Cara Daftar Internet Banking BRI Terbaru Tahun Ini [Up Date]

Cara Daftar Internet Banking BRI – Lembaga perbankan kini telah memberikan kemudahan kepada para nasabahnya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi, termasuk Bank BRI. Internet Banking merupakan salah satu bentuk kemudahan pelayanan yang diberikan oleh Bank BRI.

Anda tinggal mendaftar, kemudian berbagai jenis transaksi dapat Anda lakukan menggunakan layanan Internet Banking. Contohnya, internet banking BRI bisa digunakan sebagai salah satu cara cek saldo ATM BRI, transfer uang, dn lain-lain. Bagaimana cara daftar Internet Banking BRI? Untuk itu, Anda perlu menyimak ulasan berikutnya secara utuh dibawah ini.

Apa Itu Internet Banking BRI?

Cara Daftar Internet Banking BRI
Sumber: kodebank.co.id

Internet banking atau juga dapat disebut sebagai Electronik Banking (E-Banking). Ini  merupakan salah satu layanan perbankan untuk memudahkan para nasabahnya dalam melakukan transaksi dengan menggunakan jaringan internet. Kita dapat menggunakan Internet Banking di manapun dan kapanpun.

Asalkan perangkat yang kita gunakan tersambung dengan jaringan internet. Akses Internet Banking dilakukan melalui aplikasi browser yang ada pada perangkat seperti smartphone, laptop, atau komputer.

Transaksi yang dapat dilakukan menggunakan internet banking antara lain cek saldo, transfer uang, mutasi rekening, hingga sebagai alat pembayaran. Internet Banking sudah disediakan Bank BRI untuk para nasabahnya.

Tentu untuk memudahkan jalannya transaksi. Internet Banking BRI merupakan bentuk layanan perbankan online yang dapat Anda akses selama 24 jam setiap hari di manapun Anda berada. Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan Internet Banking BRI. 

Cara Daftar Internet Banking BRI

Cara Daftar Internet Banking BRI
Sumber: cdn.diedit.com

Cara daftar Internet Banking BRI cukup mudah. Mendaftarkan diri di Internet Banking BRI ada dua cara,  Anda dapat mendaftar melalui mesin ATM BRI atau datang langsung ke kantor cabang BRI. Jika Anda ingin mendaftar Internet Banking BRI, namun belum mengetahui langkah-langkahnya, simaklah penjelasan berikut ini. 

1. Daftar Internet Banking Menggunakan Mesin ATM BRI

Mesin ATM BRI sudah tersebar di setiap wilayah di Indonesia, termasuk di wilayah Anda kini tinggal. Tujuannya tidak lain untuk memudahkan para nasabahnya dalam bertransaksi. Mesin ATM BRI juga dapat digunakan untuk membuat akun Internet Banking BRI. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Datang ke mesin ATM BRI terdekat, kemudian masukkan kartu ATM BRI ke dalam slot mesin ATM.
  2. Masukkan PIN yang sesuai.
  3. Pilih menu “Lainnya”.
  4. Pilih menu “Lainnya” lagi.
  5. Pilih menu “Registrasi”
  6. Pilih menu “Internet Banking”
  7. Mesin akan meminta Anda untuk memasukkan password akun Internet Banking.
  8. Mengulangi password sebagai konfirmasi kebenarannya.
  9. Kemudian akan muncul “Registrasi Internet Banking Berhasil Dilakukan” beserta User ID Anda.
  10. Setelah selesai, mesin ATM akan mengeluarkan struk yang berisi User ID dan password akun Internet Banking BRI Anda.

Setelah daftar melalui mesin ATM BRI selesai, Anda wajib melakukan aktivasi agar akun dapat digunakan. Berikut langkah-langkah aktivasi Internet Banking BRI.

