Amin Allahumma Amin Artinya

Sebagai umat muslim, pasti kita sering mendengar ucapan amin allahumma amin artinya (آمِيْن اللّهُمَّ آمِيْن). Kalimat tersebut merupakan akhiran dari sebuah do’a yang di ucapkan sesaat seorang muslim meminta sesuatu atau berdo’a kepada Allah SWT.

Berdo’a merupakan salah satu ibadah yang sangat mudah karena tidak memerlukan tenaga dan juga biaya serta dapat dilakukan dimana saja dan oleh siapa saja.

Dalam pelaksanannya, kita cukup menengadahkan kedua tangan, lalu kemudian meminta apa yang menjadi keinginan kita kepada Allah SWT.

Baca Juga : Jelaskan Perbedaan Antara Imam dan Makmum

Amin Allahumma Amin Artinya

Amin Allahumma Aamiin artinya
Sumber Gambar: umroh.com

Berdo’a merupakan kewajiban bagi kita semua yang merasa bodoh, lemah, dan merasa tidak memiliki kemampuan kecuali atas izin Allah SWT. Setelah kita memohon dan berdoa kepada Allah SWT, hal selanjutnya adalah pasrah akan do’a kita. Terkait di kabulkan atau tidak itu bukan urusan kita.

Di dalam Al-Qur’an sendiri, Allah SWT berfirman untuk senantiasa berdoa memohon kepada-Nya. Salah satu ayat yang menerangkan agar berdoa kepada Allah SWT adalah di dalam surat AL-A’raf ayat 55.

amin allahumma amin artinya

Dalam penggunaan kalimat amin allahumma amin artinya ini hampir mirip dengan kalimat Aamiin Ya Robbal’aalamiin yang bermakna kabulkanlah do’a kami, Yaa Allah engkaulah pengabul do’a.

Kalimat ucapan amin allahumma amin jika di tulis menggunakan tulisan Arab adalah آمِيْن اللّهُمَّ آمِيْن yang berarti kabulkanlah Ya Allah kabulkanlah. Sehingga kita dapat menyimpulkan bahwa kalimat amin allahumma amin artinya adalah kabulkanlah Ya Allah kabulkanlah.

Hadist yang Menjelaskan Tentang Anjuran Berdoa

Amin Allahumma Aamiin Artinya
Sumber Gambar: bimbinganislam.com

Do’a adalah sebuah ibadah yang sangat agung. Ini sesuai dengan yang disabdakan oleh Rasulullah SAW, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

amin allahumma amin artinya

Dalam hadits lainnya Rasulullah SAW juga bersabda yang artinya:

amin allahumma amin artinya

Di dalam hadits tersebut menjelaskan bahwa do’a merupakan senjata bagi orang-orang yang beriman kepada Allah SWT. Setelah berdo’a, kita juga diharuskan untuk yakin bahwa setiap do’a yang kita panjatkan pasti di dengar dan di kabulkan oleh Allah SWT.

Namun kita juga harus tahu, dalam konteks di kabulkan disini adalah yang sesuai dengan yang Allah SWT kehendaki, bukan yang sesuai dengan keinginan kita, karena Allah lebih tahu apa yang kita butuhkan dari pada diri kita sendiri.

Manfaat Doa

Amin Allahumma Amin Artinya
Sumber Gambar: sunni.co.id

 

Setelah mengetahui maksud dari kalimat amin allahumma amin artinya adalah kabulkanlah Ya Allah kabulkanlah, maka selanjutnya kita mengetahui mengenai manfaat doa.

Adapun terdapat tujuh keutamaan atau manfaat doa. Syekh Kholid Al-Husainan dalam kitab Aktsaru min Alfi Da’wah f al-Yaumi wa al-Laili (halaman 5-6) menjelaskan sebagai berikut:

  1. Do’a merupakan bentuk penghambaan dan juga ketaatan seorang hamba kepada Allah SWT.
  2. Do’a juga dapat dijadikan sebagai perantara yang dapat menolak bencana sebelum bencana tersebut turun atau dapat juga menjadi perantara terangkat nya bencana pada saat bencana sudah terjadi/turun.
  3. Do’a dapat menjadi tanda dari keimanan seorang hamba yang berdo’a kepada Allah SWT.
  4. Buah hasil dari berdo’a sejatinya telah di jamin oleh Allah SWT. Hal ini menegaskan tidak ada do’a yang sia-sia. Kadangkala do’a cepat di kabulkan dan sesuai dengan yang di mohonkan, namun kadangkala do’a juga dijadikan simpanan oleh Allah SWT dan akan di kabulkan ketika sudah di akhirat. Selain itu, do’a juga dapat menjadi penolak bala yang akan menimpanya.
  5. Do’a merupakan tanda kepasrahan diri. Maksudnya adalah hamba yang berdo’a berarti dia bertawaqal kepada Allah SWT.
  6. Do’a dapat menjadi sebab untuk tegar dan mendapatkan pertolongan Allah SWT dari musuh atau suatu hal yang tidak diinginkan.
  7. Manfaat do’a yang terakhir adalah dengan berdo’a dapat menjadi perantara agar terhindar dari murka Allah SWT. Seorang hamba yang berdoa kepada Allah SWT sadar dan mengakui bahwa dirinya tidak memiliki kemampuan dalam hidup. Hidupnya sangat tergantung sesuai dengan takdir yang Allah SWT berikan kepadanya.

Itulah pembahasan mengenai kalimat atau makna dari amin allahumma amin artinya dalam bahasa Indonesia. Dengan pembahasan tersebut, semoga dapat menjadi salah satu faktor agar kita lebih sering lagi memohon dan berdo’a hanya kepada Allah SWT.