Cara Memasak Daun Pepaya agar Tidak Pahit

Cara Memasak Daun Pepaya agar Tidak Pahit – Anda pernah makan dengan lauk sayur daun pepaya? Itu bagi yang belum tahu cara masaknya, sayur daun pepaya akan terasa pahit.

Banyak yang masih bingung bagaimana cara agar masakan sayur daun pepaya tidak pahit. Tanpa melalui proses khusus, mustahil jika sayur daun pepaya bisa tidak pahit.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dipakai untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya. Sebelumnya, kami juga sudah menulis artikel tentang cara merebus daun pepaya agar tidak pahit. Di artikel tersebut sudah kami jelaskan beberapa cara supaya daun pepaya tidak pahit ketika dijadikan sayur lauk.

Pada dasarnya, jika ingin menghasilkan masakan sayur daun pepaya yang tidak pahit harus melalui proses seperti merebus daun pepaya dengan asam Jawa, garam kasar, dan lain-lain.

Nah di sini kami akan mengulas tentang cara memasak daun pepaya agar tidak pahit dengan proses merebus terlebih dahulu dengan tanah liat.

Bagaimana caranya?

Cara Masak Daun Pepaya agar Tidak Pahit

Cara Memasak Daun Pepaya agar Tidak Pahit
Pixabay.com

Penggunaan tanah liat yang bertujuan untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya cukup mudah.

Daun pepaya jika direbus tanpa bahan campuran ia akan terasa pahit. Baik sebelum direbus maupun setelah direbus.

Mungkin cara untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya dengan tanah liat bisa mengurangi khasiat daun pepaya.

Ya untuk dijadikan lauk, tentunya tidak terlalu bermasalah. Karena makan akan berkurang seleranya jika dengan lauk yang pahit.

Jika ingin mendapatkan khasiat daun pepaya, maka disarankan mengkonsumsi sejenis ramuan daun pepaya supaya khasiatnya lebih maksimal.

Bebicara tanah liat, tentu kita semua sudah tahu bukan? Tanah liat sering dijadikan bahan utama pembuatan berbagai alat dapur tradisional seperti gentong air, wajan, dan masih banyak lainnya.

Untuk mendapatkan tanah liat sendiri tergolong tidak sulit-sulit amat. Karena beberapa pasar tradisional banyak yang menjualnya.

Nah, langsung ke tema pembahasan, bagaimana sih cara penggunaan tanah liat untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya?

1. Bahan yang Harus Disiapkan

  • Daun pepaya
  • Tanah liat
  • Air

2. Alat yang Harus Disiapkan

  • Kompor atau sejenisnya
  • panci untuk merebus

Langkah-langkah

Langkah pertama adalah larutkan tanah dengan air sebelum direbus. Larutkan hingga tanah dan air bercampur. Takarannya boleh 1 kg tanah untuk 2 liter air, atau menyesuaikan saja. Anda boleh bereksperimen untuk takarannya.

Setelah dilarutkan, jangan lupa untuk menyaring supaya lebih terjaga kebersihannya. Setelah selesai mencampurkan tanah dengan air. Kemudian siapkan seikat daun pepaya atau menyesuaikan.

Selanjutnya, rebus air yang sudah dilarutkan dengan tanah. Rebus sampai mendidih. Kemudian masukan daun pepaya setelah air benar-benar mendidih.

Rebus daun pepaya di dalam air tanah yang sudah mendidih selama 5 menit atau sampai daun pepaya betekstur tidak kaku.

Jika sudah 5 menit, angkat dan bersihkan dengan cara mencucinya dengan air bersih. Nah, tahap proses penghilangan rasa pahit sudah selesai.

Video Cara Menghilangkan Rasa Pahit pada Daun Pepaya

Jika anda masih ragu dan bingung, bisa coba liat di video yang kami ambil sumbernya dari akun youtube BAGUS GIRI.

Di dalam video tersebut, dijelaskan cukup jelas dan lengkap. Silahkan tonton dengan seksama. Nah, itu saja yang dapat kami sampaikan lewat artikel tentang cara memasak daun pepaya agar tidak pahit.

Artikel berkaitan dengan ini: macam macam sayuran

Tinggalkan komentar