Arti Mimpi Rambut Rontok Versi Primbon dan Psikolog [Lengkap]

Arti mimpi rambut rontok banyak? Rontok saat disisir? Atau rontok dipegang? Pertanda baik atau buruk kah? Baca ulasan mengenai mimpi rambut rontok menurut beberapa versi berikut ini!

Sebelumnya kami memposting artikel tentang arti mimpi potong rambut.

Bermimpi, terkadang menjadi sesuatu yang menyenangkan, apalagi jika yang dimimpikan merupakan sesuatu yang diharapkan. Namun disisi lain, bermimpi terkadang juga memiliki arti tersendiri, entah itu pertanda baik atau justru sebaliknya.

Pernahkah Anda mengalami kerontokan rambut tapi itu terjadi dalam mimpi? Jika pernah, tidak ada salahnya mengetahui arti mimpi rambut rontok.

Lebih banyak artikel di nmtchicago.org.

Arti Mimpi Rambut Rontok

Arti Mimpi Rambut Rontok

Mengalami kerontokan rambut tentu menjadi sesuatu yang lumrah bagi semua orang, baik laki-laki dan perempuan. Kerontokan rambut bisa disebabkan karena penggunaan produk perawatan rambut yang tidak sesuai, pengaruh hormonal, dan lain-lain.

Saat mengalami situasi tersebut, beberapa orang akan membawanya ke alam bawah sadar, sehingga seseorang bisa saja bermimpi hal serupa.

Bagi sebagian orang yang tidak percaya pada mitos, firasat, atau petanda dari mimpi, tentu akan mengabaikan begitu saja, dan mengganggap sebatas bunga tidur. Tapi tidak ada salahnya belajar dan mengetahui arti mimpi sekedar untuk wawasan dan berjaga-jaga.

Banyak perspektif yang menjelaskan makna mimpi rambut rontok dari segi agama, kejawen dan psikologis. Jika Anda tergolong sering bermimpi hal serupa, simak ulasan detailnya berikut!

Versi Primbon

Terdapat beberapa literatur yang memang secara khusus membahas tentang tafsir mimpi, arti mimpi dan hal-hal yang berkaitan dengan tafsir dari mimpi yang Kita alami. Salah satu yang cukup familiar di kalangan masyarakat yaitu primbon Jawa. Inilah 11 arti mimpi rambut rontok versi primbon Jawa!

1. Rambut Rontok Banyak

Menurut kepercayaan kejawen bermimpi seperti ini menggambarkan sebuah petanda buruk atau tidak baik. Secara spesifik, ketika seseorang bermimpi mengalami kerontokan rambut yang banyak, Ia akan terkena penyakit atau wabah yang dapat mengganggu kesehatan.

2. Rambut Rontok Saat Disisir

Jika Anda megalami mimpi serupa, hal tersebut mengisyaratkan akan datang sebuah kabar yang kurang mengenakkan. Secara lebih detail, dikatakan bahwa akan mengalami kesedihan dalam beberapa waktu ke depan.

3. Rambut Rontok Dipegang

Menurut primbon Jawa, jika mengalami mimpi seperti ini, petanda akan mengalami sesuatu yang kurang bagus. Masih ada banyak kemungkinan mengenai sesuatu yang akan terjadi. Jadi Anda tidak perlu takut dan tetap berhati-hati.

4. Rambut Rontok Saat Mandi atau Keramas

Mimpi rambut rontok seperti ini juga menandakan petanda buruk bagi orang yang bermimpi. Menurut primbon Jawa, jika mengalami mimpi tersebut maka Anda akan mengalami gangguan dalam hidup.

5. Rambut Rontok dan Berkutu

Anda bisa bernapas lega jika mengimpikan hal serupa, lantaran menunjukkan kebaikan hidup. Lebih ringkasnya, Anda akan segera mendapatkan rezeki dan kabar baik.

6. Beruban dan Rontok

Menurut primbon Jawa, arti yang berhubungan dengan mimpi ini yaitu akan terjadi sesuatu yang kurang mengenakkan. Anda akan memperoleh kabar sedih.

7. Rontok dan Menjadi Pendek

Bermimpi rambut rontok dan menjadi pendek memiliki kaitan dengan hubungan asmara seseorang. Berasarkan primbon hal tersebut menunjukkan jika hubungan asmara Anda sedang tidak stabil dan membutuhkan kehati-hatian dalam berkomunikasi.

8. Rambut Rontok Sampai Botak

Jika Anda mengalami mimpi dengan kejadian serupa, memberikan petanda sebuah firasat kurang enak. Anda akan mendapatkan hinaan atau malu dari orang-orang yang tidak menyukai Anda.

9. Sehelai Rambut Dipotong

Apabila bermimpi sehelai rambut dipotong menandakan petanda hubungan pasangan yang kurang baik. Bisa jadi akan terjadi pertengkaran atau kesalahpahaman dalam hubungan asmara dan pernikahan.

