Arti Mimpi Melahirkan Menurut Primbon dan Psikolog [Lengkap]

Assalamu’alaikum wr.wb. Halo sahabat, anda mimpi melahirkan tapi belum menikah? Sudah menikah? Arti mimpi melahirkan anak laki-laki, perempuan, melahirkan anak kembar, melahirkan anak dan menyusuinya, melahirkan bayi cacat, dan masih ada yang lainnya termasuk melahirkan di luar nikah, akan dibahas dalam satu artikel ini.

Di dunia nyata, melahirkan di luar nikah adalah hal memalukan. Namun tidak demikian jika itu adalah mimpi. Sebab, arti mimpi melahirkan hanya “bunga tidur” yang identik dengan ilusi.

Di sisi yang lain, mimpi melahirkan memang mempunyai makna khusus. Baik berkaitan dengan peristiwa negatif maupun positif. Bisa pula karena keinginan yang besar untuk memiliki “momongan”.

Pada artikel berikut ini, akan diurai secara panjang lebar tentang arti mimpi melahirkan. Baik melahirkan bayi laki-laki, perempuan ataupun mimpi melahirkan bayi kembar (menurut primbon). Di akhir nanti, baru dijelaskan tentang makna mimpi melahirkan menurut agama islam.

Ternyata mimpi rambut rontok juga ada artinya loh, baca di sini.

Arti Mimpi Melahirkan Menurut Primbon

Arti Mimpi Melahirkan

Menurut primbon, mimpi melahirkan bermakna akan ada kehidupan yang baru. Baik dari segi asmara maupun pekerjaan. Berikut narasi lebih lengkap yang kami urai dari tiga kategori yaitu.

  • Mimpi Melahirkan Anak Laki-Laki
  • Mimpi Melahirkan Anak perempuan
  • Mimpi Melahirkan Anak Kembar

1. Arti Mimpi Melahirkan Anak Laki Laki

Arti mimpi melahirkan anak laki-laki sangat luas. Pentafsirannya dikaitkan dengan potret mimpi secara utuh. Maka dari itu, ingat detail mimpi, baru dilakukan pentafsiran seperti berikut, yaitu.

a. Mimpi Hamil dan Melahirkan Anak Laki-Laki

Jika bermimpi hamil dan melahirkan anak laki-laki, pertanda si pemimpi akan mendapatkan keuntungan yang besar. Tafsir ini menjelaskan tentang pekerjaan dan suasana rumah tangga.

Mimpi semacam ini, masuk kategori positif. Bahkan, bisa meningkatkan motivasi si pemimpi agar tidak mudah putus asa. Ingat terus mimpi tersebut, lalu yakinlah kalau kesuksesan pasti datang.

b. Mimpi Melahirkan Anak Laki-Laki Di Luar Nikah

Kebalikan dari poin satu, bermimpi melahirkan anak laki-laki di luar nikah, justru pertanda buruk. Karena tafsir mimpi ini mengisyaratkan si pemimpi akan diuji dengan cobaan hidup.

2. Arti Mimpi Melahirkan Anak Perempuan

Melahirkan anak perempuan, tentu idaman para ibu. Katanya, memiliki anak perempuan bisa diajak masak, didandani dan sebagainya.

Saking inginnya pada anak perempuan, terkadang harapan tersebut pun ikut terbawa mimpi. Jika benar begitu, ini tafsirnya, yaitu.

a. Mimpi Melahirkan Anak Perempuan Cantik

Wajah cantik identik dengan keberuntungan. Maka dari itu, bermimpi melahirkan anak perempuan berwajah cantik, berarti keuntungan akan diterima si pemimpi.

Menurut primbon, mimpi ini terkait dengan rezeki yang tidak disangka-sangka. Semakin larut waktu ketika bermimpi, berarti keuntungan yang akan diterima juga semakin besar.

b. Mimpi Melahirkan Anak Perempuan dengan Normal 

Melahirkan dengan normal, membutuhkan usaha keras. Bahkan, rasanya cukup menyakitkan. Kisah nyata ini juga terkait dengan mimpi melahirkan anak perempuan dengan normal.

Menurut primbon Jawa, melahirkan anak perempuan dengan normal mengisyaratkan kalau si pemimpi adalah pekerja keras. Sehingga suatu saat nanti, Dia akan meraup keuntungan besar atas usahanya.

3. Arti Mimpi Melahirkan Anak Kembar

Menurut tafsir primbon, bermimpi melahirkan bayi kembar umumnya menandakan dua kejadian, yaitu si pemimpi akan mendapatkan rezeki atau justru dihadapkan pada dua pilihan masalah yang pelik. Agar lebih jelas, berikut uraiannya sesuai dengan potret mimpi secara detail, yaitu.

a. Mimpi Melahirkan Anak Kembar Laki-laki

Jika bermimpi melahirkan anak kembar laki-laki, berarti si pemimpi akan diberi kekuatan untuk menjalani kehidupan yang keras. Kalau ini terjadi, segera kendalikan hidup tanpa rasa takut dan ragu. Bukan bermaksud percaya pada mimpi, tetapi ada sisi positif yang bisa ditangkap di sana dan tidak salah kalau menjadi motivasi.

b. Mimpi Melahirkan Anak Kembar 3

Bermimpi melahirkan anak kembar 3, berarti bakal terjadi kegelisahan di dalam diri si pemimpi. Hal ini terkait dengan perasaan, fisik dan pikiran yang tidak menyatu ketika mendapat masalah.

Akan tetapi, menurut primbon, si pemimpi akan mampu melewatinya. Maka dari itu, mimpi ini masih masuk kategori baik.

