Cara Membuat Jus Alpukat Sederhana dan Enak [Resep Jus Alpukat]

Cara Membuat Jus Alpukat – Saat berbicara tentang jus alpukat, tentu yang terlintas dalam pikiran adalah cita rasanya yang segar dengan sedikit rasa gurih yang mendominasi.

Teksturnya yang kental dan cita rasa yang khas membuat jus buah ini memiliki banyak penggemar.  Cara membuat jus alpukat ini juga cenderung mudah dan tidak sulit.

Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan saja untuk dapat menikmati jus alpukat yang segar dan nikmat ini.

Baca: Cara Membuat Klepon dari Ubi Ungu dan Singkong.

Cara Membuat Jus Alpukat

Cara Membuat Jus Alpukat
Sumber: i0.wp.com

Jika berbicara tentang jus alpukat, mungkin anda akan terbayang dengan rasanya yang lezat dan segar. Apalagi jika ditambahkan dengan aneka topping seperti susu dan coklat.

Maka akan semakin menambah segar cita rasa jus buah yang satu ini. Nah, ternyata cara membuat jus alpukat ini juga mudah sekali. Berikut ini kami ulas tutorial singkatnya.

Bahan untuk Membuat Jus Alpukat

Pertama-tama anda harus menyiapkan beberapa bahan yang diperlukan, seperti antara lain:

  1. 2 buah alpukat yang telah matang. Jangan lupa untuk di kerok daging buahnya dan dibuang bijinya.
  2. 5 sendok makan gula pasir
  3. Air matang 2 gelas
  4. Es batu secukupnya
  5. Susu kental manis coklat secukupnya
  6. Sedikit garam

Langkah langkah  Membuat Jus Alpukat

Sama halnya seperti bahan-bahan yang sangat sederhana, cara membuat jus alpukat ini juga terbilang sederhana dan mudah tentunya. Berikut ini step by step yang bisa anda coba.

  1. Pertama-tama siapkan blender, kemudian masukkan daging buah alpukat yang telah dikerok.
  2. Setelah itu, masukkan gula, es batu, air matang dan juga sedikit garam. Blender hingga semua bahan tercampur dan merata.
  3. Siapkan sebuah gelas saji, kemudian anda dapat menghias pinggiran gelas dengan susu kental manis coklat yang sudah disiapkan tadi. Bentuk hingga gelas terlihat becorak karena susu kental manis tersebut.
  4. Yang terakhir adalah anda dapat menuangkan jus alpukat tersebut pada gelas yang telah di hiasi dengan susu kental manis coklat tersebut.
  5. Jika anda suka, anda dapat menambahkan aneka topping diatas jus buah alpukat ini. Topping yang dapat ditambahkan pun bervariasi seperti mesis, coklat ataupun bahan makanan lainnya.

Demikian tadi tutorial singkat cara membuat jus alpukat. Mudah dan praktis ya? Anda bisa langsung bereksperimen dengan jus alpukat khas Anda. Variasikan topping jus dengan beragam makanan manis seperti permen, coklat atau susu.

Jus Alpukat Anda Terasa Pahit? Ini Solusinya

Resep Jus Alpukat
Sumber: cdn-production-thumbor-vidio.akamaized.net

Jus alpukat ini memiliki cita rasa yang sangat lezat, apalagi jika ditambahkan bahan-bahan pendukung lainnya seperti gula dan susu serta aneka jenis topping.

Namun ada berbagai permasalahan yang banyak ditemui oleh sebagian orang ketika membuat jus alpukat ini.  Salah satunya adalah rasa pahit yang mendominasi ketika mengolah buah ini.

Rasa pahit yang terasa pada saat menikmati jus alpukat biasanya dikarenakan oleh berbagai hal. Salah satunya karena buah alpukat yang akan digunakan untuk membuat jus ini dalam keadaan masih muda. Sehingga  daging buah terasa keras dan ketika diolah menjadi jus akan menimbulkan rasa pahit.

Hal lain yang dapat memicu timbulnya rasa pahit saat anda mengolah buah alpukat menjadi jus antara lain adalah karena cara megeruk daging buah terlalu dalam, sehingga lapisan bagian dalam kulit yang berwarna hijau akan terbawa. Lapisan hijau inilah yang menimbulkan sensasi rasa pahit ketika buah ini diolah menjadi jus.

Meskipun cara membuat jus alpukat cukup mudah, namun tidak sedikit orang yang merasa kesulitan dan ingin mengetahui bagaimana caranya membuat jus alpukat yang nikmat tanpa rasa pahit.

Sebenarnya mudah saja, caranya adalah dengan mengeruk daging buah  tidak terlalu dalam sehingga lapisan hijau tidak ikut terbawa.

