Arti Mimpi Bangun Rumah

Mimpi membangun rumah adalah cermin dari hasrat tentang perencanaan masa depan. Selain itu, arti mimpi bangun rumah bisa juga menyangkut tentang keluarga, keuangan, asmara, dan situasi yang menyangkut dengan kehidupan. Seperti halnya dengan arti mimpi rumah kebakaran dan mimpi pindah rumah, mimpi tentang rumah ada yang pertanda baik, dan adapula yang pertanda buruk.

Namun mimpi ini bisa juga datang karena ada keinginan besar membangun rumah yang belum terlaksana. Ada dua penjelasan tentang mimpi ini, yakni penjelasan yang mengacu pada psikolog, dan penjelasan yang mengacu pada primbon.

Penjelasan Arti Mimpi Bangun Rumah Menurut Psikolog

Arti Mimpi Bangun Rumah
Sumber: Pixabay

Secara psikolog umum, jika seseorang mimpi membangun rumah itu merupakan refleksi dari keinginan besar untuk membangun rumah. Biasanya ini terjadi pada pasangan suami istri yang sudah lama belum mempunyai rumah idaman.

Dalam kasus lainnya, bisa juga mimpi bangun rumah merupakan refleksi dari sebuah fokus hidup untuk membangun kekayaan. Secara duniawi, rumah memang merupakan salah satu simbol kekayaan.

Menurut Ariadne Green di dalam Ariadne’s Book of Dream, mengatakan membangun rumah adalah pertanda seseorang sedang berencana membuat target baru. Artinya seseorang sedang mengalami hidup di situasi baru.

Yang mana, seseorang tersebut sedang menikmati hal positif di peran barunya dalam kehidupannya.

Mimpi membangun rumah bisa juga mewakili perasaan seseorang yang sedang membuktikan keunggulan atau kemampuannya pada orang lain.

Secara garis besar, penjelasan secara psikolog arti mimpi bangun rumah merupakan simbol atau lambang seseorang sedang dalam situasi yang positif. Ia dalam sebuah rencana baru dalam kehidupannya.

Penjelasan Arti Mimpi Bangun Rumah Menurut Primbon

Arti Mimpi Membangun Rumah
Sumber: Pixaybay

Ada banyak penjelasan mimpi bangun rumah versi Primbon. Penjelasan tersebut menyesuaikan dengan mimpi-mimpi yang dialami seseorang.

Mimpi-mimpi tentang membangun rumah yang dialami seseorang tentu berbeda-beda. Ada yang bermimpi membangun rumah kecil, ada juga yang bermimpi membangun rumah besar, dan masih banyak lagi jenis-jenis mimpi tentang bangun rumah.

Primbon menjelaskan lebih detail mengenai mimpi ini. Dari setiap jenis mimpi bangun rumah ada penjelasan dan tafsirnya masing-masing.

Uniknya, meski sama-sama mimpi tentang rumah, namun penjelasan dan tafsirnya bisa jauh tidak bersangkutan sama sekali. Supaya lebih jelas, berikut ini detail penjelasannya.

Arti Mimpi Bangun Rumah Besar

Kabar menyenangkan bagi yang bermimpi membangun rumah besar. Sebuah keberuntungan yang berkaitan dengan rezeki akan menghampirinya.

Untuk kapan waktu keberuntungan itu datang, Primbon tidak menjelaskan secara jelas. Namun, janganlah sepenuhnya berharap bahwa mimpi itu memang benar-benar pertanda tentang keberuntungan.

Karena pada dasarnya, semua sudah diatur oleh Tuhan. Jadi, jika ingin benar-benar menjadi kenyataan arti dari mimpi tersebut, terapkan konsep Tuhan tentang menjemput rezeki, yakni berdoa, berusaha, dan pasrahkan sepenuhnya pada Tuhan.

Arti Mimpi Membangun Rumah Kecil

Tidak semua mimpi tentang rumah merupakan kabar baik dan menyenangkan. Karena menurut penjelasan yang kami ketahui, mimpi membangun rumah kecil merupakan pertanda yang tidak baik.

Sebuah kesulitan adalah arti dari mimpi bangun rumah kecil. Kesulitan tersebut bisa saja berkaitan dengan masalah keuangan atau bisa juga tentang masalah hubungan asmara.

Namun, janganlah pesimis dengan arti mimpi ini. Sebuah kesulitan merupakan bagian dari kehidupan manusia. Tidak ada manusia yang tidak pernah mangalami masa-masa sulit.

Karena pada dasarnya manusia hidup di dunia ini adalah sebuah perjalanan yang dimana akan ada banyak ujian. Mustahil jika manusia hidup di dunia ini tanpa adanya kesulitan atau ujian hidup yang tidak mengenakan lainnya.

Dengan adanya kesulitan tersebut, seseorang akan belajar banyak hal yang akan membuat kesadarannya lebih terbangun.

Arti Bangun Rumah 2 Lantai

Ini adalah mimpi yang sangat indah. Membangun rumah 2 lantai tentu menjadi idaman semua orang.

Beruntung orang yang mengalami mimpi ini. Selain merupakan mimpi yang menyenangkan, mimpi ini juga merupakan pertanda akan hal baik menghampirinya.

Apalagi jika yang bermimpi ini seorang yang belum memiliki pekerjaan. Tentu menjadi kabar yang sangat menggembirakan.