Arti Mimpi Melahirkan Versi Lain

Arti Mimpi Melahirkan Bayi laki laki, perempuan, dan kembar

Untuk keluarga yang sudah lama menikah tetapi belum juga mendapat keturunan, tentu ada yang kurang di dalam perasaan. Sekalipun anak adalah riski dari Allah yang tidak satu pun mahluk bisa mengetahui kapan datangnya.

Sekalipun begitu, yang namanya orang tua, pasti tidak lekang untuk berharap. Bahkan ada yang sampai terbawa mimpi. Pertanyaannya adalah apakah arti mimpi melahirkan adalah isyarat kebahagiaan dari Allah? Berikut penjelasannya menurut versi lain.

1. Mimpi Melahirkan dan Menyusuinya

Jika bermimpi melahirkan dan menyusui bayi yang baru lahir, tafsirnya adalah si pemimpi akan mendapatkan rezeki yang tidak disangka-sangka. Hal ini terkait dengan harta atau kekayaan.

Jika mimpi semacam ini dialami, segera bersyukur supaya peristiwanya menjadi nyata. Kalau perlu sampaikan kepada keluarga supaya ikut berbahagia.

2. Mimpi Melahirkan dan menyusui Tetapi Belum Menikah

Arti mimpi melahirkan dan menyusui bayi tetapi diri belum menikah, berarti bakal ada kejadian buruk yang menimpa si pemimpi. Bisa jadi, ini isyarat bakal adanya fitnah besar yang menghantam keluarga. Maka dari itu, berhati-hatilah dan selalu bergaul dengan baik.

Jika bermimpi buruk semacam ini, ucapkan istigfar dan taawudz. Yang paling penting ialah jangan ceritakan kepada siapapun sekalipun dengan keluarga sendiri.

3. Mimpi Melahirkan tapi Bayi Cacat

Mimpi melahirkan bayi tetapi cacat, tafsirnya versi lainnya adalah si pemimpi akan mendapatkan masalah yang membuatnya depresi. Bentuk masalah adalah didera persepsi buruk masyarakat terhadap si pemimpi yang menjurus pada gibah dan fitnah.

Jika hal ini terjadi, segera lakukan introspeksi diri. Ubah perilaku yang buruk serta tingkatkan pergaulan yang harmonis.

Arti Mimpi Melahirkan Menurut Psikolog

Arti Mimpi Melahirkan Bayi laki laki, perempuan, kembar

Menurut para psikolog, bermimpi melahirkan identik dengan psikologis si pemimpi yang teramat besar keinginannya untuk menimang bayi. Sebuah harapan yang menjadi kegelisahan kronis sampai terbawa ke alam mimpi.

Dasar teorinya adalah mimpi melahirkan ditentukan oleh stimulus otak si pemimpi. Semakin kuat rangsangan tersebut, peluang “bunga tidur” yang dimaksud hadir dalam tidur, juga semakin besar.

Sekalipun begitu, tidak tertutup kemungkinan, arti mimpi melahirkan juga identik dengan tafsir tertentu. Para ahli psikologis juga mengakuinya.

1. Mimpi Melahirkan Tetapi Belum Menikah

Menurut psikolog, mimpi melahirkan tetapi belum menikah, tafsirnya adalah positif. Karena si pemimpi akan mendapatkan hal baru yang menyenangkan. Sekalipun tanggung jawab atasnya juga bertambah.

2. Mimpi Melahirkan dan Sudah Menikah

Jika bermimpi melahirkan tetapi dalam mimpinya si pemimpi sudah menikah, berarti ada gejala yang baik dalam keluarga. Bahkan semua keluarga, termasuk si pemimpi akan lebih bersemangat dalam mengarungi kehidupan.

Ada juga yang mengartikan sebagai isyarat kalau harapannya akan terkabul. Termasuk harapan memiliki momongan.

3. Mimpi Melahirkan Bukan Manusia

Mimpi melahirkan yang paling negatif menurut psikolog adalah melahirkan mahluk selain manusia. Karena ini berhubungan langsung dengan kejiwaan si pemimpi.

Sebagian psikolog menyatakan, mimpi ini hadir akibat kecemasan si pemimpi karena tidak ujung mendapatkan keturunan. Bisa pula rasa was-was jika adanya anak justru membuat tanggung jawab keluarga semakin besar. 

Kesimpulan

Mimpi menurut primbon, versi lain, maupun psikolog, sepakat ada tafsir tertentu yang melingkupinya. Bisa berupa makna negatif atau sebaliknya.

Sekalipun begitu, mempercayai seratus persen sangatlah kurang tepat. Karena ada sebagian mimpi yang hadir justru karena rasa lelah dan was-was dari si pemimpi yang disebut “bunga tidur”.

Di dalam Islam, penulis pernah mendengar suatu hadits yang membahas tentang mimpi. Salah satu hadits tersebut yaitu membahas tentang macam-macam mimpi.

Bahwasannya, ada mimpi yang datang dari bisikan hati, dari gangguan syetan, dan mimpi yang merupakan isyarat dari Allah Swt. Pada intinya, jika suatu mimpi merupakan pertanda yang benar terbukti, kita tidak boleh memahami dan mempercayainya sebagai keyakinan. Namun cara memahaminya yaitu mimpi tersebut merupakan isyarat dari Allah Swt. Wallahu’alam.

Demikianlah uraian tentang arti mimpi melahirkan menurut budaya, agama maupun ilmu jiwa. Semoga menjadi tambahan pengetahuan untuk semuanya. Tambah lebih banyak pengetahuan anda dengan membaca artikel menarik kami.

Tinggalkan komentar