Selain itu, penambahan sedikit garam pada buah alpukat juga akan membuat jus yang anda buat menjadi terhindari dari rasa pahit.

Apa Saja Manfaat Minum Jus Alpukat?

Manfaat Jus Alpukat
Sumber: ayampresident.files.wordpress.com

Alpukat merupakan salah satu jenis buah-buahan yang banyak digemari, terutama untuk mereka yang telah menerapkan pola hidup sehat dalam kesehariannya.

Selain dibuat menjadi jus ataupun smoothies, alpukat juga sering ditambahkan sebagai dessert pada makanan ataupun menjadi bahan tambahan ketika membuat salad.

Nah, selain lezat dan mengenyangkan, ternyata meminum jus alpukat juga memiliki banyak manfaat dan sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Berikut ini kami ulas Manfaat jus alpukat yang harus anda ketahui.

1. Jus Alpukat Memiliki Kandungan Serat yang Tinggi

Manfaat meminum jus alpukat yang pertama adalah dengan tercukupinya asupan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah alpukat merupakan buah dengan kandungan serat yang sangat tinggi.

Dengan mengonsumsi jus buah ini maka secara tidak langsung akan membantu anda mencukupi kebutuhan serat harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dengan tercukupinya kebutuhan serat dalam tubuh, maka secara tidak langsung anda telah mencegah berbagai macam penyakit berbahaya yang mungkin akan timbul akibat dari kurang serat seperti diantaranya mencegah obesitas, stroke, tekanan darah tinggi dan juga diabetes.

Mengkonsumsi alpukat juga diyakini dapat mengurangi dan menurunkan kadar kolesterol jahat didalam tubuh.

2. Minum Jus Alpukat Bisa Meningkatkan Sistem Pencernaan

Seperti yang telah disebutkan diatas jika alpukat merupakan buah dengan kandungan serat yang sangat tinggi. Maka dengan mengkonsumsi jus buah alpukat ini maka akan secara tidak langsung akan membuat berbagai masam masalah pencernaan menjadi teratasi serta metabolisme tubuh pun akan menjadi lebih maksimal.

Jika anda mengalami berbagai masalah pencernaan seperti sembelit, maka anda dapat mengatasinnya dengan mengkonsumsi jus buah alpukat ini.

3. Jus Alpukat Merupakan Bahan Detoks Alami

Manfaat Jus alpukat yang lainnya juga dapat menjadi bahan detoks alami yang akan membantu tubuh untuk menetralisir racun sekaligus membuang zat-zat yang tidak berguna lainnya. Mengkonsumsi jus buah alpukat secara rutin akan membuat tubuh anda semakin fit, bugar dan juga sehat.

4. Minum Jus Alpukat Bisa Menetralisir Stress

Selain kaya akan serat, buah alpukat juga mengandung asam folat yang mana asam folat ini dapat berfungsi sebagai pencegah timbulnya kelebihan kadar homosistein dalam tubuh.

Homosistein ini merupakan salah satu zat yang dapat memicu berbagai macam masalah dalam tubuh, salah satunya adalah rentan terkena stress bagi orang dengan kadar homosistein yang tinggi didalam tubuhnya.

Dengan mengkonsumsi jus alpukat, maka anda akan mengurangi dan menetralisir stress.

5. Minum Jus Alpukat Menyehatkan Mata

Buah alpukat merupakan buah yang kaya akan antioksidan. Tidak hanya untuk menangkal dan menetralis radikal bebas.

Kandungan antioksidan dalam buah alpukat ini juga membantu meningkatkan fungsi penglihatan sekaligus mencegah berbagai masalah mata seperti katarak, glukoma, dan juga astigmatisme.

6. Minum Jus Alpukat Mengatasi Batu Ginjal

Buah alpukat merupakan makanan yang tinggi potasium. Kadar potasium dalam alpukat merupakan mineral utama yang dibutuhkan oleh ginjal yang sehat.

Kandungan potasium didalam alpukat antara lain berfungsi untuk membantu mengurangi ekskresi dalam urine sekaligus membantu menurunkan resiko pembentukan batu diginjal.

7. Jus Alpukat Bagus Untuk Otot dan Syaraf

Buah alpukat mengandung kalium yang tinggi, dimana kalium ini merupan salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Fungsi dan peran utama dari kalium ini adalah untuk mengendalikan fungsi saraf dan otot.

Kalium bersama dengan natrium membantu kerja saraf dengan mengirimkan sinyal listrik yang diperlukan untuk kerja sistem saraf.

Kandungan kalium didalam jus alpukat sanat baik untuk membantu menyeimbangkan elektrolit tubuh, membantu aktifitas otot, fungsi saraf dan juga membantu metabolisme energi.

