Arti Barakallah Fiikum [Cara Menjawab & Waktu Mengucapkan Barakallah]

Assalamu’alaikum wr.wb. Arti barakallah fiikum adalah Allah memberkahi Anda sekalian. Penjelasan lengkapnya bisa Anda temukan pada artikel ini.

Tidak jarang, tiba-tiba seseorang mengucapkan barakallah fiikum kepada Anda. Atau, Anda pernah mendengar seseorang mengucapkan kalimat itu pada orang lain? Mungkin saja.

Pertanyaannya, apa arti barakallah fiikum sebenarnya? Pada saat apa saja ucapan itu tepat untuk disampaikan? Berikut ulasannya.

Artikel kami yang berkaitan dengan pembahasan ini yaitu arti syafakillah.

Arti Barakallah fiikum

Arti Barakallah fiikum

Barakallah fiikum adalah susunan kalimat berbahasa Arab. Ada beberapa kata yang menyusun kalimat tersebut. Ada kata baraka, ada kata allah, ada kata fii, ada pula kata kum.

Kalimat tersebut tersusun dari kata kerja. Karena itu, kalimat tersebut biasa diistilahkan dengan jumlah fi’liyyah. Lebih jelas, Anda bisa menyimak keterangan masing-masing kata yang menyusun barakallah fiikum di bawah ini.

  • Kata baraka dan kata allah

Barakallah sebenarnya sudah merupakan kalimat. Sebab, kata kerjanya sudah jelas, yakni baraka. Failnya, atau subjek kalimat juga sudah jelas, yakni Allah.

Susunan dua kata ini sudah memenuhi syarat dasar sebuah kalimat. Mengapa? Karena sudah memiliki fi’il dan fa’il. Atau sama dengan subjek dan predikat dalam kaidah bahasa Indonesia.

Fiikum sendiri merupakan tambahan yang kehadirannya tidak diwajibkan. Kalaupun Anda mengucapkan kata barakallah tanpa fiikum, sama sekali tidak menjadi soal. Namun tentu saja, arti barakallah fiikum akan sedikit lebih jelas jika diberi fiikum.

  • Kata Fii dan Kata Kum

Fiikum terdiri dari fii yang merupakan huruf, dan kum yang merupakan isim. Di dalam Bahasa Arab, kata yang bukan merupakan kata kerja atau kata benda, dikategorikan ke dalam huruf. Dan itu termasuk fii. Jika Anda bertanya fii huruf apa? Maka jawabannya adalah huruf jer.

Bagaimana dengan kum? Kum adalah isim atau kata benda. Lebih spesifik lagi, kum adalah isim dlamir. Isim dlamir merupakan kata ganti yang ditulis dengan disambung, bukan dipisah.

Sebab, ada juga isim dlamir yang penulisannya dipisah. Isim dlamir yang penulisannya disambung disebut dengan isim dlamir muttashil, sedang yang penulisannya dipisah disebut isim dlamir munfashil.

Secara arti, kum masuk dalam kata ganti orang kedua jamak. Sedikit berbeda dengan kaidah Bahasa Indonesia, kata ganti orang kedua dalam Bahasa Arab terbagi menjadi tiga macam. Ketiganya adalah ka, kuma, dan kum yang secara berurutan untuk kata ganti tunggal, dua orang, dan jamak.

Lantas bagaimana dengan gabungan antara fii dan kum? Fiikum adalah susunan jer majrur. Fii adalah huruf yang mengejerkan, memiliki arti di dalam. Kum adalah isim dlamir muttashil yang majrur atau dijerkan, kata ganti kedua jamak, dan memiliki arti Anda semua.

Jika barakallah dan fiikum digabung, lantas bagaimana arti barakallah fiikum? Secara ringkas, artinya menjadi Allah memberi barakah pada Anda semua.

Arti Barakallah Fiika

Arti barakallah fiika atau bahkan arti barakallah fiika umrik, sama dengan barakallah fiikum secara konteks. Yang membedakan keduanya hanyalah bagian akhirnya.

Jika fiikum, isim dlamir yang digunakan adalah kata ganti orang kedua betuk jamak, maka pada fiika, isim dlamir yang digunakan adalah kata ganti orang kedua tunggal.

Di bagian atas sudah dijelaskan, kata ganti orang kedua dalam kaidah bahasa Arab terbagi menjadi tiga. Ketiganya adalah bentuk tunggal, bentuk tastniyyah atau dua orang, serta bentuk jamak.

Selain pembagian yang demikian, masih ada lagi pembagian berdasarkan jenis kelamin: perempuan atau laki-laki. Kata ganti orang kedua untuk laki-laki adalah:

  • Ka untuk kata ganti orang kedua tunggal laki-laki
  • Kuma untuk kata ganti orang kedua dua orang laki-laki
  • Kum untuk kata ganti orang kedua jamak laki-laki

Dengan demikian, arti barakallah fiika adalah Allah memberkahi dirimu laki-laki. Sedikit berbeda dengan arti barakallah fiikum.

Arti Barakallah Fiiki

Arti barakallah fiiki pun tidak jauh berbeda. Lagi-lagi hanya pada bagian belakangnya saja, yakni pada isim dlamir atau kata ganti. Jika pada barakallah fiika kata ganti yang digunakan diperuntukkan bagi laki-laki, pada barakallah fiiki kata ganti yang digunakan diperuntukkan bagi perempuan.

Perlu diketahui, kata ganti orang kedua untuk perempuan di dalam kaidah Bahasa Arab adalah:

  • Ki untuk kata ganti orang kedua bentuk tunggal bagi perempuan
  • Kuma untuk kata ganti orang kedua bentuk tatsniyyah bagi perempuan
  • Kunna untuk kata ganti orang kedua bentuk jamak bagi perempuan

Maka menjadi jelas, bahwa secara arti, barakallah fiiki adalah Allah memberkahi engkau perempuan. Garis bawahi bagian akhirnya.

Jawaban untuk Ucapan Barakallah

Mungkin timbul pertanyaan di benak Anda, apa yang harus dikatakan ketika seseorang mengucapkan barakallah kepada Anda? Cukup tersenyum, atau mengucapkan terima kasih?

Baik tersenyum atau mengucapkan terima kasih sama-sama baik. Namun, ada ucapan balasan yang lebih baik dari sekadar tersenyum atau menjawab terima kasih.

روينا في كتاب ابن السني عن عائشة رضي اللّه عنها قالتْ : أَهديتُ لرسول اللّه صلى اللّه عليه وسلم شاةٌ قال : ” اقْسِمِيها ” فكانت عائشةُ إذا رجعتِ الخادمُ تقولُ : ما قالُوا ؟ تقولُ الخادمُ : قالوا : باركَ اللّه فيكم فتقول عائشة : وفيهم بارك اللّه نردُّ عليهم مثلَ ما قالوا ويَبقى أجرُنا لنا .

Arti barakallah fiikum memang bagus. Dan untuk itu, harus disiapkan pula jawaban yang bagus. Dari hadits yang diambil dari Kitab Adzkar an Nawawi tersebut, Siti Aisyah memberi contoh jawaban yang baik atas ucapan barakallah fiikum:

وفيهم بارك اللّه

Dengan jawaban demikian, artinya, Anda sudah melakukan kebaikan sama seperti kebaikan yang dilakukan orang lain kepada Anda. Kebaikan apa? Kebaikan mendoakan barakallah.

Waktu yang Tepat untuk Mengucapkan Barakallah

Waktu yang Tepat untuk Mengucapkan Barakallah

Beberapa kondisi paling tepat untuk mengucapkan barakallah fiikum adalah sebagai berikut:

  • Ketika Seseorang Menikah

Sunnah bagi Anda mengucapkan barakallah kepada orang yang baru saja menikah atau baru saja melangsungkan akad nikah. Mengapa?

Karena arti barakallah fiikum mengandung doa dan kebahagiaan. Seorang sahabat Nabi mengabarkan pada Beliau bahwa dia telah menikah. Dan Nabi mengucapkan barakallah kepada sahabat tersebut.

روينا في صحيحي البخاري ومسلم عن أنس رضي اللّه عنه  أن النبيَّ صلى اللّه عليه وسلم قال لعبد الرحمن بن عوف رضي اللّه عنه حين أخبره أنه تزوّج : ” بارَكَ اللَّهُ لَكَ “

  • Ketika seseorang memiliki momongan

Hukum mengucapkan barakallah kepada orang yang baru saja memiliki momongan adalah sunnah. Penjelasan ini seperti yang juga ditulis di dalam Kitab Adzkar an Nawawi.

  • Ketika seseorang berbuat baik kepada Anda

Kadang-kadang orang tidak mengucapkan barakallah, tetapi jazakumullah. Keduanya sama-sama bagus diucapkan. Sebab, intinya adalah mendoakan orang yang telah berbuat baik kepada Anda.

  • Ketika orang lain memberi Anda sesuatu

Hal ini seperti yang dilakukan seseorang kepada Siti Aisyah setelah beliau memberinya daging. Hadits yang menceritakan ini sudah ditulis di bagian atas tulisan ini.

  • Ketika Anda melunasi hutang atau selesai membeli sesuatu dari orang lain

Ketika seseorang melunasi utangnya, disunnahkan pula untuk mengucapkan barakallah. Hal itu diucapkan sebagai doa kebaikan bagi orang yang memberi utang.

Hal yang sama dilakukan ketika seseorang selesai membeli sesuatu. Dimaksudkan, agar harta yang diberikan kepada penjual menjadi berkah.

Baca artikel lainnya tentang arti mimpi diri sendiri meninggal.

Kesimpulan

Yang dapat disimpulkan dari seluruh penjelasan di atas adalah barakallah fiikum memiliki arti yang baik. Kalimat itu mengandung doa yang baik diucapkan terutama saat-saat seperti yang sudah ditulis di atas.

Jika orang lain mengatakan itu kepada Anda, sebaiknya Anda juga menjawabnya seperti jawaban yang sudah disebutkan di atas. Sebab, pahala orang yang mendoakan Anda, juga akan Anda terima tanpa berkurang sedikit pun.

Demikian ulasan tentang arti barakallah fiikum. Semoga bermanfaat. Sekian Wassalamu’alaikum wr.wb. Baca lebih banyak artikel di nmtchicago.org.

Tinggalkan komentar