Cara Cek Nomor Rekening BNI Terbaru [Cepat dan Mudah]

Cara Cek Nomor Rekening BNI – Bank BNI adalah lembaga perbankan tertua di Indonesia dan merupakan salah satu bank terbesar. Untuk menjadi nasabah Bank BNI, Anda perlu melakukan registrasi dengan menabung di Bank BNI.

Kemudian, teller bank akan memberikan buku tabungan dan kartu ATM BNI. Di dalamnya juga dituliskan nomor rekening tabungan yang dapat Anda gunakan untuk melakukan transaksi finansial.

Bagaimana jika Anda lupa dengan nomor rekening BNI Anda? Biasanya nomer rekening dipakai untuk melakukan transaksi finansial seperti transfer uang.

Seseorang akan dengan mudah mengirimkan uang ke rekening tabungan Anda jika mengetahui nomor rekening Anda. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara cek nomor rekening BNI berikut ini.

Baca juga cara transfer uang lewat ATM BNI.

Bagaimana Cara Cek Nomor Rekening BNI?

Cara cek nomor rekening bni
Sumber: 4.bp.blogspot.com

Memiliki rekening tabungan sudah seperti menjadi kebutuhan sebagian besar orang. Pasalnya, dengan menggunakan rekening tabungan dapat menyimpan uang dengan aman. Sehingga orang-orang tidak perlu khawatir apabila uang mereka hilang.

Keperluan rekening tabungan juga sudah digunakan sebagai media bisnis. Tak hanya di dalam suatu wilayah, juga di luar wilayah tertentu. Hal ini karena dengan menggunakan rekening kebiatan jual beli dapat dilakukan dengan mudah, baik dalam pembayaran maupun penerimaan uang. Dapat kita bayangkan jika transaksi jarak jauh dilakukan secara manual. Tentu akan begitu merepotkan.

Di dalam rekening tabungan terdapat satu unsur penting, yaitu nomor rekening. Entah Anda lupa maupun kehilangan catatan penting mengenai no rekening, Anda mesti segera memprosesnya. Lalu bagaimana mengetahui no rekening bank? Haruskah Anda mendatangai bank langsung? 

Kini Anda tidak perlu khawatir. Ada banyak cara cek nomor rekening bank. Pada pembahasan berikutnya akan dijelaskan secara lengkap langkah demi langkahnya. Anda dapat memilih untuk menggunakan cara yang sesuai dengan keadaan Anda. 

Apa Saja Fungsi Nomor Rekening BNI?

Cara Cek Nomor Rekening BNI
Sumber: blog.xendit.co

Setiap kali Anda mendaftarkan diri menjadi nasabah Bank BNI, Anda akan diberikan buku tabungan yang di dalamnya juga terdapat nomor rekening BNI.

Untuk kegiatan transaksi pun Anda juga perlu menggunakan nomor rekening. Apa sebenarnya fungsi dari nomor rekening tersebut? Berikut akan dijelaskan tentang fungsi nomor rekening BNI dalam kegiatan transaksi.

  • Sarana transaksi finansial

Transaksi finansial memiliki beberapa jenis transaksi, salah satunya yaitu transfer uang. Nah, jika ingin melakukan transfer uang Anda perlu mencantumkan nomor rekening bank tujuan dan dicantumkan pula kode bank jika dengan tujuan bank yang berbeda. Sebaliknya, jika Anda ingin menerima transfer uang, sang pengirim uang juga memerlukan nomor rekening Anda.

  • Persyaratan untuk mendapatkan layanan Bank BNI lainnya

BNI memiliki fitur layanan lainnya seperti Internet Banking BNI dan Mobile Banking BNI. Persyaratan untuk mendapatkan layanan tersebut yaitu Anda harus memiliki rekening tabungan BNI yang masih aktif.

Jika Anda mendaftar Internet Banking BNI menggunakan mesin ATM BNI, anda akan diwajibkan untuk mengisi nomor rekening Anda. Nah, di sini nomor rekening memiliki kedudukan yang sangat penting bukan?

Cara Cek Nomor Rekening BNI Terbaru

Cara Cek Nomor Rekening BNI

Akan sangat menyusahkan jika kita lupa dengan nomor rekening, padahal dibutuhkan pada saat itu juga. Untuk mengatasi kejadian yang demikian, pedoman cara cek nomor rekening BNI berikut dapat Anda terapkan. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan antara lain: 

1) cek pada buku tabungan

2) cek melalui struk transfer

3) cek melalui kantor cabang terdekat

4) cek melalui mesin ATM

5) cek melalui internet banking

6) cek melalui mobile banking

7) menanyakan lewat call center

Jika Anda masih belum mengetahui cara lengkap mengetahui no rekening melalui tujuh cara diatas, simak ulasannya berikut ini.

  • Cara Cek Nomor Rekening BNI Melalui Buku Tabungan

Cara cek nomor rekening bank yang paling mudah yaitu melalui buku tabungan. Anda dapat membuka buku tabungan kembali untuk memperoleh informasi nomor rekening BNI Anda. Buku tabungan BNI mencantumkan nomor rekening tabungan. 

