Cara Cek Nomor Rekening BRI Terbaru Tahun Ini [Up Date]

Cara Cek Nomor Rekening BRI versi nmtchicago.org. Ketika melakukan pembukaan rekening di Bank BRI, teller bank akan memberikan buku tabungan dan kartu ATM. Di dalamnya biasanya disertakan informasi nomor rekening.

Meskipun begitu, tentu kita tidak selalu siap sedia membuka buku rekening ketika membutuhkan informasi nomor rekening bukan? Untuk itu, sangat penting bagi kita mengetahui  cara cek nomor rekening BRI.

Anda bisa juga membaca topik yang terkait yaitu cara transfer uang lewat ATM BRI.

Cara Cek Nomor Rekening BRI Terbaru

Cara Cek Nomor Rekening BRI
Sumber: cdn.moneysmart.id

Jika Anda termasuk nasabah Bank BRI, cara cek nomor rekening BRI wajib Anda ketahui. Mengapa demikian? Hal ini terkait dengan fungsi-fungsi nomor rekening BRI itu sendiri. Ulasan lengkapnya tentu sudah Anda fahami diatas bukan?

Pada sebuah rekening tabungan BRI, nomor rekening adalah sesuatu yang sangat penting. Nomer rekening BRI dibutuhkan dalam setiap transaksi yang menggunakan fasilitas dari Bank BRI. Nomor rekening ini akan diperoleh ketika Anda telah terdaftar sebagai nasabah Bank BRI.

Lalu bagaimana jika Anda lupa dengan nomor rekening BRI Anda? Ada beberapa cara yang dapat kita gunakan untuk mengecek ulang nomor rekening BRI.

Pada sub pembahasan berikutnya, akan dijelaskan mengenai cara cek nomor rekening BRI. Untuk itu, jangan selesaikan membaca artikel ini sebelum Anda menemukan jawabannya.

Berbagai Pilihan Cara Cek Nomor Rekening BRI Terbaru

Cara Cek Nomor Rekening BRI
Sumber: bogabagi.com

Setidaknya, ada banyak cara yang bisa anda pilih jika ingin mengetahui nomor rekening bank. Mulai dari cara yang paling manual yakni membuka buku rekening bank hingga cara praktis mengecek melalui fasilitas mobile banking. Berikut ini cara cek nomor rekening BRI dapat Anda pilih atau sesuaikan dengan kondisi.

1) cek melalui buku tabungan

2) cek melalui struk transfer

3) cek melalui mesin ATM

4) cek melalui internet banking

5) cek melalui mobile banking

6) menanyakan lewat call center

7) cek melalui kantor cabang terdekat

Sudah mengetahui lewat mana saja Anda bisa mengecek nomor rekening namun belum mengetahui caranya? Tenang, berikut ini kami ulas lengkap beserta cara yang bisa Anda coba.

1. Cek Melalui Buku Tabungan

Cara cek nomor rekening BRI yang paling mudah adalah dengan membuka buku tabungan BRI Anda. Buku tabungan BRI menyimpan informasi lain selain berisi catatan saldo, uang yang terdebit dan terkredit, yakni nomor rekening.

Nomor rekening biasanya terletak di balik cover buku tabungan BRI Anda. Namun, membawa buku tabungan biasanya bukan menjadi kebiasaan bagi sebagian banyak orang. Mereka lebih baik menyimpannya di rumah.

Lalu bagaimana jika tidak membawa buku tabungan BRI atau buku tabungan Anda hilang? Tenang, Anda masih dapat menggunakan cara-cara selanjutnya.

2. Cek Melalui Struk Transfer

Kami sarankan agar Anda tidak membuang bukti transfer ketika sudah selesai melakukannya. Selain digunakan sebagai bukti jika Anda sudah melakukan transfer, struk transfer juga berisi beberapa informasi, termasuk nomor rekening BRI Anda.

Informasi nomor rekening yang tercantum pada struk transfer akan membantu Anda ketika anda lupa nomor rekening BRI Anda.

3. Cek Melalui Mesin ATM BRI

Tidak hanya digunakan sebagai alat transaksi, ternyata mesin ATM juga dapat digunakan untuk mengecek nomor rekening, termasuk mesin ATM BRI.

Cara ceknya yakni dengan mencari menu “Mutasi Rekening”. Kemudian, akan muncul nomor rekening tabungan Anda dan juga histori keuangan terakhir.

Kendalanya saat menggunakan mesin ATM adalah ketika mesin mengalami error atau bahkan mati listrik yang menyebabkan mesin tidak dapat digunakan.

4. Cek Melalui Internet Banking

Saat ini, hampir setiap orang terkoneksi dengan jaringan internet. Lembaga perbankan, termasuk BRI pun memanfaatkan jaringan internet untuk mempermudah pelayanan nasabah secara online. Anda juga dapat mengecek nomor rekening BRI menggunakan layanan internet banking Bank BRI.

Caranya, Anda harus mendaftar terlebih dahulu untuk mendapatkan akun di internet banking BRI. Anda dapat mendaftar melalui mesin ATM BRI terdekat atau dapat ke kantor cabang Bank BRI.

