Bahasa Arabnya Selamat Ulang Tahun

Pasti diantara kalian ada yang beranggapan bahwa bahasa Arabnya selamat ulang tahun adalah Barakallah fii umrik. Ya, kan?

Sebenarnya kalimat براك الله في عمرك / Barakallah fii umrik adalah sebuah doa yang memiliki arti yaitu “semoga Allah SWT memberkahi umurmu”.

Kalimat tersebut memang bukanlah sesuatu hal yang salah untuk diucapkan kepada seseorang yang sedang ulang tahun.

Bahasa Arab memang berbeda dengan bahasa-bahasa lainnya yang ada di dunia. Untuk bisa menguasai bahasa ini memang diharuskan memiliki keahlian khusus. Misalnya saja jika kita ingin mahir berbahasa Arab maka kita harus rajin belajar agar bisa menguasai bahasa ini. Sebagai contoh kita bisa memulai belajar bahasa Arabnya terima kasih.

Bahasa Arabnya Selamat Ulang Tahun

Bahasa Arabnya Selamat Ulang Tahun
Sumber foto: goodminds.id

Banyak yang keliru mengartikan Barakallah fii umrik sebagai bahasa Arabnya selamat ulang tahun. Padahal jika kita artikan dalam bahasa Indonesia, arti dari kalimat tersebut bukanlah selamat ulang tahun.

Kalimat tersebut sebenarnya merupakan salah satu ucapan atau doa yang ditunjukkan kepada seseorang yang sedang memperingati hari lahir atau peristiwa penting lainnya.

Selain untuk memperingati hari lahir, peristiwa penting yang dimaksud adalah misalnya untuk memperingati hari pernikahan, hari kemerdekaan atau untuk memperingati peristiwa penting lainnya yang terjadi dalam kurun waktu di tiap tahunnya.

Dalam bahasa Arab, selamat ulang tahun dapat diartikan menjadi 2, diantaranya adalah:

1. يَوْمُ الْميلاد / Yaumul Milad

Kalimat ini sebenarnya memiliki arti “selamat hari kelahiran”, namun bisa juga diartikan menjadi “selamat ulang tahun”.

Hal ini karena istilah يَوْمُ الْميلاد / Yaumul milad sering digunakan pada saat dimana seseorang berulang tahun atau seseorang dilahirkan ke dunia.

يَوْمُ الْميلاد / Yaumul milad terdiri dari dua kata yaitu kata “Yaumul” yang diambil dari kata يوم / Yaum dimana artinya adalah “hari”.

Didalam kosakata bahasa Arab, kata يوم / Yaum sendiri secara bahasa merupakan kadar waktu yang ditentukan, yaitu mulai dari terbitnya matahari sampai terbenamnya matahari.

Sedangkan kata yang kedua adalah ملاد / Milad. Jika diartikan menggunakan bahasa Indonesia, ملاد / Milad artinya adalah “kelahiran”.

Meskipun يَوْمُ الْميلاد / Yaumul milad memiliki arti yang sebenarnya adalah “selamat hari kelahiran”, tetapi jika kita mengartikan يَوْمُ الْميلاد / Yaumul milad dengan kalimat “selamat ulang tahun”, maka itu bukanlah sesuatu hal yang keliru karena jika dilihat dari segi maknanya tetap sama.

2. سنة حلوة / Sana Hilwah atau Sana Helwah

Mengucapkan selamat ulang tahun dalam bahasa Arab yang kedua adalah menggunakan kalimat  سنة حلوة / Sana Hilwah. Kalimat ini juga terdiri dari dua kata, yaitu سنة / Sanah dan حلوة / Hilwah.

Arti dari kata  سنة / Sana adalah “tahun”, sedangkan حلوة / Hilwah artinya “manis”. Meskipun demikian, ucapan tersebut juga sering diartikan menjadi “selamat ulang tahun”.

Contoh Ucapan Selamat Ulang Tahun yang Islami

Bahasa Arabnya Selamat Ulang Tahun
Sumber foto: pixabay – blickpixel

Didalam Islam sendiri, terdapat begitu banyak ucapan selamat ulang tahun menggunakan bahasa Arab yang dapat diberikan kepada seseorang yang sedang berulang tahun. Misalnya saja dengan mengucapkan براك الله في عمرك / Barakallah Fii Umrik.

Mengucapkan براك الله في عمرك / Barakallah Fii Umrik

Salah satu contoh yang dianjurkan dalam Islam untuk mengucapkan selamat ulang tahun menggunakan bahasa Arab adalah dengan mengucapkan براك الله في عمرك / Barakallah Fii Umrik yang artinya adalah “semoga Allah memberkahi umurmu”.

Kalimat Barakallah Fii Umrik dapat diucapkan kepada siapa saja dengan maksud yaitu untuk mendoakan kepada seseorang ya dituju semoga Allah SWT melimpahkan dan juga memberkahi umurnya.

Pengucapan ini adalah sebagai rasa syukur atas bertambahnya usia dimana ini merupakan salah satu berkah yang diberikan oleh Allah SWT. Dengan keberkahan usia yang bertambah ini, harapannya dapat berguna dan bermanfaat bagi dirinya sendiri atau pun orang lain.

Jawaban untuk Seseorang yang Mengucapkan براك الله في عمرك / Barakallah Fii Umrik kepada Kita

Ketika kita menerima ucapan براك الله في عمرك / Barakallah Fii Umrik dari seseorang, maka kita dianjurkan untuk membalas ucapan tersebut.

Kita dapat membalasnya dengan mengucapkan “Wa fiika barakallah”, namun jika yang mengucapkan kalimat tersebut adalah laki-laki. Tetapi jika yang mengucapkannya adalah perempuan, maka kita dapat membalasnya dengan mengucapkan “Wa fiiki barakallah” .

Dimana keduanya memiliki arti yaitu “Semoga Allah SWT juga memberkahimu”.

Dengan kita memberikan jawaban seperti yang telah dijelaskan diatas, berarti kita juga mendoakan yang baik kepada seseorang yang telah mengucapkan براك الله في عمرك / Barakallah fii umrik kepada kita.

Hukum Mengucapkan Kalimat براك الله في عمرك / Barakallah Fii Umrik

Hari ulang tahun merupakan hari bertambahnya umur seseorang dimana hari tersebut merupakan salah satu hari yang paling spesial didalam hidupnya.

Rasulullah SAW mengajarkan umatnya agar dapat menunjukan kepedulian dan bisa bersikap untuk dapat membahagiakan orang lain. Karena hal ini merupakan suatu tindakan yang baik dan juga dianjurkan.

Selain mengucapkan selamat ulang tahun seperti dengan cara Islami, kita juga dapat memberi hadiah kepada seseorang yang sedang berulang tahun. Hal ini seperti yang disabdakan oleh Rasulullah SAW didalam salah satu haditsnya.

 

 

 

Hadits diatas menjelaskan bahwa Rasulullah SAW pernah menerima hadiah dan kembali membalasnya memberikan hadiah dan itu merupakan sesuatu yang baik.

Kita dapat mencontoh apa yang dilakukan oleh Rasulullah SAW seperti yang dijelaskan di hadits tersebut. Karena dapat mempererat hubungan tali silaturahmi/persaudaraan antar sesama.

Nah, itulah penjelasan mengenai bahasa Arabnya selamat ulang tahun, contoh ucapan selamat ulang tahun yang Islami dan beberapa hal lain yang masih berhubungan dengan penjelasan tersebut. Semoga dapat kita praktekkan dalam kehidupan sehari-hari.