Arti Kedutan Mata / Alis / Tangan / Bibir Versi Medis, Primbon, dan Islam

Arti Kedutan – Ada banyak bagian tubuh manusia yang tidak jarang mengalami kedutan. Di antaranya yaitu kedutan mata kanan atas, mata kanan bawah, kedutan mata kiri atas, mata kanan bawah, kedutan pada tangan, bibir, dan anggota tubuh lainnya.

Beberapa masyarakat, mempercayai kedutan merupakan suatu pertanda. Bisa pertanda baik, bisa juga pertanda buruk. Ada beberapa sudut pandang yang berbeda dalam menilai hal ini.

Secara dunia medis, kedutan bisa dianggap sebagai gejala suatu penyakit. Namun, menurut kitab Primbon Jawa, kedutan bisa dianggap sebagai pertanda baik, dan bisa juga merupakan pertanda buruk.

Di sisi lain, Agama Islam juga memili sudut pandang tersendiri mengenai arti kedutan. Nah, tentu ini cukup menarik untuk diketahui bukan? Dalam artikel ini, kami akan mencoba mengulas ketiga sudut pandang tersebut.

Arti Kedutan Secara Medis

Arti Kedutan mata, alis, dan lainnya menurut medis
Sumber: koran-jakarta.com

Berikut ini merupakan pejelasan yang diambil dari sumber terpercaya, yakni situs-situs dokter seperti alodokter.com, halodoc, dan sumber lainnya.

Istilah kedutan dalam dunia medis dikenal dengan nama Twitching. Peristiwa aggota tubuh yang kedutan memang kerap terjadi di bagian tubuh seperti kelopak mata, wajah, bibir, dan lainnya.

Dari sisi medis, kedutan merupakan hasil dari kontraksi unit motorik yang dibangun oleh sel-sel neuron yang memberikan sinyal pada otot bagian tubuh tertentu untuk kontraksi berulang-ulang diluar kendali.

Hal ini biasa menyebabkan kedutan terjadi berkali-kali di waktu yang berdekatan. Nah, jika salah satu bagian tubuh kita mengalami kedutan, berarti bagian tubuh tersebut sedang memberikan informasi mengenai kondisi tubuh kita.

Secara medis, ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya kedutan pada anggota tubuh kita. Di antaranya yaitu:

  1. Kedutan terjadi disebabkan oleh perasaan cemas atau gugup.
  2. Kedutan bisa juga terjadi karena tubuh terlalu banyak mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein.
  3. Kedutan juga bisa terjadi disebebkan karena kekurangan nutrisi.
  4. Kedutan bisa juga karena kekurangan cairan tubuh.
  5. Dan kedutan juga bisa disebabkan karena badan yang tidak vit atau kurang sehat.

Jika disimpulkan, kedutan rawan terjadi ketika kondisi tubuh sedang kelelahan yang disebabkan karena kurang istirahat atau kerja yang berlebihan.

Arti Kedutan Versi Kitab Primbon Jawa

Arti kedutan mata, alis, tangan, bibir versi Primbon Jawa
Sumber: ujare.com

Primbon Jawa menurut masyarakat Jawa disebut sebagai kitab warisan leluhur atau nenek moyang orang Jawa. Kitab Primbon berisi berbagai perhitungan-perhitungan yang mungkin boleh dikategorikan sebagai ramalan.

Karena, di dalam Primmbon Jawa terdapat keterangan yang berkaitan dengan kehidupan manusia yang belum terjadi. Dan juga membahas seperti watak, perilaku, dan lainnya yang berkaitan dengan kehidupan.

Buku atau Kitab Primbon ini sudah dipercayai oleh banyak orang. Khususnya oleh masyarakat Jawa. Terutama para orang tua dan sesepuh masayarakat Jawa.

Sampai sekarang, tidak sedikit dari mereka yang masih merujuk pada Primbon ketika mendapati suatu pertanda. Misalkan seperti kejatuhan cicak, kedutan, menabrak kucing, dan lainnya.

Bahkan Primbon ini juga bisa digunakan untuk perhitungan menentukan hari. Entah hari pernikahan, membangun rumah, dan lainnya.

Apa tujuannya? Tujuannya tidak lain untuk mengharapkan keselamatan dan tidak terjadi suatu yang tidak diinginkan.

Mungkin bisa disimpulkan kitab atau buku Primbon merupakan buku yang berisi berbagai jawaban yang berkaitan dengan masalah kehidupan. Termasuk jawaban arti dari kedutan yang sedang kita bahas ini.