Apabila sudah memiliki akun internet banking BRI anda dapat mengetik alamat internet banking BRI pada browser di ib.bri.co.id. Anda dapat menemukan nomer rekeningnya pada menu informasi rekening.

5. Cek Melalui Mobile Banking

Internet banking BRI berbeda dengan mobile banking (m-banking) BRI, meskipun sama-sama memanfaatkan jaringan internet. Perbedaannya yakni m-banking berwujud aplikasi yang dapat didownload di Google Play Store bagi pengguna android.

Jadi, dengan menggunakan m-banking Anda tidak perlu repot-repot membuka browser, mencari mesin ATM, atau pergi ke kantor Bank BRI. Cukup dengan duduk santai, Anda sudah dapat mengecek nomor rekening BRI Anda.

Setelah mengunduh aplikasinya, Anda harus registrasi terlebih dahulu. Anda dapat menemukan informasi nomor rekening pada menu “Informasi Akun”.

6. Menanyakan Lewat Call Center

Hampir seluruh lembaga perbankan di Indonesia menyediakan layanan call center untuk mempermudah nasabah mendapat informasi secara cepat melalui sambungan telepon.

Jika Anda mendapatkan kendala ketika melakukan transaksi, Anda bisa menghubungi nomor call center yang sudah tersedia di masing-masing bank, termasuk ketika Anda lupa dengan nomor rekening.

Tentu, layanan call center juga dipunyai oleh Bank BRI. Jika lupa dengan nomor rekening tabungan BRI Anda, coba hubungi call center Bank BRI melalui call BRI (14017/ 1500017). Anda dapat menghubungi nomor call center kapan saja dan di mana saja ketika mengalami kendala.

7. Cek Melalui Kantor Cabang Terdekat

Cara cek nomor rekening BRI melalui kantor cabang terdekat mungkin menjadi solusi terakhir bagi Anda jika beberapa cara sebelumnya benar-benar belum mendapatkan hasil yang sesuai.

Bisa jadi Anda lupa meletakkan buku tabungan atau sedang berada di luar rumah atau kantor dan tidak membawa ponsel. Segala kemungkinan bisa terjadi.

Pada saat menanyakan informasi nomor rekening, biasanya Anda akan dimintai Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk memperlancar proses validasi data.

Tahukah Anda, Apa Fungsi Nomor Rekening BRI?

Cara Cek Nomor Rekening BRI
Sumber: i.ytimg.com

Nomor rekening BRI akan Anda dapatkan jika telah menjadi nasabah Bank BRI. Cara menjadi nasabah yaitu dengan menabung di Bank BRI.

Lalu, sekiranya apa saja fungsinya nomor rekening bank? Berikut akan dijelaskan beberapa fungsi nomor rekening yang wajib anda ketahui.

1. Memudahkan Saat Kirim Uang atau Menerima Uang

Bank BRI sudah menyediakan pelayanan berkirim atau menerima uang melalui teller bank dan mesin-mesin ATM BRI yang berada di berbagai wilayah.

Untuk dapat berkirim/ menerima uang tersebut para nasabah Bank BRI akan diberikan nomor rekening pada saat pembukaan rekening tabungan. Melalui nomer rekening tersebut Anda dapat melakukan pengiriman atau menerima uang melalui Bank BRI.

2. Digunakan Sebagai Alat Belanja

Perkembangan teknologi telah merambah ke berbagai sektor, termasuk jual-beli. Membeli barang di pertokoan, mall, atau supermarket dapat dilakukan tanpa membawa uang.

Bagaimana caranya? Cukup membawa kartu ATM BRI, anda sudah dapat melakukan pembayaran di toko-toko yang tersedia mesin EDC (Electronic Data Capture).

Mesin EDC digunakan sebagai alat transaksi dan alat pembayaran dengan menggunakan kartu ATM. Nah, untuk melakukan pembayaran tersebut, biasanya kasir akan meminta nomer rekening Anda.

3. Mengecek Keluar Masuk Uang Pada Tabungan BRI

Bank BRI telah menyediakan aplikasi BRI Mobile untuk mempermudah para nasabahnya dalam melakukan transaksi, termasuk mengetahui laju perpindahan uang di tabungan BRI Anda. Untuk dapat menggunakan fasilitas ini, tentu Anda harus memiliki nomer rekening BRI terlebih dahulu.

Kesimpulan

Penjelasan di atas telah menerangkan berbagai cara yang dapat kita gunakan untuk menemukan nomer rekening BRI pribadi. Anda cukup memilih salah satu cara yang menurut Anda paling mudah untuk dilakukan.

Jika satu cara tidak dapat dilakukan, maka cobalah dengan cara-cara lain yang sudah dijelaskan pada penjelasan di atas.

Jika Anda suka bermain android, Anda dapat menggunakan m-banking ata internet banking untuk menemukan nomor rekening BRI Anda.

Jika sedang berada di luar rumah dan kebetulan tidak membawa ponsel, Anda dapat mencari nomor rekening menggunakan mesin ATM BRI terdekat. Intinya, sesuikan saja dengan kondisi Anda agar lebih mudah.

Demikian penjelasan tentang beberapa cara cek nomor rekening BRI terbaru 2019 versi nmtchicago.org. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat sebaik-baiknya bagi para pembaca.

Tinggalkan komentar