Arti Mimpi Pocong Menurut Primbon [Melihat, Ketemu, & Dikejar Pocong]

Arti Mimpi Pocong – Apa artinya jika kita bermimpi tentang pocong? Baik melihat pocong, ketemu, bertemu, ataupun dikejar pocong. Dan ternyata, menurut Primbon Jawa ada banyak arti atau makna dari mimpi tentang hantu yang satu ini.

Tidak sedikit orang yang ketika mengalami mimpi langsung mengaitkan dengan sesuatu yang akan terjadi di kemudian hari.

Meskipun hal semacam ini banyak yang mempercayai hanyalah sebuah mitos atau cerita nenek moyang dulu, ternyata terkadang ada yang terbukti juga kebenarannya.

Nah, pertanyaannya, apakah kita harus percaya dan meyakini bahwa mimpi merupakan pertanda sesuatu akan terjadi? Untuk pertanyaan ini, jawaban dikembalikan kepada agama dan kepercayaan masing-masing.

Dalam agama Islam, jika suatu arti mimpi benar-benar terjadi, maka sebaiknya meyakini bahwa mimpi itu merupakan pertanda yang Allah SWT berikan.

Karena bagi umat muslim segala sesuatu yang telah terjadi, sedang terjadi, dan belum terjadi, semuanya Allah SWT yang mengatur.

Arti Mimpi Pocong

Arti mimpi pocong

Ada beberapa kategori orang bermimpi hantu menyeramkan ini. Ada yang mimpi melihat pocong, ada juga mimpi dikejar, bertemu, di datangi, bahkan ada juga yang mimpi jadi pocong.

Nah, apakah semua kategori mimpi hantu yang populer ini memiliki arti yang sama? Ternyata tidak. Masing-masing mimpi tentang hantu tersebut memiliki tafsiran atau makna yang berbeda-beda.

Lebih jelasnya kita jabarkan penjelasannya satu persatu di bawah ini. Biar tidak terlalu penasaran, berikut ini adalah penjelasan dari arti mimpi pocong.

1. Arti Mimpi Melihat Pocong

Arti mimpi ini boleh dikatakan sebagai pengingat diri. Karena menurut sumber-sumber yang dikutip dari Primbon, mimpi ini memiliki makna akan ada seseorang yang menagih janji.

Mungkin berupa teguran atau sejenisnya. Yang pada intinya seseorang yang mimpi tersebut supaya berinstropeksi diri agar tidak lupa dengan janji yang merupakan sebuah kewajiban harus ditepati.

2. Arti Mimpi Dikejar Pocong

Hampir sama dengan arti mimpi melihat pocong. Arti dari mimpi dikejar hantu ini yaitu sebagai pengingat diri. Dalam kata lain yaitu pertanda supaya instropeksi diri.

Yang namanya manusia tentu tidak selamanya hidup lurus tanpa masalah. Sifat lalai, lupa, berbuat salah, pasti ada pada setiap manusia biasa.

Terkadang karena keegoisan, sehingga berbuat salah tetapi merasa tidak berbuat salah. Tetapi yang namanya salah (kesalahan) akan selamanya kalah dengan yang benar (kebenaran).

Pasti ujung-ujungnya ada perasaan tidak enak, entah menyesal atau banyak cibiran-cibiran, atau bahkan mimpi-mimpi seperti mimpi dikejar pocong yang pada hakekatnya adalah pengingat supaya instropeksi diri.

3. Arti Mimpi Ketemu Pocong

Kategori yang lainnya adalah mimpi ketemu pocong. Sesuai dengan mimpinya yang menyeramkan, arti dari mimpi ini adalah seseorang akan mengalami ketakutan berkepanjangan.

Di dalam Islam, jika seseorang bermimpi yang menakutkan, itu sumbernya dari gangguan setan. Maka, alangkah baiknya jika mengalami mimpi-mimpi yang menyeramkan segeralah mengingat Allah SWT dan minta perlindungan-Nya.

Dengan begitu, meskipun arti mimpi menyeramkan tersebut menakutkan, setidaknya kita akan lebih tenang dan yakin bahwa semua yang sudah, sedang, dan akan terjadi merupakan kehendak Allah SWT.

4. Arti Mimpi Didatangi Pocong

Arti mimpi didatangi pocong yaitu seseorang akan dihampiri rasa takut atau kecemasan, atau kegelisahan, dan sejenisnya. Artinya masih sejenis dengan mimpi ketemu hantu ini.

Bagi orang-orang awam segala sesuatu yang berkaitan dengan pocong tentu menakutkan. Karena sifat atau tujuan dari hantu ini sendiri menampakan wujudnya di hadapan orang adalah untuk menakuti orang-orang.

