Arti Mimpi Potong Rambut Sendiri / Pendek / Poni [Penjelasan Lengkap]

NMTCHICAGO.ORG – Arti mimpi potong rambut menurut Primbon, pandangan Islam, dan Psikolog ternyata tidak sama. Namun yang sudah menyebar di kalangan masyarakat umumnya adalah arti dari sumber kitab Primbon dan kitab sejenisnya.

Secara turun-temurun, masyarakat Indonesia percaya bahwa mimpi bukanlah bunga tidur dan sekadar pemikiran alam bawah sadar. Mimpi justru dianggap sebagai pertanda atas sesuatu yang bakal terjadi.

Salah satunya adalah arti mimpi potong rambut yang dianggap banyak orang memiliki makna tersembunyi entah secara primbon Jawa, dunia Islam bahkan psikologi.

Kendati ilmu pengetahuan sudah sangat modern dan menyebutkan bahwa tak ada kaitannya mimpi dengan peristiwa di masa depan, tetap saja masih banyak orang percaya kalau mimpi adalah pertanda atas sesuatu.

Nah, supaya Anda memperoleh pandangan baru, berikut ini adalah beberapa ulasan mimpi potong rambut dari berbagai sumber yang wajib diketahui kebenarannya.

Arti mimpi potong rambut Menurut Primbon

Arti mimpi potong rambut Menurut Primbon

Bagi masyarakat yang masih menjunjung tinggi budaya Jawa, seluruh keseharian mereka haruslah mengikuti panduan dari primbon. Apakah primbon itu sebenarnya?

Secara sederhana, primbon adalah kitab warisan leluhur Jawa yang berkaitan dengan seluruh kehidupan manusia dan alam semesta. Sebagai pedoman untuk bersikap, perkara mimpi juga diatur dan dijelaskan dalam primbon.

Dalam kaitannya dengan arti mimpi, primbon Jawa memiliki ramalan yang menghimpun berbagai pengetahuan kejawen yang berisi perhitungan gaib. Ada yang punya pertanda positif ada juga pertanda negatif. Berikut ini penjelasannya.

Artikel yang berkaitan dengan ini: arti mimpi suami selingkuh.

a. Arti mimpi potong rambut Sendiri

Dalam berbagai ritual Jawa, ada kegiatan potong rambut yang kerap dianggap sebagai upaya tolak bala (musibah). Hal ini rupanya berkaitan dengan makna memotong rambut.

Di mana dalam primbon Jawa dijelaskan kalau Anda memperoleh mimpi sedang potong rambut sendiri, maka itu artinya buang sial. Ketika kesialan itu pergi, maka artinya Anda akan memperoleh keberuntungan.

Hal inilah yang membuat orang-orang Jawa meyakini kalau baru saja bermimpi potong rambut sendiri, itu artinya sebagai pertanda keberuntungan bakal tiba.

Entah keberuntungan berupa benda seperti uang dan makanan atau tidak terwujud seperti naik jabatan. Bahkan bagi Anda yang menggeluti bisnis, mimpi potong rambut sendiri diyakini sebagai ramalan bisnis akan sukses.

b. Arti mimpi potong rambut Pendek

Sejak lama rambut dianggap sebagai mahkota. Sehingga ketika mahkota itu hilang, tentu Anda akan merasa bingung, sedih hingga malu. Hal itu pula yang dijabarkan dalam primbon Jawa mengenai makna mimpi potong rambut pendek.

Lantaran ada bagian tubuh yang menghilang, mimpi potong rambut pendek diyakini sebagai pertanda akan adanya hal kurang menyenangkan terutama dalam hal kesehatan.

Namun, penjelasan lain justru menyebutkan kalau mimpi potong rambut pendek adalah pertanda bakal kehilangan orang yang disayang sampai uang.

Untuk itulah ada baiknya Anda berhati-hati dengan kesehatan, keuangan hingga selalu berbagi waktu dengan orang terdekat. Terlepas dari Anda percaya atau tidak, waspada adalah hal terbaik untuk bersiap diri terhadap kemungkinan terburuk.

c. Arti mimpi potong rambut Poni

Berkaitan dengan poni, ternyata primbon Jawa juga memilik penjelasannya tersendiri. Hanya saja mimpi potong rambut yang berkaitan dengan poni memiliki dua jenis.

Yang pertama adalah mimpi memotong poni rambut dan kedua, mimpi potong rambut gaya poni. Meskipun sama-sama poni, makna mimpi ini dalam primbon Jawa memiliki perbedaan.

Mimpi potong poni rambut misalnya, artinya cukup positif di mana Anda bakal terlepas dari rasa sakit hati. Entah sakit hati karena kekasih, sahabat, atau mungkin rekan kerja.

