidup sehat. Buah mangga ini pun dapat anda masukkan dalam menu harian anda.

Untuk anda yang sedang melakukan program diet. Meminum segelas jus buah mangga tanpa gula dapat menjadi pilihan untuk mencukupi kebutuhan harian buah anda.

Atau jika anda merupakan pencinta rasa manis, anda dapat beralih dari gula biasa dan menggantinya dengan gula rendah kalori. Alternatif lain yakni madu untuk menambah cita rasa jus mangga yang anda buat.

Apa Saja Khasiat dan Manfaat Minum Jus Mangga?

Manfaat Jus Mangga
Sumber: doktersehat.com

Selain segar dan nikmat, jus buah mangga juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah mangga merupakan buah yang memiliki banyak sekali kandungan vitamin.

Selain sebagai sumber vitamin C dan juga vitamin A. Buah mangga juga mengandung vitamin E, vitamin B6, vitamin K, folat dan vitamin B kompleks lainnya meskipun dalam jumlah yang kecil.

Mangga juga memiliki kandungan mineral seperti fosfor, kalsium, magnesium, zat besi dan juga selenium. Kandungan betakaroten dan juga fitonutrien didalam buah mangga juga sangat bagus sebagai antioksidan didalam tubuh.

Melihat kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dalam buah mangga. Maka tak ada salahnya untuk memasukkan buah ini pada menu harian anda, bukan?

Berikut akan diulas beberapa manfaat jus mangga untuk kesehatan tubuh yang perlu anda ketahui.

1. Jus Mangga Bermanfaat Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat jus buah mangga yang pertama adalah dapat menurunkan tekanan darah. Kandungan kalium dalam buah mangga yang cukup tinggi membuat buah yang satu ini cukup direkomendasikan untuk anda yang memiliki riwayat penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Kalium yang tinggi dalam buah mangga dapat membantu mengatasi kelebihan natrium dalam tubuh yang merupakan salah satu penyebab penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

2. Jus Mangga Bermanfaat Menurunkan kolesterol

Terdapat dua jenis kolesterol dalam darah yaitu LDL (low density lipoprotein) atau yang biasa disebut sebagai kolesterol jahat.

Dan yang satu lagi adalah HDL (High desinty lipoprotein) yang disebut juga sebagai kolesterol baik. Timbulnya banyak penyakit didalam tubuh adalah ketika jumlah LDL atau kolestrol jahat lebih tinggi daripada jumlag kolesterol baik.

Tingginya kadar LDL dalam darah dapat memicu timbulnya penyakit tertentu. Manfaat jus mangga yang kaya akan vitamin C dan serat ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus mengurangi resiko timbulnya penyakit yang terpicu akibat tingginya kadar kolesterol didalam tubuh.

3. Jus Mangga Bermanfaat Menjaga Kesehatan Mata

Buah mangga merupakan salah satu jenis buah yang banyak mengandung betakaroten dan vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

Memakan banyak makanan yang memiliki kandungan betakaroten yang tinggi akan membuat berbagai macam masalah kesehatan.

Yang nantinya menyebabkan gangguan yang berakibat menurunnya kesehatan pengelihatan mata dapat teratasi.

Tidak ada salahnya anda mulai rutin mengkonsumsi buah seperti mangga agar tubuh tetap bugar dan sehat.

Untuk mengatasi rasa bosan, anda bisa membuat variasi buah seperti jus mangga dengan kreasi resep yang unik. Cara membuat jus mangga yang mudah sudah kami ulas diatas.

4. Jus Mangga Bermanfaat Mengatasi Anemia

Buah mangga merupakan buah yang kaya akan mineral dan zat besi. Mineral dan zat besi ini merupakan salah satu komponen yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Orang yang kekurangan mineral dan zat besi dalam tubuhnya biasanya rentan terkena penyait anemia atau tekanan darah rendah.

Penyakit ini ditandai dengan berbagai gejala seperti antara lain pusing, pandangan berkunang-kunang, tubuh cepat lelah dan lain sebagainya.

Dengan mengkonsumsi buah mangga secara teratur, maka diharapkan asupan mineral dan zat besi dalam tubuh pun akan terpenuhi. Ini akan membuat anda terhindar dari resiko terjangkitnya penyakit anemia.

5. Jus Mangga Baik untuk Kesehatan Kulit

Manfaat jus mangga yang lainnya adalah dimana buah ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Selain mengandung vitamin A yang berfungsi untuk membantu menghidrasi dan mencegah kulit kering.

