Arti Kedutan Mata Kiri Atas dan Bawah Menurut Islam & Primbon Jawa

Assalamu’alaikum pembaca nmtchicago.org, apa kabar? Tema artikel kami kali ini adalah tentang arti kedutan mata kiri atas dan bawah. Mulai dari mata kiri atas bawah ujung atau pojok sampai dengan bagian yang dekat hidung.

Dan belum lama ini, kami sebelumnya sudah membahas juga tentang arti kedutan mata kanan atas dan bawah. Alhamdulillah sudah banyak yang membacanya.

Sejak zaman dahulu, istilah kedutan memang sudah ada. Jika dijabarkan, kedutan adalah gerakan bagian tertentu kulit tubuh manusia yang terjadi tidak diduga-duga.

Dalam dunia medis, kedutan disebut dengan Twitching. Sedangkan kedutan mata dalam dunia medis disebut blefarospasme, ada juga yang menyebutnya mytokymia.

Kedutan mata secara medis terjadi karena saraf kelopak mata yang kejang atau menegang. Umumnya ini tidak disertai rasa sakit dan tidak membahayakan. Hanya saja cukup mengganggu jika kedutan yang terjadi cukup kuat.

Baca: tulisan arab assalamu’alaikum yang indah lengkap dengan kaligrafi.

Kedutan Mata Kiri Atas dan Bawah

Arti Kedutan Mata Kiri
Sumber: cdn-prod.medicalnewstoday.com

Kedutan yang terjadi pada bagian mata kiri, entah itu atas atau bawah, masing-masing memiliki arti tersendiri bagi yang mempercayainya.

Melalui artikel ini, kami akan memberikan penjelasan arti kedutan mata kiri baik bawah ataupun atas menurut Islam dan kitab Primbon Jawa.

Ini cukup menarik untuk dibahas, karena penjelasan dari dua versi ini memiliki perbedaan pandangan yang cukup signifikan. Penasaran? Mari kita kupas satu persatu.

Arti Kedutan Mata Kiri Atas Menurut Islam

Arti kedutan mata kiri atas menurut Islam
Sumber: worldatlas.com

Kedutan mata kiri atas adalah salah satu anggota tubuh yang boleh dikatakan paling sering mengalami kedutan.

Pasalnya, pada bagian kelopak mata terdapat banyak sel syaraf motorik. Yang mana sel-sel tersebutlah yang memengaruhi gerakan tidak tidak diduga-duga.

Secara logika, kelopak mata sendiri sering bergerak menutup dan membuka mata tanpa kita sadari. Jadi, tentu masuk akan jika dibagian ini memang terdapat banyak sel-sel syaraf motorik.

Baik, langsung saja ke tema pembahasan yaitu arti kedutan mata kiri atas menurut Islam. Sebagai seorang muslim sejati, apakah kita pantas percaya terhadap selain Allah Swt?

Apakah kita pantas mengetahui hal baik ataupun hal buruk yang akan terjadi pada diri kita? Sedangkan Allah SWT sudah memperingati kita melalui firma-firmannya.

Salah satu firman Allah SWT yang berkaitan dengan hal ini adalah seperti yang sudah dicantumkan dipenjelasan artikel tentang arti kedutan mata kanan atas dan bawah, yaitu artikel kami yang sebelumnya.

Bahwasannya, kita sebagai makhluk Allah SWT tidak boleh mempercayai suatu hal baik atau buruk yang akan menimpa kita. Karena suatu yang belum terjadi ialah suatu hal gaib.

Sedangkan suatu hal yang gaib hanya Allah SWT yang mengetahuinya. Kita boleh saja tahu dan mempelajari arti-arti kedutan yang sekarang sudah tersebar luas di masyarakat umum.

Namun, untuk mempercayai hal tersebut, umat Islam tidak dibolehkan. Karena sama saja itu mengimani arti-arti kedutan yang sumbernya bukan dari Allah SWT dan RasulNya.

Arti Kedutan Mata Kiri Atas Menurut Primbon Jawa

Arti kedutan mata kiri atas menurut Primbon Jawa
Sumber: kamusparanormal.com

Berbeda dengan pandangan Islam, kitab Primbon Jawa begitu lengkap menjelaskan arti kedutan mata kiri atas, bahkan kedutan-kedutan pada bagian anggota tubuh lainnya.

Nah, lalu bagaimana jika seseorang mengalami kedutan pada bagian kelopak mata kiri atas? Apakah itu suatu pertanda baik? Atau malah sebaliknya, yaitu pertanda buruk?

Menurut Primbon Jawa, arti kedutan mata kiri atas adalah seseorang akan mengalami suatu hal yang baik. Hal baik tersebut bisa saja berupa sebagai berikut.

1. Bertemu Kekasih

Siapa yang mengatakan bertemu dengan kekasih adalah hal buruk? Tentu semua orang tidak ada yang mengatakan seperti bukan? Jadi, salah satu pertanda yang akan bisa terjadi pada seseorang jika mengalami keduatan mata kiri atas adalah akan bertemu kekasih.

2. Bertemu dengan Saudara yang Tinggal Jauh

Ketika kita hidup diperantauan sendiri, tiba-tiba bertemu dengan seseorang yang kita kenal, tentu itu hal baik dan sangat menyenangkan bukan? Apalagi orang tersebut adalah saudara yang lama tidak jumpa dikarenakan jarak tempat tinggal yang jauh.