  1. Membuka alamat https://ib.bri.co.id menggunakan browser di ponsel atau PC Anda.
  2. Memasukkan User ID dan password, serta kode captca sebagai validasi.
  3. Kemudian akan masuk pada halaman syarat dan ketentuan, klik “setuju”.
  4. Anda akan diminta ubah password akun Internet Banking BRI dan memasukkan email aktif.
  5. Selesai. Anda sudah dapat menggunakan aku Internet Banking BRI Anda.

2. Mendaftar Melalui Kantor Cabang Bank BRI

Mendaftar Internet Banking dapat dilakukan di kantor cabang Bank BRI. Namun, Anda perlu menyiapkan berbagai persyaratan sebagai berikut.

  • Buku tabungan BRI beserta kartu ATM yang masih aktif
  • Kartu identitas, biasanya KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Ponsel yang berisi sim card yang sudah bekerja sama dengan Bank BRI, seperti Telkomsel, Indosat, XL, Telkom Flexy, Bakrie Telecom, dan Mobile-8.
  • Email yang masih aktif

Jika seluruh persyaratan telah terpenuhi, Anda dapat menghadap ke costumer service. Selanjutnya, melakukan pengisian formulir. Pastikan data yang diisikan benar.

Cara Menggunakan Internet Banking BRI

Cara Daftar Internet Banking BRI

 

Setelah mengetahui cara daftar Internet Banking BRI, Anda juga harus tahu bagaimana cara menggunakannya. Kalau tidak mengerti cara penggunaannya, ya percuma. Cara menggunakan Internet Banking BRi sangat mudah. Yang terpenting perangkat yang Anda gunakan sudah tersambung dengan jaringan internet.

Pertama yang harus dilakukan yakni memiliki perangkat akses Internet Banking BRI. Apa saja perangkatnya? Bisa smartphone, laptop, atau komputer. Pastikan perangkat yang digunakan sudah tersedia aplikasi browser seperti google chrome, opera, internet explore, dan lain-lain.

Kedua, bukalah aplikasi browsernya, lalu ketikkan alamat https://ib.bri.co.id jika sudah Anda akan ditampilkan dengan beranda Internet Banking BRI.

Ketiga, Anda wajib memasukkan User ID dan Password. Setelah selesai, Anda akan disediakan berbagai menu transaksi. Transaksi sudah bisa dimulai.

Apa Saja Kelebihan Menggunakan Internet Banking BRI?

Kelebihan Menggunakan Internet Banking BRI

Agar lebih meyakinkan Anda sebelum menggunakan Internet Banking, akan kami sajikan berbagai informasi tentang kelebihan menggunakan layana ini. Ada berbagai fitur menarik yang disediakan oleh Bank BRI bagi nasabahnya yang menggunakan Internet Banking. Berikut beberapa kelebihan menggunakan Internet Banking BRI yang wajib Anda ketahui.

  • Registrasi Terbilang Cukup Mudah

Jangan dikira cara daftar Internet Banking BRI sangat susah, tentu tidak. Bank BRI selalu memberikan kemudahan kepada para nasabahnya, termasuk cara membuat akun di Internet Banking

  • Tingkat Keamanan Berlapis

Meskipun menggunakan jaringan internet, Internet Banking BRI tetap dilengkapi dengan sistem keamanan yang berlapis. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan cyber crime. Website Internet Banking BRI juga user-friendly

  • Transaksi Dapat Dilakukan dengan Lebih Mudah

Berbagai transaksi dapat dilakukan menggunakan Internet Banking BRI. Yang terpenting adalah perangkat Anda telah terhubung dengan dengan jaringan internet. Berbagai jenis layanan Internet Banking antara lain informasi umum rekening, cek saldo, transfer uang, pembayaran online, dan lain-lain. Mudah bukan?

  • Penggunaan Lebih Fleksibel

Kenapa lebih flesksibel? Hal itu dikarenakan akses Internet Banking BRI menggunakan jaringan internet. Kita tahu jika di era yang semakin maju ini kehidupan manusia tidak terlepas dari jaringan internet, akses internet pun sangat mudah. Jadi Internet Banking dapat dilakukan di manapun dan kapanpun. Pelayanan ini akan sangat membantu Anda mengurus masalah uang bahkan ketika dalam kondisi sibuk sekalipun.

