Apa Perbedaan Monera dan Protista

Disini ada yang tahu apa perbedaan Monera dan Protista? Jika belum mengetahuinya, maka kalian tepat berada disini karena kami akan menjelaskan secara rinci apa perbedaan Monera dan Protista.

Monera dan Protista merupakan dua Kingdom dari makhluk hidup yang mewakili organisme bersel satu meskipun di antara keduanya memiliki perbedaan berdasarkan susunan dan struktur sel.

Seluruh organisme hidup dapat diklasifikasikan ke dalam lima Kingdom berdasarkan kompleksitasnya. Mulai dari strukur sel, susunan tubuh, moda nutrisi, gaya hidup, serta relasi filogenetiknya.

Baca Juga : Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik

Apa Perbedaan Monera dan Protista?

Apa Perbedaan Monera dan Protista
Sumber Gambar: 1.bp.blogspot.com

Perbedaan Monera dan Protista adalah terletak pada karakteristiknya. Berikut penjelasan selengkapnya agar kalian mengetahui apa perbedaan Monera dan Protista.

Struktur Sel

  • Monera

Monera memiliki susunan sel prokariotik yang bersel satu dan tidak memiliki organel yang dilindungi oleh membran.

  • Protista

Sedangkan Protista memiliki sel eukariotik yang bersel satu dan memiliki organel yang dilindungi oleh membran.

Ada Tidaknya Flagella dan Cilia

  • Monera

Flagella dan juga cilia pada umumnya tidak ditemukan pada Monera.

  • Protista

Lain halnya pada Protista, beberapa organisme memiliki struktur ini untuk pergerakan.

Moda Nutrisi

  • Monera

Monera memiliki moda nutrisi autotrof (menghasilkan makanan sendiri) atau dapat juga heterotrof (tidak dapat menghasilkan makanan sendiri).

  • Protista

Protista memiliki mode nutrisi fotosintesis, holozoic, dan parasit.

Mode Reproduksi

  • Monera

Mode reproduksi pada Monera adalah aseksual yang berarti bertunas atau pembelahan.

  • Protista

Mode reproduksinya dapat berupa aseksual (pembelahan biner atau pembelahan banyak).

Kelompok Organisme

  • Monera

Kelompok organisme yang tergolong ke dalam monera adalah bakteri, alga, hijau biru, dan cyanbacteria.

  • Protista

Protista memiliki kelompok organisme alga bersel satu, diatom, dan protozoa.

Perbedaan utama dari Monera dan Protista adalah Monera memiliki susunan sel prokariotik bersel satu yang kurang organel serta dilingkupi oleh membran. Sedangkan Protista memiliki susunan sel eukariotik dengan organel yang juga dilingkupi oleh membran.

Baca Juga : Perbedaan Spermatogenesis dan Oogenesis

Pengertian Monera dan Protista

Apa Perbedaan Monera dan Protista
Sumber Gambar: i0.wp.com/mazuharu.com

Setelah kalian mengetahui perbedaan dari Monera dan Protista, maka kalian juga perlu mengetahui apa itu Monera dan Protista.

Monera dan juga Protista dapat mewakili terutama pada organisme bersel satu. Sementara Fungsi, Plantae serta Animalia termasuk organisme multisel paling kompleks.

Monera

Kingdom Monera terdiri dari semua prokariotik yang termasuk bakteri, cyanobacteria, dan alga hijau biru. Makhluk bersel satu prokariota mikroskopis ini biasanya hidup pada tempat yang lembab.

Beberapa diantaranya hidup sebagai organisme soliter dan beberapa diantara yang lainnya hidup berkoloni. Adapun spesies kolonial dapat ditemukan sebagai filamen atau rantai pendek.

Karena memiliki prokariotik, maka mereka memiliki kurang inti sel yang dilapisi oleh membran yang tersusun, namun hanya molekul DNA bundar. Selain itu, organisme ini kurang oreganel yang dilingkupi oleh membran yang tidak seperti eukariotik.

Sedangkan beberapa dari sel mereka ada yang tertutup oleh suatu dinding sel. Semua organisme dapat jadi autotrof (menghasilkan makanannya sendiri) atau heterotrof (tidak dapat menghasilkan makanan sendiri).

Organisme-organisme ini hanya menunjukkan reproduksi aseksual yaitu pembelahan biner atau bertunas. Sementara itu,  terdapat dua kelompok organisme dari Kingdom Monera, yaitu Archaebacteria dan Eubacteria.

Protista

Kingdom Protista termasuk organisme bersel satu namun dengan susunan inti sel eukariotik yang mengandung organel yang dilindungi oleh membran seperti inti sel, mitokondria, tubuh Golgi, dan lainnya.

Pada dasarnya, Protista adalah akuatik. Beberapa dari organisme ini memiliki struktur spesial seperti flagella dan silia yang digunakan pada pergerakan. Moda nutrisi Protista dapat berupa fotosintesis, holozoic, dan parasit.

Sekumpulan Protista yang disebut phytoplankton adalah produsen utama yang terdapat di samudra. Phytoplankton ini memiliki sel yang terbuat dari selulosa serta mampu untuk berfotosintesis.

Adapun beberapa Protista yaitu predator dan tidak memiliki dinding sel, contohnya adalah protozoa. Protista ini bertindak sebagai penghubung evolusi antara Monera prokariotik dan juga organisme multisel. Sementara itu, yang termasuk ke dalam Kingdom Protista adalah diatom, protozoa, dan alga bersel satu.

Nah itulah pembahasan mengenai apa perbedaan Monera dan Protista lengkap beserta pengertiannya. Semoga dapat menjadi referensi bagi kalian yang saat ini sedang membutuhkan informasi mengenai hal tersebut.