A. Arti Kedutan Mata Menurut Primbon

Arti Kedutan Mata
Sumber: cdn.brilio.net

Di antara bagian tubuh yang sering mengalami kedutan adalah bagian sekitar mata. Terkadang terjadi kedutan di bagian kelopak mata kanan atas, kanan bawah, kiri atas, dan kiri bawah.

Menurut Primbon Jawa, setiap bagian mata yang mengalami kedutan memiliki arti masing-masing. Jadi, antara kedutan mata kanan atas dengan kedutana mata kanan bawah memiliki arti yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan di bawah ini.

1. Kedutan Mata Kanan Atas

Yang dimaksud dari kedutan mata kanan atas adalah kedutan yang terjadi di area kelopak mata kanan atas. Bukan pada bola matanya.

Biasanya terjadi di kelopak mata titiknya di ujung kelopak mata yang di sebelah pinggir. Namun bisa juga titiknya ditengah kelopak.

  • Arti Kedutan Mata Kanan Atas

Apa yang arti dari kedutan yang terjadi di bagian kelopak mata kanan atas? Di ambil dari sumber yang terpercaya, kedutan mata kanan atas merupakan suatu pertanda seseorang akan mendapat rezeki yang tidak di duga-duga.

Primbon Jawa tidak menjelaskan kapan waktunya tiba rezeki tersebut. Namun, apabila kedutan yang dialami sering dengan jeda waktu yang berdekatan, artinya waktu tibanya semakin dekat dan juga bisa semakin besar jumlahnya.

2. Kedutan Mata Kanan Bawah

Selain bagian atas, kedutan juga bisa terjadi di bagian kelopak mata kanan bagian bawah. Apakah ini pertanda yang sama dengan kedutan mata kanan atas?

Menurut Primbon Jawa, kedutan yang terjadi pada bagian mata kanan bawah juga merupakan pertanda baik. Pertanda apakah itu?

  • Arti Kedutan Mata Kanan Bawah

Jika seseorang mengalami kedutan di bagian kelopak mata kanan bawah, artinya seseorang tersebut akan mendapat kabar baik.

Yang dimaksud kabar baik di sini bisa berupa akan bertemu jodoh, menemukan barang miliknya yang hilang, bertemu dengan saudara jauh, dan kabar baik sejenisnya.

3. Kedutan Mata Kiri Atas

Berdasarkan Primbon Jawa, semua kedutan yang terjadi di sebelah kiri bagain tubuh bisa merupakan pertanda buruk. Termasuk kedutan mata kiri atas ini.

Meskipun terjadi di kelopak mata bagian atas, tetap saja jika itu mata sebelah kiri merupakan pertanda buruk.

  • Arti Kedutan Mata Kiri Atas

Pertanda apa yang akan terjadi apabila mengalami kedutan mata kiri atas? Jika anda seseorang yang percaya dengan Primbon Jawa, maka anda harus bersiap-siap untuk menghadapi kabar buruk.

Kabar buruk tersebut bisa berupa kekecewaan, ditipu, dikianati, atau kekecewaan hati lainnya. Tentunya sebaik-baik persiapan adalah mental dan kesabaran.

4. Kedutan Mata Kiri Bawah

Kedutan bagian mata yang terakhir adalah pada bagian kelopak mata kiri bawah. Apakah ini merupakan pertanda yang lebih buruk dari pertanda kedutan mata kiri atas?

Benar, berdasarkan Primbon Jawa, kedutan yang terjadi di bagian ini bisa merupakan suatu pertanda buruk yang fatal. Bahkan sangat fatal.

  • Arti Kedutan Mata Kiri Bawah

Arti dari kedutan mata kiri bawah yaitu suatu pertanda buruk yang akan menimpa seseorang berupa musibah.

Apa yang dimaksud musibah tersebut? Menurut Primbon, musibah tersebut bisa berupa jatuh sakit, kecelakan, atau sejenisnya.

Nah, itulah arti-arti dari kedutan yang terjadi di bagian mata. Untuk mempermudah mengingat, maka dapat diambil kesimpulan bahwa jika terjadi kedutan di mata kanan, itu merupakan pertanda baik.

Sebaliknya, jika kedutan terjadi di bagian mata sebelah kiri, entah bawah atau kelopak mata atas, maka itu suatu pertanda buruk.