Mangga juga mengandung vitamin E yang merupakan salah satu jenis vitamin yang sangat dibutuhkan untuk mendapatkan kulit yang sehat.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah ini juga bermanfaat untuk menjaga kecerahan kulit dan membantu pembentukan kolagen. Minum jus enak dan kulit makin cantik, mengapa tidak?

6. Jus Mangga Bermanfaat Untuk Imunitas Tubuh

Manfaat jus mangga untuk kesehatan yang lainnya adalah sebagai salah satu buah yang memiliki antioksidan tinggi. Tingginya antioksidan dalam buah ini membuat buah mangga sangat baik dikonsumsi sehari-hari.

Antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas sekaligus membuat sistem imunitas tubuh menjadi meningkat. Dengan meningkatnya sistem imun dalam tubuh membuat tubuh senantiasa sehat dan tidak gampang sakit.

7. Jus Mangga Bermanfaat Memelihara Kesehatan Jantung

Organ jantung merupakan organ dalam tubuh yang sangat penting. Penyakit jantung merupakan salah satu jenis penyakit yang menyumbang angka kematian cukup tinggi diberbagai belahan dunia.

Maka menjaga kesehatan jantung merupakan salah satu cara agar anda terbebas dari resiko terjangkitnya penyakit yang satu ini.

Selain ditunjang dengan pola hidup sehat dan olahraga yang teratur. Anda juga harus mengonsumsi makanan yang sehat juga. Salah satunya adalah buah mangga.

Manfaat jus mangga antara lain adalah mencegah tingginya kadar kolesterol dan juga membantu manjaga tekanan darah anda agar tetap stabil.

Kolesterol dan tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyebab terjangkitnya resiko terkena penyakit jantung.

Cara membuat jus mangga juga sangat mudah dan praktis, jadi tidak ada alasan untuk tidak mengkonsumsinya.

Perhatikan Hal Ini Ketika Konsumsi Jus Mangga

Selain manfaat yang telah dibahas diatas. Namun konsumsi buah mangga secara berlebihan ternyata juga tidak dianjurkan.

Buah mangga yang telah matang memiliki cita rasa yang lezat dan manis, namun mangga muda atau mangga yang masih mentah juga banyak digemari, lho. Terutama untuk bahan membuat rujak.

Meskipun sehat, namun konsumsi buah mangga yang berlebihan juga memiliki beberapa efek samping.

Efek samping terlalu banyak mengkonsumsi mangga adalah antara lain seperti naiknya gula darah serta kenaikan bobot tubuh bila dikonsumsi secara berlebihan.

Konsumsi mangga yang belum matang juga dapat menimbulkan berbagai masalah pencernaan jika dikonsumsi dengan porsi yang berlebih dan pada waktu yang kurang tepat.

Kapan Waktu yang Tepat Minum Jus Mangga?

Jus Mangga
Sumber: hellosehat.com

Setelah membahas tentang cara membuat jus mangga dan juga manfaatnya. Maka yang selanjutnya adalah waktu yang tepat untuk mengonsumsi jus mangga.

Sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsi jus mangga ini? Nah, ternyata mengonsumsi jus buah juga ada waktunya.

Agar kandungan dan vitamin yang terkandung dalam buah-buahan ini akan terserap sempurna nutrisinya dalam tubuh anda.

Mengonsumsi segelas jus buah saat sarapan dan sehabis berolahraga ringan dipagi hari sangat disarankan.

Kombinasi makanan yang sehat untuk sarapan dan juga cairan yang sehat dari jus buah ini merupakan cara yang tepat untuk mengawali hari yang baik.

Untuk anda yang sedang melakukan diet, tentu ada sedikit perbedaan cara membuat jus mangga yang mendukung program anda.

Cara membuat jus mangga untuk anda yang sedang berdiet dapat dilakukan dengan mengurangi konsumsi gula, karena gula merupakan sala satu makanan tinggi kalori yang dapat berpengaruh pada diet anda.

Mengonsumsi segelas jus mangga tanpa gula menjadi pilihan jitu untuk anda yang sedang melakukan program diet.

Itu penjelasan dari kami tentang cara membuat jus mangga sederhana dan jus mangga kekinian ala Thailand. Selamat mencoba membuat jus mangga. Jangan lupa baca artikel kami lainnya di nmtchicago.org.

Tinggalkan komentar