Bahasa Arabnya Apa Kabar

Hal yang biasanya diucapkan kepada seseorang ketika bertemu biasanya adalah dengan mengatakan apa kabar. Namun apakah kita pernah menggunakan bahasa Arabnya apa kabar untuk menyapa seseorang?

Jika belum pernah, maka disini kita akan membahas bersama-sama agar lebih mengetahui tentang bahasa Arab. Sehingga kita dapat menyapa seseorang menggunakan bahasa yang dikenal sulit ini.

Sebenarnya, mempelajari bahasa Arab tidaklah sesulit seperti yang orang-orang katakan. Asal kita berniat sungguh-sungguh untuk mempelajarinya maka kita dapat menguasai bahasa Arab seperti bahasa Arabnya Aku kangen Kamu.

Bahasa Arabnya Apa Kabar

Bahasa Arabnya Apa Kabar
Sumber: suaramuslim.net

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang sangat penting untuk dipelajari. Apalagi jika kita ingin menjadi mahasiswa atau TKI di Timur Tengah. Maka salah satu syarat untuk menjadi mahasiswa atau TKI di Timur Tengah adalah harus bisa memahami dan menguasai bahasa Arab.

Selain itu, mempelajari bahasa Arab juga sangat berguna dan wajib dipelajari oleh orang Islam yang ingin menunaikan ibadah Haji atau Umrah. Coba bayangkan jika kita akan menunaikan ibadah Haji atau Umrah namun kita sama sekali tidak bisa menggunakan bahasa Arab.

Pasti akan sulit bukan untuk sekedar menanyakan kabar terhadap warga asli di daerah tersebut?

Nah, untuk mempelajari bahasa Arab, kita bisa memulainya dengan ucapan-ucapan yang sering dilontarkan kepada orang lain. Misalnya saja Bahasa Arabnya apa kabar. Lalu seperti apa cara mengatakan apa kabar menggunakan bahasa Arab? Berikut penjelasan rincinya.

Didalam bahasa Arab, ketika kita salah mengucapkan walau sekedar satu harakat maka dapat mengakibatkan makna atau artinya pun berbeda. Maka kita harus benar-benar memahami bahasa ini dengan baik agar maknanya tidak berubah.

Inilah bahasa Arabnya apa kabar:

كَيْفَ حَالُك؟

Kaifa haaluk?

Apa kabar?

Itulah bahasa Arabnya apa kabar yang biasanya digunakan secara umum. Selain itu, terdapat perbedaan didalam menggunakan bahasa Arab untuk mengatakan apa kabar baik itu terhadap laki-laki maupun perempuan, perbedaan ini terletak di akhir kata/kalimat tersebut. Simak perbedaannya dibawah ini:

  • Apa kabarmu (Laki-laki)? = Kaifa haaluka = كَيْفَ حَالُكَ ؟
  • Apa kabarmu (Perempuan)? = Kaifa haaluki = كَيْفَ حَالُكِ ؟

Contoh Lain Mengatakan Apa Kabar dalam Bahasa Arab

Setelah mengetahui bahasa Arabnya apa kabar, kini kita akan membahas beberapa contoh lainnya yang masih berhubungan dengan pembahasan tersebut diatas. Contoh-contoh yang dimaksud adalah:

  • Apa kabar kalian berdua? = Kaifa Haalukumaa = كَيْفَ حَالُكُمَا ؟
  • Apa kabar kalian (Laki-laki)? = Kaifa Haalukum = كَيْفَ حَالُكُمْ ؟
  • Apa kabar kalian (Perempuan)? = Kaifa Haalukunna = كَيْفَ حَالُكُنَّ ؟
  • Apa kabar saudaraku? =  Kaifa Haaluka Yaa Akhy = كَيْفَ حَالُكَ يَا أَخِي ؟
  • Apa kabar saudariku? = Kaifa Haaluki Yaa Ukhty = كَيْفَ حَالُكِ يَا أُخْتِي ؟
  • Apa/Bagaimana kabar ibu? = Kaifa Haaluki Yaa Ummy = كَيْفَ حَالُكِ يَا أُمِّي ؟
  • Apa kabar sayang? = Kaifa haaluki yaa habiibaty = كَيْفَ حَالُكِ يَا حَبِيْبَتِي ؟

Jawaban Pertanyaan Apa Kabar dalam Bahasa Arab

Bahasa Arabnya Apa Kabar
Sumber: kamusmufradat.com

Ketika seseorang menanyakan kabar ke kita, apakah kita akan diam saja? Pasti akan menjawabnya bukan? Nah untuk bahasa Arab sendiri terdapat beberapa kata/kalimat untuk menjawab kembali kepada seseorang yang menanyakan kabar ke kita. Inilah beberapa jawaban bahasa Arabnya apa kabar.

  • Aku baik-baik saja = Ana bikhairin = أَنَا بِخَيٍرٍ
  • Kami baik-baik saja = Nahnu bikhairin = نَحْنُ بِخَيْرٍ

Selain beberapa jawaban tersebut, kita juga bisa menambahkan kata Alhamdulillah didepan jawaban tersebut, maksudnya seperti dibawah ini:

  • Alhamdulillah, aku baik-baik saja = Alhamdulillah, ana bikhairin = الحَمْدُ ِللهِ ، أَنَا بِخَيْرٍ
  • Alhamdulillah, kami baik-baik saja = Alhamdulillah, nahnu bikhairin = الحَمْدُ ِللهِ ، نَحْنُ بِخَيْرٍ

Selain itu, kita juga bisa mengatakan “Aku berharap kamu baik-baik saja” dimana bahasa Arabnya adalah:

  •  Arjuu an takuuna bikhairin = أَرْجُو أَنْ تَكُوْنَ بِخَيْرٍ

Itulah pembahasan mengenai bahasa Arabnya apa kabar serta beberapa contoh lain dan juga jawaban untuk pembahasan tersebut.