Namun bagi orang-orang yang sudah tahu bahwa syetan apa pun wujudnya memang sudah ditakdirkan untuk menakuti orang-orang. Diciptakannya setan salah satu tujuannya adalah menakuti orang-orang.

Jadi, bagi orang-orang yang sudah tahu, ia akan memohon perlindungan pada sang Pencipta. Dan tidak merasa takut dengan hantu ini atau semua yang ada di dunia ini kecuali takut pada sang Pencipta.

5. Arti Mimpi Jadi Pocong

Mimpi yang satu ini mengingatkan kita bahwasanya buat apa kita takut dengan pocong, pada akhirnya juga kita yang umat muslim juga akan dipocong.

Arti mimpi jadi hantu ini adalah suatu pertanda atau himbauan bahwa kesuksesan seseorang didapat dari seseorang tersebut (diri sendiri).

Jadi, bisa juga diartikan jika kita ingin sukses dunia, maka kita harus berusaha dengan sepenuh tenaga dan pikiran diri sendiri. Dalam arti tidak malas-malasan.

Bisa diartikan juga sebagai pengingat kita akan kesuksesan sebenarnya, kesuksesan yang haqiqi.

Yaitu sukses melewati ujian-ujian hidup di dunia hingga akhirnya kita meninggalkan dunia dengan berhasil melaksanakan tugas atau tujuan manusia hidup di dunia ini.

6. Arti Mimpi Bicara dengan Pocong

Mimpi bertemu saja sudah termasuk menyeramkan. Apalagi mimpi berbicara dengan si setan poncong ini, ekstrim ya?

Namun, mimpi yang satu ini artinya cukup menyenangkan hati. Karena seseorang yang bermimpi bicara dengan setan ini artinya akan mengalami peningkatan keuangan.

Berbicara masalah keuangan sebenarnya berbicara masalah rezeki. Bagi yang mempercayai bahwa rezeki sudah diatur sama Allah SWT, maka jika mengalami mimpi ini dan benar-benar mengalami peningkatan keuangannya, maka sebaiknya meyakini mimpi tersebut sebagai pertanda dari Allah SWT.

Akan berbeda makna lagi jika mengartikannya “karena mimpi bicara dengan pocong” keuangan saya jadi meingkat.

Maka artinya peningkatan rezeki itu berarti datangnya dari mimpi tersebut. Secara otomatis berarti tidak mempercayai Allah SWT yang sudah mengatur rezeki. Sangat harus berhati-hati.

7. Arti Mimpi Melihat Banyak Pocong

Mimpi yang satu ini artinya adalah seseorang yang dalam keadaan melakukan banyak kesalahan dengan orang lain. Maka jika mengalami mimpi ini segeralah berinstropeksi diri.

Dan jika benar memang dalam keadaan mengalami banyak salah dengan orang lain, segeralah minta maaf. Karena meminta maaf itu lebih baik dan lebih bijak. Dan berusahalah untuk tidak mengulanginya lagi.

Kesimpulan dari Arti Mimpi Pocong

Arti mimpi melihat pocong

Pada intinya semua jenis mimpi, baik mimpi pocong, mimpi digigit ular, mimpi gigi copot, dan mimpi-mimpi lainnya adalah bunga tidur. Jika pun arti-arti dari mimpi tersebut benar terjadi, maka kembalikan pada sang pencipta.

Bagi umat yang mempercayai Tuhan, sebaiknya apabila mengalami mimpi yang arti dari mimpi tersebut benar terjadi, maka kembalikan semua pada Tuhan.

Karena manusia yang mempercayai Tuhan, harus mempertahankan aqidah kepercayaan kepada Tuhannya. Jangan sampai terucap “gara-gara mimpi ini aku jadi begini”.

Jika terucap begitu, maka artinya mimpi tersebutlah yang membuat seseorang jadi begini begitu. Itu sudah keluar dari aqidah ketuhanan.

Maka dari itu, berhati-hatilah dalam mengucap. Seseorang akan tidak akan merasa tenang jika mempercayai sepenuh hati dengan arti-arti mimpi.

Karena secara psikolog, seseorang akan mudah bermimpi jika kondisi psikolognya sedang tidak tenang atau terganggu.

Bagaimana jika anda sedang stres, terus mimpi yang arti mimpi itu tidak bagus, tentu akan menambah stres lagi.

Berbeda jika, kita mengembalikan semua kepada Tuhan. Maka ketenanganlah yang akan didapat. Karena kita tidak perlu memikirkan dan merasa cemas apa yang akan terjadi dikemudian hari setelah mengalami mimpi.

Nah, mungkin itu penjelasan dari kami tentag arti mimpi pocong. Sudah kami jelaskan mulai dari arti mimpi melihat pocong, dikejar, ketemu, didatangi, mimpi jadi pocong, sampai pada mimpi melihat banyak hantu ini. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar