Arti Mimpi Menikah

Ada banyak jenis mimpi menikah. Dalam dunia tafsir mimpi, hal ini sangat mempengaruhi arti mimpi menikah. Diantara jenis-jenis mimpi menikah yaitu mimpi menikah dengan pacar, menikah dengan mantan, terus menikah dengan orang lain, dan lain sebagainya.

Konon, mengalami mimpi menikah ada kaitannya dengan kematian. Apakah benar demikian?

Mitos Arti Mimpi Menikah

Arti Mimpi Menikah
Sumber: Canva

Jika dilihat dari kaca mata psikolog, mimpi ini bisa saja sebuah pertanda akan ada peningkatan tanggung jawab bagi si pemimpi.

Bagi yang akan menikah, tentu ini melambangkan perasaan si pemimpi yang akan menjalani kehidupan baru.

Bagi laki-laki pasti akan berpikir punya tanggungan baru, dan bagi perempuan pasti berpikir, kehidupannya akan tidak bebas lagi.

Pikiran-pikiran seperti itu berdampak pada tingkat depresi, sehingga cukup diterima akal jika sampai terbawa mimpi.

Jika dilihat menurut mitos yang ada, jika seseorang yang sudah menikah mengalami mimpi ini, tandanya ia akan mendapat sebuah kesibukan baru.

Mitos lainnya lagi, jika seseorang mimpi menikah dengan orang lain yang sudah menikah, maka tandanya ia akan mendapat kesulitan dari orang lain.

Kok tidak ada yang mengartikan mimpi menikah sebagai pertanda kematian? Apakah mitos-mitos tersebut benar? Atau hanya kabar simpang siur yang tidak jelas sumbernya?

Bagi kamu yang sangat penasaran dengan arti mimpi menikah, baik dari segi psikolog, maupun dari segi tafsir Primbon jawa, silahkan simak pembahasan berikut ini.

Arti Mimpi Menikah Menurut Psikolog

Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang mengalami mimpi menikah. Beberapa faktor ini secara psikologi, sangat bisa diterima oleh logika manusia.

Apa saja faktornya? Berikut adalah penjelasan beberapa faktor penyebab seseorang mengalami mimpi menikah.

1. Keinginan untuk Menikah

Ini banyak terjadi pada kalangan anak muda yang sudah masuk usia-usia menikah. Baik dia seorang anak muda laki-laki maupun perempuan.

Sebuah keinginan menikah memang cukup mengganggu pikiran dan hati seseorang. Terlebih jika didorong oleh tekanan dari lingkungan, baik dari teman-teman atau orang terdekat yang menanyakan kapan menikah.

2. Kehidupan yang Kurang Sesuai dengan Harapan

Ketika seseorang yang sudah menikah, namun kehidupannya setelah menikah jauh dari apa yang diharapkan.

Ketika mengalami suatu hal yang diingin-inginkan, namun tidak terwujud, biasanya alam bawah sadar akan menampilkan impian tersebut di dalam mimpi.

3. Kehidupan yang Semakin Terbebani Tanggung Jawab

Umumnya ini terjadi pada kaum wanita. Seorang wanita pekerja yang sudah merasa jenuh dan lelah dengan pekerjaannya, cenderung lebih sering mengalami mimpi menikah.

Terlebih jika ada banyak tekanan-tekanan yang di dapat dalam pekerjaan yang digelutinya. Hal ini semakin memicu alam bawah sadar untuk segera mengakhiri pekerjaan dengan menikah.

Ketika wanita sudah menikah, tentu pikirannya sudah tidak terlalu memikirkan tanggung jawab untuk kehidupan dirinya. Karena sudah ada suami yang menanggungnya.

4. Kehidupan yang Terlalu Monoton

Menjalani kehidupan yang monoton tentu sangat menjenuhkan. Hal ini memicu seseorang mengalami mimpi tentang pernikahan.

Menginginkan hal yang tidak monoton, seperti halnya dengan menginginkan kebahagiaan menikah. Karena dengan menikah, hidupnya tidak akan monoton lagi.

5. Meningkatnya Kemampuan Diri

Hal yang memicu seseorang mengalami mimpi menikah selanjutnya adalah ketika seseorang mengalami peningkatan kualitas diri, namun belum ia sadari.

Seseorang yang berani menikah berarti ia sudah berkualitas dan siap untuk menjalani kehidupan baru dengan pasangannya.

Karena menikah itu butuh persiapan diri. Yang mana persiapan diri ini yaitu kadar kualitas dirinya.

Bermimpi menikah bisa jadi merupakan sebuah isyarat bahwa dirinya sudah berkualitas. Atau sudah mengalami peningakatan kualitas diri.

6. Hilangnya Kebebasan Diri

Seseorang yang sudah menikah maka akan hilang kebebasan dirinya. Karena ia akan saling dibebani tanggung jawab kepada pasangannya.

Mimpi ini bisa saja datang pada seseorang yang belum menikah namun sudah merasakan kehilangan kebebasan dirinya, entah mungkin karena pekerjaan yang terlalu memakan waktu, pengawasan ekstrim, atau hal lainnya.

Nah itulah beberapa faktor penyebab seseorang mengalami mimpi menikah. Baik mimpinya menikah dengan pacar, mantan, atau pun orang lain.

Arti Mimpi Menikah Menurut Primbon

Arti Mimpi Menikah dengan pacar, mantan, orang lain, menikah lagi
Sumber: Canva

Menurut sumber yang kami dapatkan, ada banyak sekali jenis mimpi tentang pernikahan berdasarkan tafsir Primbon.

Dalam penafsiran Primbon, setiap jenis mimpi, meskipun masih satu tema, biasanya ia akan memiliki arti yang berbeda-beda.

Misalkan mimpi tentang ular. Yaitu mimpi dikejar ular, digigit ular, dan dililit ular. Jika dilihat dalam tafsiran mimpi yang ada di Primbon, ia akan memiliki arti yang berbeda-beda.

Begitu juga dengan mimpi menikah yang sedang kita bahas ini. Nah, biar lebih jelas berikut adalah jenis-jenis mimpi pernikahan yang memiliki arti berbeda-beda.

1. Mimpi Menikah dengan Pacar

Jika seseorang mengalami mimpi menikah dengan pacar, maka ia akan mendapati suatu kesedihan atau kekecewaan.

Ini sangat terbalik dengan jenis mimpinya. Yang mana mimpi menikah dengan pacar adalah suatu hal yang diinginkan oleh pasangan yang berpacaran.

Namun, inilah uniknya Primbon. Mungkin ini salah satu penyebab orang-orang tua dahulu sebagian besar percaya dengan tafsiran Primbon.

2. Mimpi Menikah dengan Mantan

Mimpi menikah dengan mantan berdasarkan Primbon, menurut sumber yang kami dapatkan mimpi ini merupakan pertanda akan ada kabar buruk.

Menikah dengan mantan menjadi hal yang diinginkan bagi seseorang yang masih menyimpan perasaan dengan sang mantan.

Namun bisa juga menjadi hal yang tidak diinginkan jika ia memang sudah terlanjur benci dengan sang mantan kekasih.

3. Mimpi Menikah Sama Orang yang Diingingkan

Ada kabar buruk yang datang jika seseorang mengalami mimpi ini. Dikabarkan si pemimpi bakal mengalami sakit musiman.

Padahal mimpinya tentang suatu yang diidamkan. Namun tafsirnya jauh dari hal yang diinginkan. Malah hal yang tidak diinginkan.

4. Mimpi Menikah dengan Teman

Apa arti dari mimpi ini? Apakah pertanda yang tidak mengenakan hati? Menurut beberapa sumber, mimpi ini artinya si pemimpi akan didatangi orang jauh. Atau  bisa juga teman yang lama tidak jumpa.

Di dalam dunia nyata, tentu tidak ada pernikahan yang terjadi dengan teman. Kecuali ia dijodohkan sama orang tuanya.

5. Mimpi Menikah sama Orang yang Tidak Dikenal

Mimpi ini menandakan si pemimpi dalam kondisi labil atau mudah terpengaruh oleh lingkungan. Mimpi ini sebagai sebuah pertanda supaya si pemimpi berusaha memperbaiki diri.

Mimpi ini juga bisa dikatakan sebagai pertanda bahwa si pemimpi masih minim pengetahuan dan pengalaman. Terutama dalam hal memilih pasangan yang baik untuk masa depan itu seperti apa.

6. Mimpi Menikah sama Suami atau Istri Orang Lain

Bila ada orang yang mengalami mimpi ini, tandanya ia sedang tidak harmonis dengan pasangannya. Maka butuh sesuatu yang bisa menyegarkan hubungan menjadi lebih harmonis.

Rasa iri melihat pasangan lain terlihat lebih harmonis menjadi salah satu penyebabnya. Sebenarnya ada cara pandang yang salah. Bisa jadi yang terlihat lebih harmonis di depan, di belakang sebenarnya tidak harmonis.

Kurangnya rasa bersyukur juga menjadi salah satu penyebabnya. Maka pandai-pandailah bersyukur supaya hubungan dengan pasangan tetap harmonis.

Itulah penjelasan dari kami tentang arti mimpi menikah. Sebenarnya ada banyak tafsir yang berkaitan dengan mimpi menikah.

Diantaranya ada jenis mimpi yang merupakan pertanda kematian seseorang. Seperti mitos yang sekarang sudah tersebar di kalangan masyarakat.

Namun, kita harus lebih cerdas dalam menyikapi hal-hal berbau tafsir atau ramalan. Apalagi jika kita seorang yang beragama.

Jangan sampai hal semacam ini mempengaruhi keimanan kita terhadap Tuhan. Percayalah segala sesuatu yang belum terjadi adalah kuasa Tuhan.

Lebih baik berpikir baik tentang masa yang belum kita lalui. Dari pada harus percaya dengan tafsir mimpi yang mengatakan sesuatu yang buruk akan terjadi di masa yang belum dilalui.

Karena apa yang kita pikirkan itu sangat berpengaruh pada kehidupan kita. Jadi untuk menyikapi tafsir mimpi yang memberikan kabar buruk, sebaiknya abaikan dan memohon perlindungan pada Tuhan.

Kurang lebihnya demikian, semoga artikel tentang arti mimpi menikah ini cukup mencerahkan dan berdampak positif bagi yang membacanya.