B. Kedutan Alis

Arti Kedutan alis menurut Primbon
Sumber: asset-a.grid.id

Selain terjadi di bagian sekitar mata (kelopak mata), kedutan juga kerap terjadi di area sekitar mata lainnya. Yakni pada bagian alis mata.

Walaupun sama-sama terletak di area mata, tetapi Primbon Jawa juga sangat rinci menjelaskan makna kedutan yang terjadi di setiap titik, mesipun letaknya berdekatan.

1. Kedutan Alis Kanan

Kedutan bisa saja terjadi pada bagian alis sebelah kanan. Jika diperhatikan, titiknya kadang terjadi di bagian ujung alis dekat hidung, tengah alis, dan bisa juga terjadi di ujung alis sebelah pinggir.

Ternyata, walaupun masih satu area, masih satu alis, ternyata setiap titik tersebut memiliki makna yang berbeda-beda. Benar-benar sangat rinci bukan?

  • Arti Kedutan Alis Kanan (Ujung Dekat Hidung)

Arti dari kedutan alis kanan bagian ujung dekat hidung yaitu seseorang yang akan mengalami perhatian dari lawan jenis. Bisa dikatakan berhubungan dengan jodoh apabila yang mengalami belum menikah.

Namun jika yang mengalami adalah orang yang sudah menikah, maka seseorang tersebut akan mendapatkan perhatian dari orang selain istri/suaminya.

  •  Arti Kedutan Alis Kanan Tengah

Mungkin dari banyaknya kedutan pada bagian alis, kedutan alis kanan bagian tengah lebih sering terjadi dari pada bagian alis lainnya.

Kedutan yang terjadi pada alis bagian tengah menurut Primbon Jawa menandakan akan menerima sesuatu yang menyenangkan atau kabar baik dalam waktu dekat.

  • Arti Kedutan Alis Kanan Ujung

Seperti yang sudah disinggung, bahwa menurut Primbon Jawa, rata-rata kedutan yang terjadi di bagian kanan merupakan suatu pertanda baik.

Arti dari kedutan alis kanan ujung sendiri yaitu seseorang akan menerima rezeki uang dalam waktu dekat dengan jalan rezeki yang tidak di sangka-sangka.

2. Kedutan Alis Kiri

Selanjutnya yaitu arti dari kedutan alis bagian kiri. Dijelaskan dalam Primbon Jawa, bahwa apabila terjadi kedutan di bagian alis kiri, seseorang akan mengalam hal baik.

Sama halnya dengan kedutan alis yang sebelah kanan, kedutan yang terjadi di alis sebelah kiri juga biasa terjadi di tiga titik. Yakni alis ujung dekat hidung, alis kiri tengah, dan alis kiri ujung.

  • Arti Kedutan Alis Kiri (Ujung Dekat Hidung)

Makna dari kedutan alis ujung yang dekat tulang hidung yaitu seseorang akan mendapatkan kabar baik. Kabar baik tersebut yaitu waktu untuk bertemu jodoh sudah dekat.

Jika yang mengalami adalah seseorang yang sudah menikah, maka seseorang tersebut akan mengalami ujian godaan dari seseorang.

  • Arti Kedutan Alis Kiri Tengah

Arti dari kedutan yang terjadi di bagian alis kiri tengah yaitu kabar baik. Karena menurut Primbon Jawa seseorang tersebut akan mengalami pertemuan dengan saudara, kerabat, atau kenalan yang sudah lama tidak bertemu.

Mungkin kesannya kedutan yang terjadi di setiap bagian anggota tubuh tidak nyambung dengan arti-artinya. Namun, bagi masyarakat Jawa dan yang mempercayainya ini bukan hal yang dipermasalahkan.

Mungkin karena memang terbukti kebenarannya atau karena memang sudah turun temurun yang harus dijaga. Atau karena alasan lainnya yang jelas sekarang masih cukup banyak yang mempercayainya.

  • Arti Kedutan Alis Kiri Ujung

Terakhir yaitu arti dari kedutan alis bagian kiri ujung. Jika seseorang mengalami kedutan pada bagian ini, berarti seseorang tersebut akan mendapatkan kabar baik. Apa kabar baik tersebut?

Berdasarkan Primbon Jawa, kedutan alis kiri ujung berarti seseorang sedang dekat dengan rezeki. Rezeki yang tidak di sangka-sangka arah kedatangannya.

Nah, dapat kita simpulkan bahwa jika mengalami kedutan pada bagian alis, baik alis kiri ataupun kanan, memiliki arti yang baik semua.

