Cara Daftar Internet Banking Mandiri [Aktivasi dan Cara Menggunakannya]

Cara Daftar Internet Banking Mandiri – Sebelumnya kami sudah menulis artikel tentang cara transfer uang lewat ATM Mandiri. Jika Anda membutuhkan informasi tersebut anda bisa membacanya dengan mengklik link yang ada. Atau jika ingin cari tahu informasi lebih banyak anda bisa mencarinya di tampilan utama web kami nmtchicago.org.

Layanan Internet Banking telah dimiliki hampir setiap lembaga perbankan di Indonesia, termasuk Bank Mandiri. Bank Mandiri merupakan salah satu lembaga keuangan perbankan yang besar di Indonesia.

Jumlah nasabahnya pun banyak, sehingga akan sangat kurang efektif jika mereka harus mengantri untuk melakukan transaksi. Ada cara praktis yang memudahkan Anda, yakni layanan internet banking.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara daftar Internet Banking Mandiri, kali ini kami akan mengulas tuntas. Langkah-langkah mulai dari aktivasi hingga cara menggunakannya bisa Anda simak dibawah ini.

Cara Daftar Internet Banking Mandiri

Cara Daftar Internet Banking Mandiri
Sumber: rocketmanajemen.com

Cara daftar Internet Banking Mandiri dapat Anda lakukan dengan dua cara. Dua cara tersebut yakni menggunakan mesin ATM Mandiri atau datang langsung ke customer service Bank Mandiri.

1. Cara Daftar Internet Banking Mandiri Menggunakan Mesin ATM

Berikut langkah-langkah melakukan registrasi Internet Banking Mandiri menggunakan mesin ATM Mandiri.

  1. Kunjungi mesin ATM Mandiri terdekat, kemudian masukkan kartu Debit Mandiri.
  2. Masukkan PIN ATM Mandiri.
  3. Pilih menu “Registrasi E-Banking”. Kemudian ikutilah instruksi yang ada pada layar monitor mesin ATM Mandiri untuk membuar Access Code.
  4. Membuat ID akses menggunakan 16 digit angka yang tercantum pada kartu debit Mandiri.
  5. Setelah selesai, datang ke Kantor Cabang Bank Mandiri untuk memperoleh token Mandiri Internet. Syarat dan ketentuan berlaku.

2. Cara Daftar Internet Banking Mandiri ke Kantor Cabang

Selain dapat melakukan pendaftaran Internet Banking menggunakan mesin ATM Mandiri, Anda juga dapat melakukannya dengan datang langsung ke kantor cabang ATM Mandiri. Berikut cara daftar Internet Banking Mandiri melalui kantor cabang Bank Mandiri.

  1. Kunjungi kantor cabang Bank Mandiri
  2. Datang ke customer service. Kemudian, mengisi formulir registrasi e-banking yang sudah disediakan.
  3. Mengambil token di kantor Bank Mandiri yang dipilih setelah mendapatkan email dan pihak Bank Mandiri berupa ID Akses.

Cara Aktivasi Token dan Internet Banking Mandiri

Cara Daftar Internet Banking Mandiri

Setelah melakukan pendaftaran Internet Banking Mandiri dan mendapatkan token Mandiri Internet. Anda perlu melakukan aktivasi Mandiri Internet terlebih dahulu. Karena Anda tidak akan bisa menggunakan Internet Banking Mandiri jika tidak diaktivasi. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Mengaktifkan token dan Mandiri Internet ke ib.bankmandiri.co.id
  2. Carilah menu “Pengguna Baru/ Registrasi Ulang”, kemudian klik “Silakan klik di sini”.
  3. Lalu akan muncul syarat dan ketentuan. Bacalah syarat dan ketentuan sebelum menggunakan Internet Banking Mandiri secara seksama.
  4. Klik “setuju” jika sudah.
  5. Memasukkan ID Akses dan kode akses yang didapatkan dari pihak Bank Mandiri mendaftarkan diri menggunakan mesin ATM Mandiri atau langsung ke kantor Cabang Bank Mandiri.
  6. Pilih “Aktifkan”
  7. Mengisi kolom isian, seperti User ID, PIN Internet Banking, dan alamat e-mail.
  8. Pilih “Kirim”.
  9. Setelah selesai, selanjutnya akan muncul konfirmasi jika aktivas Internet Banking sudah selesai.

Apa Itu Token Mandiri Internet?

Untuk dapat menggunakan layanan Internet Banking Mandiri, Anda harus memiliki token Mandiri Internet. Seperti token perbankan pada umumnya, token Mandiri Internet juga diperlukan ketika hendak melakukan transaksi menggunakan Internet Banking Mandiri.

Token Mandiri Internet digunakan sebagai alat transaksi menggunakan Internet Banking Mandiri. Untuk mendapatkannya, Anda harus datang ke kantor cabang Bank Mandiri, menemui costume service kemudian meminta token Mandiri Internet.

Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 20.000. Namun, itu hanya biaya awal saja, untuk menggunakan Internet Banking Mandiri biayanya gratis.

Apa Saja Syarat-Syarat Mendaftar Internet Banking Mandiri?

Cara Daftar Internet Banking Mandiri

Sebelum menuju penjelasan tentang cara daftar Internet Banking Mandiri, ada beberapa pesyaratan umum yang perlu Anda ketahui. Berikut syarat-syarat mendaftar Internet Banking Mandiri yang perlu Anda siapkan.

Menjadi nasabah Bank Mandiri. Jika Anda belum menjadi nasabah Bank Mandiri, Anda perlu mendaftar ke kantor unit Bank Mandiri terdekat dengan membawa kartu identitas.

Anda harus mengisi dan menandatangai Formulir Aplikasi Internet Banking dan SMS Banking yang diperoleh dari kantor cabang Bank Mandiri. Atau Anda bisa memprosesnya di alamat web Bank Mandiri (www.bankmandiri.id).

Memiliki dan menunjukkan identitas diri asli yang sah (KTP, SIM, Paspor, KIMS) dan bukti kepemilikan pemegang rekening.
Memiliki alamat email yang masih aktif. Alamat email biasanya digunakan sebagai media konfirmasi atau pemberian informasi lebih lanjut.

Cara Menggunakan Internet Banking Mandiri

Cara menggunakan internet banking Mandiri

Setelah mengetahui bagaimana cara daftar Internet Banking Mandiri, kali ini akan dijelaskan juga cara menggunakan layanan Internet Banking Mandiri.

Sebelum menggunakan Internet Banking Mandiri, Anda diwajibkan untuk melakukan aktivasi menggunakan layanan Mandiri Internet. Caranya yakni dengan memasukkan ID Access dan Access Code yang diperoleh dari pihak Bank Mandiri. Setelah itu kemudian diubah menjadi User ID dan PIN Mandiri Internet.

Setelah melakukan aktivasi, Anda sudah memiliki User ID dan PIN. User ID dan PIN tersebut dapat Anda gunakan untuk login ke situs Internet Banking Mandiri. Setelah masuk, Anda akan disediakan berbagai fitur layanan transaksi. Pilihlah jenis transaksi yang Anda inginkan.

Keuntungan Menggunakan Internet Banking Mandiri

Selain mudah digunakan, ada beberapa keuntungan lain yang Anda dapatkan jika menggunakan Internet Banking Mandiri untuk bertransaksi. Berikut adalah keuntungan menggunakan Internet BankingMandiri.

1. Keamanan yang sudah teruji

Internet juga seringkali menjadi media untuk berbuat kejahatan atau yang sering disebut cyber crime. Untuk mengatasi hal tersebut Bank Mandiri memberikan keamanan yang sudah teruji pada saat mengakses layanan Internet Banking Mandiri. Ada beberapa penawaran yang diberikan para nasabahnya untuk meningkatkan keamanan akses Mandiri Internet.

Transaksi yang dilakukan pada Internet Banking Mandiri telah dilengkapi oleh program internasional yang memiliki standarisasi SSL 3.0 dengan enkripsi 128 bit. Kecanggihan sistem ini dapat memungkinkan setiap informasi data tidak mudah diretas oleh hacker.

Setiap pengguna Internet Banking Mandiri akan diberikan User ID dan password yang unik, sehingga tidak ada kesamaan antar pengguna Internet Banking.

Adanya token membuat keamanan bertransaksi menggunakan Internet Banking Mandiri dapat ditingkatkan. Token akan Anda dapatkan ketika melakukan pendaftaran Internet Banking Mandiri melalui kantor cabang Bank Mandiri.

2. Fleksibel

Internet Banking Mandiri dapat dilakukan di manapun dan kapanpun asalkan perangkat yang digunakan tersabung dengan jaringan internet.

Internet pun saat ini juga bukan merupakan sesuatu yang asing bagi masyarakat. Bahkan, hampir setiap orang sudah memiliki kemudahan akses terhadap internet. Dengan demikian, layanan Internet Banking Mandiri memiliki fleksibilitas dalam penggunaannya.

Apa Itu Internet Banking Mandiri?

Seiring dengan perkembangan teknologi, internet sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Kemudahan dalam menemukan jaringan internet juga memudahkan penggunanya dalam menemukan berbagai informasi.

Dengan perkembangan yang demikian, lembaga perbankan mencoba untuk memanfaatkannya sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada para nasabahnya, yaitu dengan Internet Banking.

Kenapa Anda harus tahu tentang layanan Internet Banking Mandiri? Yang harus wajib tahu adalah para nasabah Bank Mandiri. Karena layanan ini akan lebih memudahkan Anda ketika melakukan transaksi perbankan.

Kemudahan Transaksi dengan Sentuhan Jari

Layanan Internet Banking Mandiri juga disebut dengan Mandiri Internet atau Mandiri Online. Sama seperti layanan Internet Banking yang dimiliki lembaga perbankan lainnya, Internet Banking Mandiri pun memanfaatkan jaringan internet.

Internet Banking Mandiri diakses lewat aplikasi browser yang ada pada perangkat seperti smartphone dan komputer yang sudah tersambung internet.

Anda dapat melakukan transaksi menggunakan Internet Banking Mandiri seperti transfer uang, pembayaran online, top up, pembukaan rekening, dan informasi seputar Bank Mandiri lainnya.

Untuk dapat menggunakan layanan Internet Banking Mandiri Anda perlu melakukan registrasi terlebih dahulu. Ada berbagai langkah yang perlu Anda pahami sebelum mendaftar ke Internet Banking Mandiri. Pada sub bahasan selanjutnya akan dijelaskan tentang cara daftar Internet Banking Mandiri secara mudah.

Demikianlah ulasan mengenai cara daftar Internet Banking Mandiri. Selamat bertransaksi menggunakan Internet Banking Mandiri melalui cara-cara yang sudah dijelaskan di atas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda dan para pembaca yang lainnya.

Tinggalkan komentar