Cara Cek Saldo ATM BRI Terbaru Tahun Ini [Up Date]

Hallo! Jumpa di nmtchicago.org. Btw bagaimana sih kita dapat mengetahui keluar-masuk uang di dalam rekening tabungan BRI sendiri? Hm, caranya adalah dengan mengecek jumlah saldo di dalamnya. Kini cara cek saldo ATM BRI pun cukup mudah.

Kita dapat mengetahui berapa sisa saldo sementara di dalam rekening tabungan. Informasi uang yang masuk atau keluar juga bisa diketahui melalui sisa saldo. Dan, jika anda lupa nomor rekening BRI, anda bisa mengetahuinya juga saat mengecek saldo ATM BRI anda. Atau bisa juga dengan cara cek nomor rekening BRI yang lainnya.

Pejelasan Singkat tentang Saldo ATM BRI

Cara Cek Saldo ATM BRI
Sumber: i.ytimg.com

Apa itu saldo ATM BRI? Jika kita ingin menjadi nasabah Bank BRI, salah satu syaratnya adalah dengan registrasi. Kemudian teller bank akan memberikan buku tabungan dan kartu ATM. Nah, pada saat melakukan registrasi kita akan diminta untuk menyetorkan sejumlah uang. Uang tersebut akan dimasukkan ke dalam tabungan dan menjadi saldo awal.

Saldo secara gampangnya bisa diartikan sebagai jumlah uang yang ada pada rekening tabungan. Saldo juga bisa diartikan sebagai selisih antara jumlah uang masuk dan uang keluar. Jadi, kita juga bisa mengetahui lalu lintas uang di rekening kita dengan mengecek jumlah saldo sementara.

Inilah Cara Cek Saldo ATM BRI Termudah

Cara Cek Saldo ATM BRI Termudah
Sumber: datinnufus.files.wordpress.com

Bagi para nasabah Bank BRI, tentu sangat penting untuk mengetahui cara cek saldo ATM BRI. Jika tidak, Anda tidak akan tahu jumlah uang sementara yang berada di rekening BRI Anda. Padahal mengetahui jumlah saldo di rekening tabungan sangatlah penting. 

Mengetahui jumlah saldo yang ada pada rekening tabungan. Akan memudahkan anda dalam memutuskan kapan harus mengisi saldo atau mengambil uang. Anda juga akan tahu apakah rekening tabungan Anda masih memungkinkan untuk digunakan transfer uang atau tidak.

Bisa jadi jumlah saldo pada rekening tabungan Anda tidak mencukupi untuk biaya administrasi Bank BRI. Sehingga sistem akan secara otomatis memblokir rekening Anda. Berikut merupakan penjelasan cara cek saldo ATM BRI yang mudah.

1. Cara Cek Saldo ATM BRI di Mesin ATM

Cek saldo menggunakan mesin ATM BRI akan lebih memudahkan Anda. Mengapa? Karena dengan menggunakan mesin ATM Anda dapat melakukan pengecekan saldo ATM BRI secara lebih fleksibel dan cepat. Bank BRI sudah meletakkan kurang lebih 15.000 mesin ATM di seluruh wilayah di Indonesia, hingga ke daerah pelosok sekalipun. Tujuannya tidak lain adalah memudahkan pelayanan kepada para nasabah Bank BRI.

Bagaimana cara cek saldo ATM BRI menggunakan mesin ATM BRI? Sebetulnya sangat mudah melakukan pengecekan saldo menggunakan mesin ATM BRI. Syaratnya, Anda harus memiliki kartu ATM BRI. Namun, bagi yang belum familiar dengan alat ini akan sedikit bingung. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Mencari mesin ATM BRI terdekat.
  2. Memasukkan kartu ATM BRI ke slot mesin ATM. Kemudian memilih bahasa pengantar, selanjutnya memasukkan PIN ATM. Lalu, akan muncul berbagai pilihan menu.
  3. Pilih menu “Transaksi Lainnya”.
  4. Pilih menu “Cek Saldo”.

Mudah bukan? Jika, kondisi Anda tidak memungkinkan untuk melakukan cara pertama ini, maka Anda dapat menggunakan cara-cara lain selanjutnya.

2. Cara Cek Saldo ATM BRI Lewat Internet Banking

Internet banking merupakan layanan perbankan untuk melakukan transaksi dengan memanfaatkan jaringan internet. Anda dapat membuka Internet banking Bank BRI menggunakan aplikasi browser pada gadget, laptop, atau komputer Anda. Beberapa fitur layanan internet banking antara lain informasi umum rekening tabungan atau giro, rekening deposito, mutasi rekening, transfer uang, dan berbagai layanan lainnya. Termasuk juga memudahkan Anda untuk mengecek saldo rekening tabungan.

Cara cek saldo ATM BRI melalui internet banking yakni dengan memiliki akun terlebih dahulu. Cara registrasi internet banking dapat dilakukan melalui mesin ATM BRI atau datang langsung ke unit Bank BRI terdekat. Jika sudah memiliki akun internet banking BRI anda dapat mengetik alamat internet banking BRI pada browser di ib.bri.co.id. 

3. Cara Cek Saldo ATM BRI Lewat Mobile Banking (m-banking) BRI

Mobile banking (m-banking) BRI merupakan salah satu layanan Bank BRI yang memanfaatkan jaringan internet, selain internet banking. Namun, keduanya memiliki perbedaan. Ketika ingin menggunakan internet banking, kita harus membuka aplikasi browser pada smartphone, laptop, atau komputer. Sedangkan mobile banking berbentuk aplikasi, sehingga nasabah Bank BRI dapat men-downloadnya melalui google play store di android. Aplikasinya bernama BRI Mobile.

BRI Mobile juga dapat digunakan untuk mengecek saldo rekening tabungan BRI Anda. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Membuka aplikasi BRI Mobile Anda.
  2. Membuat akun BRI Mobile dengan cara melakukan registrasi
  3. Masuk ke halaman info
  4. Pilih informasi saldo

4. Cara Cek Saldo ATM BRI Lewat SMS Banking

SMS banking adalah salah satu layanan perbankan untuk memudahkan transaksi, salah satunya pengecekan saldo. Ada beberapa kelebihan bertransaksi menggunakan layanan SMS banking, salah satunya fleksibilitas. Anda dapat menggunakan layanan tersebut di mana pun dan kapan pun, asalkan Anda memiliki saldo pulsa.

SMS banking BRI bisa digunakan untuk mengecek jumlah saldo yang ada di rekening tabungan BRI. Tidak sulit menggunakan SMS banking untuk mengecek saldo rekening tabungan. Caranya yakni dengan mengetikkan format SMS: SALDO (spasi) PIN ATM, kemudian langsung kirimkan ke 3300. Tidak lama kemudian Anda akan menerima pesan balasan. Pesan tersebut berisi informasi jumlah saldo pada rekening tabungan BRI Anda. 

Setiap kali Anda melakukan pengecekan saldo melalui SMS banking, Anda akan dikenakan biaya Rp 500 per SMS. Untuk menggunakan layanan SMS banking, nomer ponsel Anda harus sudah terdaftar terlebih dahulu agar dapat digunakan untuk mengakses akun tabungan Anda.

5. Cara Cek Saldo ATM BRI di Kantor Bank

Cara cek saldo rekening tabungan melalui kantor bank merupakan cara terakhir setelah beberapa cara sebelumnya belum berhasil Anda gunakan. Anda cukup dapat ke kantor Bank BRI terdekat, dan menyampaikan maksud ke bagian teller atau customer service. Jika bingung, Anda dapat bertanya kepada satpam yang berjaga di dalam kantor. 

Ada beberapa syarat yang perlu anda siapkan dan bawa seperti buku tabungan dan kartu identitas. Anda mungkin tidak akan terlalu nyaman jika harus antri lama hanya untuk cek saldo. Cara ini mungkin bisa anda pilih ketika cara lainnya benar – benar tidak bisa digunakan.

Jenis Tabungan di BRI yang Wajib Anda Ketahui

Jenis jenis Tabungan BRI
Sumber: cdn.moneysmart.id

Bank BRI memiliki beberapa layanan tabungan, yakni sekitar 11 jenis tabungan antara lain: Simpedes, Simpedes TKI, Britama, Britama Bisnis, Britama X, Britama Rencana, Britama Valas, Tabungan Haji, Tabungan BRI Junio, BRI Simpel, dan BRI TabunganKu. Berbagai jenis tabungan tersebut memiliki keunggulan, fitur, dan persyaratan yang berbeda, termasuk jumlah saldo minimal. 

Jumlah saldo yang ada di rekening BRI akan dipotong setiap bulannya. Jumlah potongan yang diberikan akan disesuaikan dengan jenis tabungan yang digunakan, sehingga antar jenis tabungan berbeda jumlahnya. Cara cek saldo ATM BRI akan disajikan pada pembahasan berikutnya.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Cek Saldo

Cara Cek Saldo ATM BRI Termudah
Sumber: image.cermati.com

Ada berbagai macam cara yang digunakan untuk mengecek saldo ATM BRI. Berbagai cara tersebut memiliki kelebihan masing-masing. Artinya, penggunaan cara-cara yang telah dijelaskan di atas tidak dilakukan pada kondisi yang sama. Simak penjelasan berikut agar lebih paham.

  • Mengecek saldo menggunakan mesin ATM jika sedang menggunakan mesin ATM

Lebih efisien ketika Anda sedang melakukan transaksi menggunakan mesin ATM tunggulah hingga mesin memberikan informasi sisa saldo sementara di rekening tabungan Anda. Ini tidak akan membuang waktu Anda.

  • Menggunakan SMS Banking, Internet Banking atau Mobile Banking jika sedang dalam jadwal padat

Ketiga layanan tersebut memiliki kelebihan dalam hal kecepatan akses, namun juga memiliki perbedaan. SMS Banking menggunakan pulsa sedangkan internet banking dan mobile banking menggunakan jaringan internet. Jadi, ketika Anda tidak memiliki pulsa namun tersambung dengan jaringan internet, gunakanlah internet banking atau mobile banking. Begitupun sebaliknya.

  • Datang ke unit kantor Bank BRI terdekat jika cara-cara yang dijelaskan tidak memungkinkan untuk Anda lakukan

Segala kemungkinan bisa saja terjadi, sehingga Anda tidak dapat mengecek saldo rekening tabungan BRI menggunakan mesin ATM BRI, SMS Banking, Internet Banking, atau Mobile Banking.

Bisa jadi Anda sedang tidak dekat dengan mesin ATM BRI, ponsel anda tidak terisi pulsa dan tidak tersambung dengan jaringan internet, sehingga ketiga layanan tersebut tidak dapat anda gunakan. Cara terakhir adalah dengan mendatangi unit kantor Bank BRI yang dekat dengan posisi Anda.

Begitulah penjelasan tentang cara cek saldo ATM BRI secara mudah. Gunakanlah cara yang dapat Anda lakukan dari beberapa cara yang sudah dijelaskan sebelumnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda untuk mendapatkan kemudahan bertransaksi dengan fasilitas perbankan.

Tinggalkan komentar