Di mana letak nomor rekeningnya? Tidak perlu bingung, nomor rekening BNI biasanya dituliskan pada bagian informasu pribadi seperti nama, alamat, dan kantor cabang. Nomor rekening BNI umumnya berjumlah 20 digit angka. 

Lalu bagaimana jika tidak membawa buku tabungan BNI atau buku tabungan Anda hilang, padahal anda sangat membutuhkannya? Tidak perlu khawatir. Masih ada beberapa cara lain yang dapat Anda gunakan untuk melakukan cek nomor rekening BNI. 

  • Cara Cek Nomor Rekening BNI Melalui Mesin ATM

Selain dapat melihat nomor rekening BNI melalui buku tabungan BNI, cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan melihatnya pada mesin ATM. Pastinya, hal yang harus dilakukan adalah dengan mendatangi mesin ATM terdekat. Jangan lupa untuk membawa kartu ATM BNI Anda. Kemudian lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Masukkan kartu ATM BNI ke slot mesin ATM. Lakukan langkah-langkah awal seperti biasanya antara lain memasukkan PIN ATM yang betul, memilih bahasa pengantar, dan seterusnya.
  2. Kemudian layar monitor akan menampilkan beberapa menu seperti nominal penarikan tunai, mutasi rekening, perakan jumlah lain, dan menu lain.
  3. Lalu, pilihlah menu “Mutasi Rekening”, maka akan muncul keterangan “Tampilkan pada Layar” dengan diikuti tanda panah ke samping. Tekan beberapa kali hingga muncul menu baru: Rekening Giro dan Rekening Tabungan.
  4. Pada menu “Mutasi Rekening” akan berisi tiga rekaman transaksi keuangan yang terakhir kali Anda lakukan. Pada rekaman ini Anda dapat melihat nomor rekening BNI Anda.
  5. Catatlah nomor rekening BNI Anda dengan betul, kemudian simpan dengan baik.
  • Cara Cek Nomor Rekening BNI Melalui Struk Transfer

Struk transfer akan Anda peroleh ketika melakukan transfer uang melalui mesin ATM BNI. Jadi, pada saat selesai melakukan transfer uang, struk bukti transfer jangan segera dibuang. Biasanya, pada struk juga tercantum nomor rekening  pengirim, nomor rekening tujuan, dan jumlah transfer. Nomor rekening Anda termasuk dalam nomor rekening pengirim.

  • Cara Cek Nomor Rekening BNI Melalui Internet Banking

Jaringan internet sudah menjadi salah satu bagian dari kehidupan manusia di era yang semakin modern. Tak ketinggalan, lembaga perbankan yang memanfaatkan jaringan internet untuk mempermudah para nasabahnya untuk melakukan transaksi, termasuk Bank BNI. Internet Banking BNI merupakan salah satu fitur layanan Bank BNI untuk bertransaksi yang memanfaatkan jaringan internet. 

Salah satu kegunaan Internet Banking BNI juga untuk mengecek nomor rekening. Syarat cara cek nomor rekening BNI melalui Internet Banking BNI adalah dengan melakukan registrasi dan aktivasi untuk mendapatkan akun Internet Banking BNI.

Jika sudah memiliki akun Internet Banking BNI, Anda dapat login menggunakan User ID dan password yang didapatkan. Kemudian pada halaman awal akan ditampilkan informasi pribadi pemilik rekening, termasuk nomor rekening BNI Anda.

  • Cara Cek Nomor Rekening BNI Melalui Kantor Cabang Terdekat

Cara cek nomor rekening BNI dengan datang ke kantor cabang Bank BNI bisa jadi adalah cara terakhir. Terlebih jika beberapa cara sebelumnya tidak memungkinkan untuk dilakukan. Bisa saja Anda sedang pada posisi tidak membawa buku tabungan.

Mungkin ketika Anda tidak sedang dekat dengan mesin ATM atau mesin ATM di dekat Anda mati. Dan kemungkinan terakhir misalnya saja Anda tidak mempunyai jaringan internet untuk mengakses Internet Banking dan Mobile Banking.

Kesimpulan

Nomor rekening merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk melakukan sebuah transaksi. Kelupaan nomor rekening akan menjadi masalah yang cukup merepotkan jika tidak segera diatasi dengan cepat. Apalagi untuk transaksi finansial, nomor rekening akan selalu digunakan.

Beberapa cara di atas dapat digunakan sebagai referensi untuk menemukan nomor rekening BNI Anda. Segala kejadian mungkin saja terjadi sehingga Anda tidak dapat menemukan nomor rekening BNI Anda melalui cara-cara tersebut.

Pada akhirnya, Anda harus datang dan menemui customer service di Kantor Bank BNI. Yang jelas, gunakan cara-cara yang memungkinkan terlebih dahulu sebelum akhirnya sampai pada kunjungan ke kantor cabang Bank BNI.

Sekian penjelasan yang dapat kami sampaikan tentang  cara cek nomor rekening BNI. Tetap jaga keamanan Anda dalam melakukan berbagai proses transaksi. Terima kasih atas kunjungannya, temukan informasi bermanfaat lainnya di nmtchicago.org.

Tinggalkan komentar