10. Bermimpi Potong Rambut

Pernahkan Anda bermimpi potong rambut? Jika iya, itu petanda Anda akan mengalami penurunan jabatan. Namun, tidak perlu merasa takut berlebih, karena yang namanya mimpi tidak selalu memiliki arti yang pasti.

11. Rontok dan Memakai Rambut Palsu

Anda perlu waspada jika mengalami mimpi serupa, hal tersebut menunjukkan isyarat akan ada seseorang yang mencoba menipu dan mengambil keuntungan.

Versi Lain

Setelah mengetahui arti mimpi rambut rontok menurut primbon Jawa, lalu seperti apakah menurut versi lain yang menyebar di masyarakat umum? Tentu Anda penasaran arti mimpi rambut rontok versi lain. Berikut penjelasannya!

1. Rambut Rontok Banyak Sekali

Apakah Anda pernah bermimpi mengalami kerontokan dalam jumlah yang banyak? Mimpi tersebut memiliki makna Anda akan mendapatkan pencerahan spiritual. Apabila Anda bisa memaknai mimpi tersebut dengan baik, mungkin saja akan berdampak kebaikan untuk diri sendiri.

2. Rambut Rontok Sampai Botak

Bemimpi mengalami kerontokan rambut sampai botak tentu tidak mengenakan. Apabila Anda bermimpi hal serupa, menandakan bahwa kepercayaan diri Anda sedang menurun. Secara tidak langsung, mimpi ini mengingatkan Kita agar lebih percaya diri.

3. Rambut Rontok Saat Disisir

Jika Anda sempat mengalami mimpi ini, petanda akan kehilangan sesuatu yang seharusnya menjadi hak Anda. Sesuatu tersebut bisa berupa barang, rezeki, kebahagiaan dan lan-lain. Dari makna mimpi tersebut, secara implisit mengajarkan sikap sabar dan ikhlas.

4. Rambut Rontok Saat Keramas

Rambut rontok saat keramas menjadi sesuatu yang lumrah, tapi jika hal tersebut terjadi dalam mimpi. Kira-kira bermakna apa ya? Menurut agama Islam, jika seseorang mengalami mimpi serupa, menandakan tentang keperdulian dan kasih sayang.

5. Rambut Rontok dan Beruban

Bermimpi rambut rontok dan beruban memiliki arti beragam tergatung intensitas kerontokan dan jumlah ubannya. Apabila Anda pernah bermimpi mengalami kerontokan dengan sedikit uban, itu menandakan tingkat kedewasaan.

Namu jika beruban bayak atau hampir seluruhnya beruban, itu petanda bahwa Anda akan mendapatkan sesuatu yang menyenangkan dan berhubungan dengan kehormatan.

6. Rambut Rontok dan Menjadi Pendek

Arti Mimpi Rambut Rontok dan menjadi pendek menunjukkan kehidupan asmara yang kurang baik dan stabil. Secara implisit mengajarkan Kita untuk senantiasa lebih berhati-hati dalam menjalin suatu hubungan.

Versi Psikolog

Dari kacamata psikologi, rambut rontok menandakan kekhawatiran terhadap suatu hal yang belum tercapai. Hal tersebut terjadi karena seseorang khawatir akan sesuatu, seperti belum menikah padahal umur sudah semakin menua, belum mendapat pekerjaan dan lain sebagainya.

Untuk mengetahui pengalaman mimpi tersebut bermakna negatif atau positif, mari simak ulasan menurut psikologi berikut!

  • Arti mimpi rambut rontok paling logis bagi psikolog merupakan petanda hilangnya keberanian dan rasa percaya diri.
  • Sebuah interpretasi dari kesedihan dan perasaan bersalah. 
  • Bagi wanita, bermimpi rambut rontok menjadi petanda menurunnya kecantikan, rasa khawatir dan hilangnya rasa percaya diri.
  • Para psikolog mempercayai bahwa mimpi berhubungan dengan realita yang sedang terjadi. Jika Anda bermimpi mengalami rambut rontok dan kebotakan, itu bisa menjadi petanda kesehatan yang menurun.
  • Bermimpi rambut rontok juga bisa menjadi petanda Anda sedang mendapati tekanan dari lingkungan sosial.
  • Bermimpi rambut rontok juga bisa menunjukkan makna bahwa seseorang akan terkena musibah dan kehilangan kekuatan. Karena tidak bisa menyelesaikan masalah tersebut, sehingga terbawa saat tidur.

Kesimpulan dari Pembahasan di Atas

Makna mimpi hanya dapat dijadikan analogi, pengambilan pelajaran, penyerupaan, dan dugaan. Mimpi tidak bisa dijadikan pertimbangan dan dianggap benar, kecuali jika kebenarannya terdapat di dunia nyata atau ada tanda-tanda yang menunjukkannya.

Begitupun dengan arti mimpi rambut rontok diatas, Anda tidak perlu khawatir dan takut. Anda hanya perlu berhati-hati dan memasrahkan semuanya pada Tuhan. Jikapun terjadi kebenaranya, berarti mimpi yang dialami adalah sebuah isyarat (bukan dijadikan keyakinan) dari Tuhan.

Tinggalkan komentar