C. Kedutan Tangan

Arti kedutan tangan
Sumber: google

Bagian tubuh lainnya yang biasa mengalami kedutan adalah tangan. Untuk bagian tangan ini cukup banyak titik yang sering mengalami kedutan.

Mulai dari kedutan tangan pada bagian bahu, belikat, hasta, lengan, sikut, telapak tangan, semua jari, ibu jari, telunjuk, kelingking, sampai jari manis.

Untuk mempermudah, kita bagi saja arti dari kedutan pada bagian tangan kanan dan tangan kiri. Untuk lebih jelasnya mari kita lanjut membaca.

1. Kedutan Tangan Kanan

Berikut adalah beberapa titik bagian tangan kanan yang sering mengalami kedutan. Kami jelaskan lengkap beserta dengan artinya.

  • Arti Kedutan Tangan Kanan

  1. Bahu kanan: akan mendapatkan harta.
  2. Belikat kanan: mau mendapat pakaian baru.
  3. Hasta kanan: akan mendapatkan ketenangan.
  4. Lengan tangan kanan: akan mendapatkan kebaikan.
  5. Sikut tangan kanan: akan mengalami perkelahian.
  6. Telapak tangan yang kanan: akan mengeluarkan uang.
  7. Semua bagian jari tangan kanan: akan menerima/mendapatkan uang.
  8. Ibu jari tangan kanan: akan mendapatkan kehormatan/dihormati.
  9. Telunjuk tangan kanan: akan/segera bertemu dengan keluarga.
  10. Jari manis tangan bagian kanan: akan mendapatkan sesuatu dengan senang hati.
  11. Jari kelingking tangan kanan: bakal mendapatkan pujian.
  12. Pergelangan tangan kanan: akan ditolong ketika mengalami kesulitan.

2. Kedutan Tangan Kiri

Selain tangan kanan, tangan kiri juga memiliki makna tersendiri jika mengalami kedutan. Namun, kedutan yang terjadi pada bagian tangan kanan ternyata merupakan suatu pertanda yang baik-baik.

  • Arti Kedutan Tangan Kiri

  1. Bahu tangan kiri: akan menerima hadiah.
  2. Belikat kiri: akan menerima harta.
  3. Hasta sebelah kiri: akan menerima/mendapat harta.
  4. Lengan tangan kiri: akan mendapat teman baik.
  5. Sikut tangan kiri: akan jatuh sakit.
  6. Telapak tangan kiri: akan menerima/mendapatkan uang.
  7. Semua bagian jari tangan kiri: akan disenangi oleh orang.
  8. Ibu jari tangan kiri: mau menjadi kepala pengurus.
  9. Telunjuk tangan kiri: mau diketahui orang.
  10. Kelingking jari tangan kiri: mau mendapat suatu kabar baik.
  11. Jari manis: akan mendapat perempuan baik.

D. Kedutan Bibir

Arti kedutan bibir atas dan bawah
Sumber: cdn-cas.orami.co.id

Bibir merupakan salah satu bagian tubuh yang tidak luput dari kedutan. Sama seperti alis, kedutan yang terjadi pada bagian bibir biasanya pada bagian pinggir kiri bibir, tengah, dan kanan bibir.

Dan kedua bibir (atas dan bawah) bisa mengalami kedutan semua. Menariknya, setiap titik kedutan yang terjadi pada bibir, menurut Primbon Jawa memiliki arti sendiri-sendiri.

Kira-kira apa arti dari kedutan bibir pada setiap titik tersebut ya? Apakah suatu pertanda baik? Atau pertanda yang tidak diinginkan yaitu pertanda buruk? Simak jawabannya dipenjelasan di bawah ini.

1. Kedutan Bibir Atas

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa setiap bibir memiliki titik kedutan sendiri. Termasuk bibir atas ini. Ada tiga titik kedutan pada bibir atas.

Yaitu bibir atas kanan, bibir atas bawah, dan bibir atas kiri. Kira-kira, mana yang pernah terjadi sama anda? Atau mungkin sekarang sedang mengalaminya? Kalau begitu anda bisa menemukan jawabannya di sini.

  • Arti Kedutan Bibir Atas Kanan

Untuk arti kedutan yang satu ini boleh dikatakan cukup nyambung. Karena arti dari kedutan bibir kanan atas yaitu pertanda baik yang berupa akan mendapatkan rezeki berupa makanan.