Arti mimpi bangun rumah 2 lantai adalah sebuah pertanda seseorang akan mendapatkan pekerjaan. Atau jika yang bermimpi seseorang yang sudah memiliki pekerjaan yang nyaman, mimpi ini berarti sebuah pertanda ia akan  mendapatkan tanggung jawab baru.

Bisa jadi naik jabatan, atau yang lainnya. Yang intinya ini hal yang positif. Meskipun begitu, semua hal tentu kehendak dari Tuhan yang Esa. Jadi, jika benar-benar terjadi, berarti mimpi tersebut memang isyarat dari Tuhan yang harus disyukuri.

Arti Mimpi Bangun Rumah untuk Orang Tua

Salah satu keinginan yang ada dalam setiap anak adalah memberikan hadiah orang tua. Mungkin dari kalangan orang biasa-biasa aja sampai yang kaya, mempunyai keinginan untuk membangun sebuah rumah untuk orang tuanya.

Jika keinginan ini tenyata terjadi di dalam mimpi, maka ada penjelasan yang mengatakan ini sebuah pertanda baik.

Pertanda baiknya berkaitan dengan kondisi keuangan. Yang mana seseorang yang mengalami mimpi ini berarti keadaan atau kondisi keuangannya dalam berkecukupan.

Hal ini tentu memicu kebahagiaan hidup. Karena uang merupakan salah satu faktor yang cukup penting dalam kehidupan seseorang di zaman sekarang.

Arti Mimpi Membangun Rumah Sama Kekasih

Dari semua mimpi membangun rumah yang indah, tentu mimpi bangun rumah yang paling indah adalah ketika membangun bersama kekasih tercinta.

Kebahagiaan tiada tara ketika hidup damai bersama kekasih yang dicintai. Mimpi membangun rumah bersama kekasih adalah pertanda sangat membahagiakan.

Terlebih, arti dari mimpi ini juga sebuah kabar yang selalu ditunggu-tunggu oleh setiap orang yang belum menikah.

Mimpi membangun rumah dengan kekasih adalah pertanda seseorang akan segera berumah tangga dengan kekasihnya.

Arti Mimpi Bangun Rumah Tetapi Belum Siap

Maksudnya adalah seseorang yang bermimpi membangun rumah, tetapi ternyata belum siap dari segi materi atau keuangan untuk biaya bangun rumah.

Tentu tidak akan jadi 100% rumah tersebut. Arti mimpi ini adalah ada pekerjaan yang masih mengganjal. Dan bisa juga pertanda ada seseorang yang pernah hadir di masa lalu, sekarang sedang butuh pertolongan.

Arti Mimpi Membangun Rumah Ibadah

Membangun rumah ibadah adalah cita-cita yang mulia. Dibutuhkan keimanan sejati dan keikhlasan yang kuat untuk memiliki cita-cita ini.

Jika seseorang bermimpi membangun rumah ibadah, maka pertanda baik akan menghampirinya. Semua yang dilakukan akan mendatangkan keberkahan hidup, yang mana akan menguntungkan hidupnya.

Arti Mimpi Membangun Rumah Hancur

Maksudnya adalah mimpi membangun rumah yang sudah hancur. Bahasa arsiteknya adalah renovasi rumah. Seseorang yang mimpi renovasi rumah yang hancur maka ini sebuah pertanda baik.

Jika seseorang sedang mendapatkan masalah yang membuat stres, ia akan segera mendapatkan pertolongan. Dan jika ia dalam kesulitan, mimpi ini datang sebagai isyarat akan berakhirnya sebuah kesulitan tersebut.

Namun, jika sudah bermimpi ini namun tidak ada pertanda bahwa akan ada pertolongan mengenai masalahnya, atau kesulitan-kesulitan yang sedang dialaminya tidak ada tanda-tanda akan berakhir, maka mimpi ini bukanlah mimpi yang memiliki arti.

Karena mimpi sendiri itu bisa hadir dalam tidur seseorang karena 3 hal. Pertama mimpi datang dari Tuhan sebagai sebuah pertanda, kedua mimpi dari datang karena perasaan dan pikirannya sendiri, dan terakhir mimpi yang datang dari setan yang ingin mengganggu.

Kesimpulan dari Penjelasan

Sudah dijelaskan bahwa mimpi membangun rumah ada dua penjelasan. Yang pertama penjelasan secara psikolog, yang secara umum intinya mimpi ini adalah simbol atau lambang dari situasi dan keadaan si pemimpi.

Kedua yakni penjelasan menurut sumber yang berdasarkan pada Primbon. Di setiap jenis mimpi membangun rumah merupakan pertanda. Terjadi atau tidak terjadi pertanda tersebut menentukan mimpi itu datangnya dari mana.

Jika memang benar-benar terjadi berarti mimpi tersebut datang dari Tuhan yang Esa sebagai sebuah pertanda. Maka pantas untuk bersyukur bagi yang mengetahui dan memahami arti mimpi ini.

Jika pertanda dari mimpi ini tidak terjadi, berarti mimpi tersebut memang datang dari gejolak hati dan pikiran yang serdang fokus memikirkan itu.

Dan ada satu mimpi lagi yang mana jika mimpi itu merupakan mimpi buruk, maka mimpi tersebut datangnya dari setan.

Demikian pembahasan kami tentang arti mimpi bangun rumah. Baca juga tafsir mimpi lainnya seperti arti mimpi dikejar buaya.