8. Minum Jus Alpukat Bisa Mencegah Oseoporosis

Dengan mengkonsumsi setengah dari buah alpukat, maka anda telah menyediakan sekitar 25 % dari kebutuhan vitamin K yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Vitamin K ini merupakan salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama untuk kesehatan tulang.

Dengan mengkonsumsi buah alpukat, maka secara tidak langsung anda sudah memenuhi kebutuhan vitamin K yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan terpenuhinya vitamin K, maka resiko tubuh terkena osteoporosis pun  dapat diminimalisir.

Itulah tadi berberapa manfaat jus buah alpukat Selain beberapa manfaat di atas, buah alpukat ini juga sangat direkomendasikan untuk ibu hamil yang tengah mengalami gejala mual dan muntah ada pagi hari atau yang sering disebut juga dengan istilah morning sickness.

Jus buah alpukat mengandung vitamin B yang dapat membantu meredakan mual dan muntah pada masa kehamilan.

Nah, untuk anda yang mungkin mengalami gejala tersebut pada masa kehamilan. Maka mengkonsumsi jus buah alpukat sangat disarankan.

Ingin Rutin Konsumsi Buah Alpukat? Perhatikan Hal Berikut

Aturan konsumsi jus alpukat
Sumber: 4.bp.blogspot.com

Setelah mengetahui cara membuat jus alpukat serta kandungan dan manfaat dari buah alpukat, pasti anda akan mulai berfikir untuk memasukkan buah ini sebagai salah satu menu makanan harian anda.

Namun meskipun baik dan sehat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat anda mengonsumsi jus buah alpukat ini. Apa saja yang perlu diperhatikan?

1. Berapa Jumlah Buah Alpukat yang Sebaiknya Di konsumsi?

Alpukat merupakan makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Meskipun sehat, namun jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih tentu saja tidak baik. Berbicara tentang jumlah, sebenarnya berapa banyak buah alpukat yang sebaiknya dikonsumsi?  

Nah, ternyata anda hanya  direkomendasikan untuk mengonsumsi buah alpukat sebanyak 100 gram perhari atau hanya sekitar setengah bagian dari buah alpukat yang berukuran besar. Mengapa seperti itu?

Hal ini dikarenakan buah alpukat kaya akan kandungan lemak. Meskipun lemak yang terdapat dalam alpukat merupakan lemak baik, namun mengkonsumsinya tetap tidak boleh melebihi batas normal.

Dalam 100 gram buah alpukat, terdapat kandungan lemak sebesar 23,5 gram. Angka tersebut ternyata telah mencukupi kebutuhan asupan lemak harian orang dewasa hingga 30%.

Tingginya kandungan lemak dalam buah alpukat membuat buah yang satu ini disebut sebagai buah yang tinggi energi.

Oleh sebab itu, pakar kesehatan menyarankan untuk tidak mengonsumsi makanan atau minuman lain yang juga tinggi energi pada saat anda mengonsumsi jus buah alpukat ini.

2. Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengkonsumsi Buah Alpukat?

Setelah mengetahui takaran atau jumlah buah alpukat yang sebaiknya dikonsumsi sebagai asupan harian. Maka anda juga perlu mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengkonsumsi jus buah alpukat ini.

Meskipun sepele, ternyata mengetahui waktu mengkonsumsi buah yang tepat juga dapat membantu anda untuk memaksimalkan manfaat dan kandungan dari buah ini, sehingga kandungan zat gizi yang terdapat dalam tubuh pun akan diserap secara maksimal oleh tubuh.

Untuk anda yang sedang diet dan bermaksud untuk mengurangi asupan karbohidrat. Alpukat adalah buah yang tepat untuk mendampingi diet anda.

Waktu mengkonsumsi jus buah alpukat ini dapat dilakukan sekitar 2-3 jam setelah berolahraga ringan di pagi hari. Waktu yang sebaiknya dihindari untuk mengkonsumsi jus buah alpukat adalah pada waktu sebelum tidur.

Mengkonsumsi alpukat sebelum tidur dapat mengakibatkan tubuh akan menghasilkan kadar gula darah yang tinggi sehingga mengkonsumsian buah alpukat pada waktu-waktu ini sangat tidak disarankan.

Demikian tadi beberapa penjelasan singkat tentang cara membuat jus alpukat serta manfaat jus alpukat bagi tubuh anda. Untuk anda yang sedang berdiet, anda dapat mencoba cara membuat jus alpukat dengan mengurangi aneka bahan tambahan lain seperti gula maupun coklat sehingga program diet yang sedang anda lakukan tetap berjalan baik.

Baca informasi lebih banyak lagi di nmtchicago.org.

Tinggalkan komentar