  • Arti Kedutan Bibir Atas Tengah

Nampaknya arti dari kedutan yang satu ini nyambung, tetapi merupakan kabar yang kurang baik. Menurut Primbon Jawa kedutan yang terjadi pada bagian tengah bibir atas merupakan pertanda akan terjadi pertengkaran.

  • Arti Kedutan Bibir Atas Kiri

Nah untuk pertanda ini mungkin lebih terjadi pada ibu-ibu rumah tangga. Kok gitu? Bukan berprasangka buruk, namun faktanya arti dari kedutan ini sepertinya memang sering terjadi pada perempuan atau ibu-ibu.

Karena arti dari kedutan bibir atas kiri menurut Primbon Jawa yaitu pertanda akan membicarakan seseorang bersama saudaranya. Mungkin bahasa gaulnya gosip.

2.  Kedutan Bibir Bawah

Berikutnya adalah penjelasan arti dari kedutan bibir bawah menurut Primbon Jawa yang kami ambil dari referensi sumber terpercaya. Meskipun jika kita bandingkan dengan penjelasan arti kedutan versi dunia medis tentu sangat jauh berbeda.

Bagi masyarakat umum yang belum mengenal kitab Primbon Jawa mungkin akan menganggapnya kurang nyambung dan sulit dipercaya. Tentu akan lebih mudah menangkap penjelasan dari dunia medis yang menjelaskan secara ilmiah.

  • Arti Kedutan Bibir Bawah Kanan

Menurut penjelasan yang ada di Primbon Jawa, kedutan yang terjadi di sebelah kanan bibir bawah merupakan suatu pertanda yang baik. Seseorang akan mendapatkan kenikmatan yang diharapkan seperti berupa kesehatan atau kesembuhan setelah sakit.

  • Arti Kedutan Bibir Bawah Tengah

Kedutan yang terjadi di titik tengah bibir bawah memiliki arti yang berbeda dengan kedutan bibir atas tengah. Arti dari kedutan bibir bawah bagian tengah merupakan suatu pertanda baik. Yakni seseorang yang akan menerima makanan enak.

  • Arti Kedutan Bibir Bawah Kiri

Arti dari kedutan yang terjadi di titik sebelah kiri bibir bawah yaitu kabar baik. Menurut Primbon Jawa kabar baik tersebut berupa mendapatkan rezeki yang berkaitan dengan pekerjaan.

Nah, kami hanya menjelaskan arti kedutan pada bagian-bagian tubuh yang dijelaskan di atas. Sebenarnya masih banyak bagian tubuh yang bisa mengalami kedutan.

Tetapi, dari semua kedutan yang sering terjadi pada bagian tubuh, bagian-bagian di atas lah yang boleh dikatakan cukup sering terjadi. Kalau penulis sendiri seringnya mengalami kedutan di bagian mata.

Itulah penjelasan tentang arti kedutan dari dua versi yaitu versi medis dan versi Primbon Jawa. Selain penjelasan dari keduaa versi tersebut, masih ada penjelasan lainnya. Salah satunya yaitu penjelasan dari sudut pandang Agama Islam.

Arti Kedutan Menurut Islam

Kedutan menurut Islam
Sumber: aquila-style.com

Agama Islam melarang semua hal berbau ramalan. Dalam Islam semua hal yang belum terjadi merupakan hal gaib. Dan sesuatu yang gaib hanya Allah SWT yang mengetahuinya.

Termasuk sesuatu baik atau buruk yang bakal dan akan terjadi pada seseorang merupakan hal yang gaib. Allah SWT berfirman:

Arti kedutan menurut islam

Kemudian dari Rasululah SAW pun pernah menyinggung, Beliau bersabda:

 

Jadi, jika kita seorang muslim yang baik, maka sebaiknya tidak mempercayai hal-hal yang berbau ramalan.

Mengenai kitab Primbon Jawa, menurut kami, kita umat muslim boleh saja mengetahuinya dan memahaminya melalui orang-orang jawa atau bisa jga baca di internet tentang Primbon Jawa. Namun tentunya bukan untuk mengimaninya.

Mungkin itu saja penjelasan dari web informasi terbaik nmtchicago.org mengenai arti kedutan dari tiga versi, yaitu versi medis, Primbon Jawa, dan Islam. Jika ada salah kata itu semata-mata datangnya dari penulis, dan semua kebenaran datangnya dari Allah SWT.

Tinggalkan komentar