Namun jika Anda bermimpi potong rambut gaya poni, justru harus lebih waspada karena diyakini sebagai pertanda bakal mengalami sakit dalam waktu dekat. Hanya saja sakitnya tak terlalu parah karena sekadar demam saja.

Arti mimpi potong rambut Menurut Psikolog

Arti mimpi potong rambut Menurut Psikolog

Laki-laki dan perempuan rupanya memiliki pandangan yang berbeda soal kegiatan potong rambut. Secara psikologi, rambut bagi pria dianggap sebagai bagian dari kekuatan dan kehormatan.

Sementara itu bagi perempuan, rambut disimbolkan sebagai kecantikan, kebanggaan dan keindahan yang memiliki nilai sosial dan feminisme.

Sehingga ketika seseorang mengalami mimpi potong rambut, psikologi melihatnya sebagai dampak dari adanya perubahan dalam kehidupan.

Jika di dunia nyata Anda mengalami perubahan karena sebuah hal, secara tidak sadar bakal memberikan pengaruh kuat ke pikiran sampai terbawa mimpi potong rambut.

Saat Anda bermimpi memperoleh potongan rambut buruk, mungkin itu sebagai imbas dari kesalahan yang sudah Anda perbuat.

Sebaliknya jika Anda memperoleh mimpi potongan rambut yang baik, alam bawah sadar Anda tengah merasa bahagia dengan perubahan kehidupan ke arah positif. Sehingga mimpi potong rambut memang berkaitan dengan situasi emosi yang tengah Anda rasakan saat ini.

Untuk itulah Anda bisa mengaitkan mimpi potong rambut itu dengan apa yang bakal Anda lakukan. Saat mimpi potong rambut yang bagus, itu bisa meningkatkan rasa percaya diri sehingga Anda memperoleh pandangan baru yang positif.

Seperti dilansir Dreammmods, mimpi potong rambut dipercaya sebagai sebuah langkah baru dan secara umum menjadi cerminan bahwa Anda siap dengan perubahan.

Penelitian menyebutkan bahwa mereka yang mampu mengingat mimpinya, dianggap punya otak yang kuat. Karena saat seseorang mengingat-ingat mimpinya, ada banyak aktivitas spontan di bagian temporo-parietal junction pada otak.

Kendati mitos menyebutkan bahwa mimpi berlangsung singkat, mimpi justru bisa berlangsung hingga 60 menit.

Memang pada tahap awal tidur Anda hanya bakal mengalami mimpi sebentar, tapi saat malam makin larut, fase REM bakal memanjang. Hal ini membuat durasi mimpi yang bisa berdampak emosional berlangsung lebih lama.

Arti Mimpi Potong Rambut Menurut Islam

Arti Mimpi Potong Rambut Menurut Islam

Dalam kitab suci agama Islam, Al-Quran, mimpi disebutkan di sejumlah ayat. Tak heran kalau Islam menilai kalau mimpi memiliki pesan spiritual.

Dijelaskan pula bahwa Islam menafsirkan mimpi menjadi tiga jenis yakni mimpi buruk dari setan, mimpi baik dari Allah SWT dan mimpi dari alam pikiran, psikologis dan perasaan manusia itu sendiri.

Beberapa hadits juga menjabarkan bahwa mimpi baik biasanya tidak didahului dengan khayalan sebelum tidur. Karena mimpi baik itu tak berkaitan dengan kegiatan yang dilakukan sebelum tertidur, muslim dianjurkan untuk mengucap syukur kepada Allah SWT.

Jadikan mimpi baik itu sebagai motivasi untuk semakin melakukan hal-hal positif dan tentunya berpegang teguh ke ajaran Islam.

Sementara untuk mimpi buruk yang mampu membuat seseorang gelisah, ketakutan dan sedih, disunahkan agar muslim melakukan lima perbuatan.

Pertama adalah mengubah posisi tidur, meludah ke sisi kiri sebanyak tiga kali, memohon perlindungan kepada Allah SWT dari godaan setan yang terkutuk, tidak menceritakan mimpi ke siapapun hingga beranjak wudhu kemudian sholat.

Tak berbeda jauh dengan mimpi potong rambut secara primbon Jawa dan psikologis, makna mimpi potong rambut menurut Islam juga harus ditanggapi secara bijak. Misalnya potong rambut pendek itu pertanda bakal kehilangan kekuatan diri.

Lalu potong rambut sendiri akan ada orang terdekat yang sakit atau mengalami musibah, memperoleh keberuntungan besar saat bermimpi potong rambut orang lain.

Pahamilah bahwa takdir manusia memang sudah ditentukan oleh Tuhan dan manusia hanya bisa berdoa secara berencana. Dengan begitu Anda bisa memahami arti mimpi potong rambut lebih bijak dan tenang.

Tinggalkan komentar