Itulah beberapa kelebihan jika menggunakan Internet Banking BRI. Jika sudah yakin dengan layanan Internet Banking BRI, segeralah mendaftar. 

6 Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan Jika Menggunakan Internet Banking BRI

Berbagai kelebihan tersebut disajikan untuk memudahkan para nasabah Bank BRI untuk bertransaksi. Adapun manfaat yang harus Anda ketahui sebelum menggunakan Internet Banking BRI. Berikut adalah manfaat yang akan Anda dapatkan jika menggunakan Internet Banking BRI.

  1. Kemudahan untuk mengecek saldo tabungan, deposito, dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). 
  2. Melakukan mutasi rekening.
  3. Transfer uang antar rekening BRI atau jenis rekening bank lain.
  4. Pembayaran tagihan, seperti telepon, kartu kredit, atau listirk.
  5. Melakukan pembelian pulsa dan uang eletronik
  6. Komunikasi dengan Costumer Service BRI lewat inbox Internet Banking.

Setiap kali kita melakukan transaksi menggunakan Internet Banking nantinya akan dikirimi SMS mToken. Pengiriman SMS ini akan dikenakan biaya administrasi melalui pemotongan pulsa ponsel.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Daftar Internet Banking BRI

Meskipun Internet Banking  memberikan berbagai kemudahan kepada para nasabahnya, bukan berarti ancaman kejahatan tidak dapat menimpa mereka. Jika Anda nasabah Bank BRI dan sedang menggunakan layanan Internet Banking, perhatikan hal-hal berikut ini.

  • Kenali Modus Phising

Phising merupakan usaha untuk mendapatkan berbagai informasi rekening tabungan seorang nasabah. Informasi yang didapatkan bersifat penting seperti User ID, password, PIN, informasi rekening tabungan bank, dan informasi kartu kredit.Tujuannya tidak lain adalah untuk memperoleh keuntungan. 

Biasanya pelaku phising membuat link palsu untuk memancing korban memasukkan berbagai informasi rahasia rekening tabungan mereka. Untuk lebih meyakinkan korban, mereka dapat menggunakan logo atau merek dagang lembaga resmi. Anda dapat mengatasi tindakan kejahatan demikian dengan tidak meng-klik link tidak dikenal yang muncul pada halaman Internet Banking Anda. 

  • Menjaga Kerahasiaan Data

Menjaga kerahasiaan data sangatlah penting untuk Anda lakukan. Jangan sekali-kali memasukkan informasi penting rekening tabungan Anda pada link yang tidak dikenal. Ingatlah, jika bank tidak pernah meminta petugasnya untuk meminta informasi data nasabah tanpa datang ke kantor cabang secara langsung.

  • Memanggil Call Center Jika Terjadi Kendala

Jika Anda mengalami kendala pada saat melakukan transaksi menggunakan Internet Banking, langsung saja hubungi pihak bank. Jangan meminta bantuan orang yang tidak dikenal. Beberapa kasus biasanya tentang penipuan transaksi melalaui Internet Banking. Jika hal ini terjadi, segera informasikan ke pihak bank. 

  • Memastikan Transaksi dengan Web Terkunci dengan Aman

Hal ini dapat dipastikan dengan mengecek pada tampilan web, yakni terdapat logo gembok yang terkunci. Dengan demikian, segala informasi pribadi dan password aman dari gangguan cyber crime.

Demikianlah pembahasan tentang cara daftar Internet Banking BRI secara mudah. Setelah menggunakan Internet Banking BRI, jangan lupa untuk memperhatikan 4 hal yang sudah dijelaskan di atas. Selamat bertransaksi dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda untuk menikmati layanan perbankan dengan mudah dan tentunya aman. Baca artikel menarik lainnya di nmtchicago.org.

Tinggalkan komentar