Bahasa Arabnya Sama Sama

Bagaimana si cara mengatakan bahasa Arabnya sama sama? Kata ini biasanya digunakan untuk menjawab ucapan terimakasih, misalnya saja dalam bahasa Arabnya terima kasih.

Jika kita mengatakan sama sama menggunakan bahasa Indonesia tentu bukanlah sesuatu hal yang menyulitkan. Namun berbeda ketika kita mengatakan sama-sama menggunakan bahasa Arab.

Untuk lebih mengetahui tentang bahasa Arabnya sama sama, maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas hal tersebut secara rinci agar tidak salah dalam memaknai dan juga mengartikannya.

Baca juga bahasa Arabnya apa kabar.

Bahasa Arabnya Sama Sama

Bahasa Arabnya Sama Sama
Sumber: islami.co

Ketika kita mengucapkan terimakasih menggunakan bahasa Arab yaitu شكرا / Syukron , maka biasanya akan dijawab dengan kata sama-sama atau ‘Afwan.

Dari sekelumit penjelasan diatas, maka kita bisa mengetahui mengenai kata sama-sama didalam bahasa Arab yaitu عَفْوًا / ‘Afwan.

Akan tetapi jika kita mencari di kamus bahasa Arab atau kamus online, maka arti daripada kata عَفْوًا / ‘Afwan adalah maaf. Sedangkan jika kita cek/lihat di Google Translate, maka kita akan menemukan اهلا وسهلا ب / ‘Ahlaan wasahlaan bikuum atau dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sama-sama atau terimakasih kembali.

Berdasarkan keterangan tersebut, maka terjadilah pertanyaan-pertanyaan mengenai jawaban dari kata عَفْوًا / ‘Afwan ini.

Nah, terlepas dari pertanyaan-pertanyaan mengenai arti sesungguhnya dari kata  عَفْوًا / ‘Afwan ini, sebagian orang jika diberi ucapan شكرا / Syukron maka jawabannya adalah عَفْوًا / ‘Afwan yang justru artinya adalah maaf.

Agar lebih jelas mengenai hal tersebut, maka simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Makna Kata عَفْوًا / Afwan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, ketika kita mengucapkan شكرا / Syukron (terimakasih) kenapa kok dijawab dengan kata عَفْوًا / ‘Afwan yang memiliki arti maaf? Inilah penjelasannya.

Kata  عفوا berasal dari kata  عفو yang berarti maaf. Didalam Al Qur’an sendiri, kata العفو memiliki makna yang berbeda-beda. Tetapi kebanyakan ulama dalam ahli bahasa, setidaknya terdapat 5 makna dari kata العفو ini.

5 makna yang dimaksud adalah:

  1. فضل / Fadhl yang memiliki arti keutamaan
  2. ترك / Tarku yang memiliki arti meninggalkan
  3. طلب / Tholab yang memiliki arti memohon, menuntut
  4. عذر / ‘Udzru yang memiliki arti maaf
  5. زيادة / Ziyadah yang memiliki arti tambahan

Seperti yang diketahui, bahasa Arab memiliki tingkat kesulitan tersendiri jika dibandingkan dengan bahasa-bahasa lainnya. Misalnya saja pada sebuah kalimat singkat dalam bahasa Arab maka akan memiliki kata yang tersembunyi atau yang biasa disebut mahdzuf yang memiliki perkiraan.

Adapun perkiraan dari kata ‘Afwan ini, maka perkiraannya adalah:

أعفو عنك عفوا / ‘Afu ‘anka afwan. Makna yang terkandung didalamnya adalah “Saya memohon maaf kepada Anda”.

Sedangkan jawaban mengenai makna dari عَفْوًا ini adalah kata عَفْوًا memiliki beberapa makna yang terkandung didalamnya. Diantaranya adalah:

1. فضل / Fadhl (Keutamaan)

Makna kata عَفْوًا / ‘Afwan yang pertama adalah فضل / Fadhl (keutamaan). Makna ini merupakan sesuatu yang diberikan namun tanpa diminta. Perhatikan kalimat dibawah ini:

أعطيتك عفواً من غير مسألة منك

Dimana jika diartikan menggunakan bahasa indonesia adalah “Saya berikan keutamaan tersebut tanpa perlu Anda minta…”  Maksudnya adalah apa yang Saya kerjakan ini merupakan murni bantuan yang sebenarnya Anda tidak perlu memintanya akan Saya kerjakan.

2. ترك / Tarku (Meninggalkan)

Selanjutnya adalah kata ‘Afwan yang memiliki makna ترك / Tarku (meninggalkan) yang mempunyai arti:

 

 

 

3.  طلب / Tholab (Menuntut)

Kata ‘Afwan dengan makna طلب / Tholab (menuntut) maksudnya adalah:

اعتفيتك إذا طلبت معروفك وفضلك

Dimana artinya yaitu “Saya meminta dan memohon kebaikan Anda (atas terima kasih Anda kepada Saya)“.

4. عذر / ‘Udzru (Maaf)

Selanjutnya adalah kata ‘Afwan yang bermakna عذر / ‘Udzru (maaf) yaitu:

عفوت عنك عفوا

Arti dari perkataan tersebut yaitu “Saya mohon maaf, sebab Saya tidak berhak diberi ucapan terima kasih, namun hanya Allah SWT lah yang berhak”.

5. زيادة / Ziyadah (Tambahan)

Kata ‘Afwan yang terakhir adalah bermakna زيادة / Ziyadah (tambahan) adalah dimana ketika kita diucapkan شُكْرًا / Syukron (terimakasih), maka kita membalasnya dengan kata عَفْوًا / ‘Afwan, dimana artinya yaitu:

 

 

 

 

Semua makna yang telah dijelaskan diatas intinya adalah sama, yakni merupakan suatu bentuk kerendah hatian kita ketika diucapkan atau diberikan ucapan شُكْرًا / Syukron (terimakasih).

Maksudnya adalah kita seakan-akan tidak layak untuk menerima ucapan tersebut sedangkan yang kita lakukan itu merupakan suatu kewajiban yang seharusnya tidak perlu diminta terlebih dahulu.

Kesimpulan dari pembahasan ini adalah kata عفوا / ‘Afwan secara harfiah memiliki arti “maaf”. Namun diluar daripada arti tersebut juga bisa diartikan menjadi kata “sama-sama”.

Hal ini karena kata عفوا / ‘Afwan merupakan kata yang sering digunakan untuk menjawab ucapan terimakasih atau Syukron dalam bahasa Arabnya Terima Kasih.

Itulah pembahasan kali ini mengenai bahasa Arabnya sama sama semoga dapat menjadi rujukan bagi kalian yang saat ini sedang belajar bahasa Arab.