3. Akan Mendapat Pujian dari Seseorang

Untuk pertanda baik yang satu ini perlu perhatian lebih. Kenapa? Banyak seseorang yang ketika dipuji-puji dia menjadi lalai dan lupa, bahwasannya segala puji itu hanya untuk Allah SWT.

Akhirnya ketika tidak mendapat pujian merasa tidak enak hati. Oleh karena itu, ketika mendapatkan pujian dari seseorang sebaiknya langsung dikembalikan kepada Allah SWT dengan mengucapkan Alhamdulillah (segala puji hanya milik Allah SWT).

4. Dapat Kabar yang Menggembirakan

Menurut Primbon, pada dasarnya kedutan yang terjadi pada kelopak mata kiri atas merupakan suatu pertanda yang menggembirakan.

Kabar gembira tersebut bisa saja sperti yang dijelaskan di atas, yaitu mendapat pujian, bertemu kekasih, menemukan kembali barang yang hilang, dan bisa saja kabar gembira lainnya.

Arti Kedutan Mata Kiri Bawah Menurut Islam

Arti Kedutan Mata Kiri Bawah
Sumber: wexnermedical.osu.edu

Penjelasan arti kedutan mata kiri bawah menurut Islam tentu tidak jauh dari seperti penjelasan pada kedutan mata kiri atas.

Bahwasannya Islam melarang seseorang mempercayai suatu hal yang belum terjadi (hal gaib) kecuali pada takdir Allah SWT.

Maka Islam mengajarkan umatnya untuk selalu beriman kepada Allah SWT dan berlindung dari segala macam godaan-godaan setan dan jin dalam bentuk apaan pun.

Termasuk mempercayai arti kedutan adalah suatu pertanda baik buruknya hal yang aka terjadi. Ini tentu mendahului takdir Allah SWT, selain itu juga mempercayai arti kedutan sebagai pertanda suatu hal baik buruk juga bisa merusak iman.

Arti Kedutan Mata Kiri Bawah Menurut Primbon Jawa

Arti Kedutan Mata Kiri Bawah
Sumber: swedishnomad.com

Menurut Primbon, arti dari kedutan yang terjadi pada mata kiri bawah adalah suatu pertanda buruk. Sama-sama mata sebelah kiri, namun beda tempat terjadinya kedutan sudah merubah arti.

Sangat detail bukan? Tentunya ini menjadi daya tarik tersendiri untuk mempelajari lebih jauh tentang arti kedutan menurut Primbon Jawa.

Lalu, apakah pertanda buruk yang akan terjadi tersebut? Pertanda buruk tersebut bisa bermacam-macam bentuk, yaitu seperti di bawah ini.

1. Tanda-tanda akan Mengalami Kekecewaan

Seseorang yang mengalami kedutan pada kelopak mata kiri bawah menurut Primbon Jawa akan mendapat kekecewaan.

Kekecewaan tersebut bisa saja berupa suatu keinginan atau cita-cita yang tidak tercapai.

2. Tanda-tanda akan Berkelahi

Umumnya, seseorang pasti tidak menginginkan suatu perkelahian terjadi. Namun, berkelahi kerap kali terjadi karena sesuatu yang tidak diduga-duga.

Dan akhirnya seseorang pun akan merasakan kekecewaan setelah melakukan perkelahian. Karena fitrahnya suatu perkelahian adalah hal yang buruk.

3. Tanda-tanda akan Menangis

Selain hal-hal buruk di atas, arti dari kedutan mata kiri bawah adalah suatu pertanda seseorang akan menangis. Tentunya suatu tangisan kesedihan bukan tangisan karena bahagia.

4. Tanda-tanda akan Kehilangan Sesuatu

Hal buruk lainnya yang bisa terjadi adalah kehilangan barang yang berharga. Bisa berupa hp, dompet, atau barang berharga lainnya, yang ketika seseorang kehilangan akan merasakan sedih karena kehilangan.

5. Tanda-tanda akan Mengalami Musibah

Musibah juga merupakan suatu hal buruk yang tidak seseorang di duniapun menginginkannya. Namun, mau tidak mau seseorang yang hidup di dunia ini pasti akan atau pernah mengalami musibah.

6. Tanda-tanda akan Mendapat Fitnah

Pepatah mengatakan, fitnah lebih kejam dari pada pembunuhan. Ya memang seperti itu seseorang yang sedang difitnah maka dunia serasa sangat pahit. Dan sangat kejam seseorang yang membuat fitnah, karena menuduh suatu hal yang tidak dilakukan seseorang.

Kesimpulan

Kesimpulan ini lebih dikhususkan kepada umat muslim. Umat muslim boleh saja mengetahui dan mengerti tentang kitab Primbon Jawa.

Namun, segala sesuatu yang belum terjadi pada diri sebaiknya dikembalikan kepada takdir Allah SWT. Entah hal baik yang akan terjadi, atau pun hal buruk, sebaiknya kita tidak mengetahuinya.

Karena itu bukan urusan kita sebagai makhlukNya. Cukup sekian saja penjelasan dari kami, semua yang benar datang dari Allah SWT, dan yang salah-salah datangnya dari penulis sendiri. Terima kasih sudah berkunjung di nmtchicago.org. Wassalamu’alaikum wr.wb.

Tinggalkan komentar