1 Rante Berapa Meter

Apakah kalian mengetahui maksud dari kalimat 1 rante berapa meter? Jika belum mengetahui apa itu maksud dari kalimat 1 rante berapa meter, maka kalian tepat membaca artikel ini karena kami akan mengupas tuntas mengenai maksud dari kalimat tersebut.

Selain kalimat tersebut, sebenarnya masih terdapat banyak kalimat lainnya yang masih satu pembahasan dengan kalimat 1 rante berapa meter, misalnya 1 tumbak, anggar, bahu, ru, ubin, borong, rakit, dan kesuk berapa meter.

Supaya kalian tidak bingung maksud dari kalimat tersebut, maka pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan mengenai arti dari 1 rante berapa meter.

Baca juga mengenai manfaat minyak bumi.

Satuan Luas (1 Rante Berapa Meter)

1 Rante Berapa Meter
Sumber Gambar: 3.bp.blogspot.com

Kata rante atau rantai sebenarnya adalah sebuah istilah untuk satuan ukuran tanah yang biasanya digunakan oleh masyarakat Indonesia di masa lalu.

Meskipun lebih sering digunakan di masa lalu, namun di beberapa daerah di Indonesia saat ini masih banyak yang menggunakan kata rante untuk mengukur ukuran tanah.

Satuan rante ini merupakan satuan pengukuran yang tidak baku yang sering digunakan untuk melakukan transaksi tanah, khususnya bagi masyarakat Melayu.

Jadi dapat dikatakan bahwa rante merupakan satuan tradisional yang berlaku dan digunakan untuk ukuran tanah bagi masyarakat Melayu.

Dalam satuan Internasional, untuk ukuran panjang sendiri sudah ditetapkan yaitu menggunakan satuan meter. Meskipun sudah ditetapkan menggunakan satuan meter, namun saat ini masih banyak masyarakat khususnya di pedesaan yang lebih sering mengunakan kata tumbuk, ubin, bahu dan lainnya untuk mengukur berapa satuan luas tanah.

Diantara satuan ukuran tanah yang masih sering digunakan oleh masyarakat di Indonesia adalah Rante, Tumbak, Ru, Ubin, Bahu, Anggar, Rakit, Borong dan Kesuk.

1 Rante Berapa Meter?

Seperti yang telah dijelaskan diatas, satuan Rante ini merupakan ukuran tanah yang umumnya digunakan oleh masyarakat melayu. Untuk konversi 1 Rante standar menjadi ukuran meter adalah 20 x 20 meter. Jadi di dalam 1 Rante berarti 400 meter persegi.

1 Rante = 400 meter persegi.

1 Anggar Berapa Meter?

Nilai 1 anggar setara dengan 1/33 hektar tanah. Dalam 1 hektar tanah setara dengan 10000 meter. Maka jika di konversikan ke ukuran meter adalah 1 anggar sama dengan 303 meter persegi.

1 anggar = 303 meter persegi.

1 Tumbak Berapa Meter?

Satuan tumbak ini merupakan ukuran tanah yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Besar ukuran 1 tumbak adalah setara dengan 3,75 m x 3,75 m atau setara dengan 14,0625 meter persegi. Meskipun demikian, ukuran 1 tumbak lebih sering di bulatkan menjadi 14 meter persegi.

1 tumbak = 14,0625 meter persegi.

1 Bahu Berapa Meter?

1 Rante Berapa Meter
Sumber Gambar: live.staticflickr.com

Istilah satuan bahu sering kali digunakan untuk mengukur luas sawah atau ladang. Bahkan istilah bahu ini sudah dipakai sejak zaman Hindia-Belanda lho!

Untuk ukuran yang telah disepakati secara nasional, dalam 1 bahu setara dengan 500 ubin. Sedangkan 1 ubin setara dengan 14,0625 meter persegi. Maka kita dapat menyimpulkan, untuk ukuran 1 bahu sama dengan 500 ubin = 14,0625 meter persegi.

1 Ru Berapa Meter?

1 Rante Berapa Meter
Sumber Gambar: 1.bp.blogspot.com

Dapat dikatakan, jika istilah Ru sama dengan satuan tumbak/tombak. Satuan Ru ini menyatakan ukuran sebidang tanah atau lahan.

1 Ru = 14,0625 meter persegi (1 tumbak)

1 Ubin Berapa Meter?

Satuan ubin merupakan satuan ukuran tanah yang paling sering dipakai untuk mengukur tanah. Nilai jumlah 1 ubin ini setara dengan 1 tumbak.

Sehingga kita dapat menyimpulkan bahwa satuan ubin dan juga tumbak memiliki nilai yang sama, yaitu adalah 14,0625 meter persegi.

1 ubin = 14.0625 (3,75 x 3,75) meter persegi.

1 Borong Berapa Meter?

Selain ubin, satuan borong juga sering digunakan untuk menyatakan ukuran sebidang tanah atau lahan. Istilah borong ini biasanya digunakan oleh masyarakat Kalimantan Barat. Jika di bandingkan dengan satuan hektar, maka 1 borong setara dengan 1/6 hektar.

1 borong = 1666,66 meter persegi.

1 Kesuk Berapa Meter?

Satuan kesuk ini biasa digunakan dalam menyatakan ukuran sebidang tanah atau lahan. Biasanya satuan kesuk ini banyak digunakan oleh masyarakat Jawa-Mataram.

Ukuran atau nilai kesuk ini bervariasi, ada yang menyatakan jika 1 kesuk setara dengan 1/6 hektar, namun ada juga yang menyatakan dalam 1 kesuk setara dengan 1000 meter persegi.

1 kesuk + 1/6 hektar atau 1000 meter persegi.

1 Rakit Berapa Meter?

Jika dibandingkan dengan satuan ukuran yang lain, istilah Rakit merupakan yang termasuk sangat jarang digunakan untuk luas tanah. Nilai 1 Rakit ini setara dengan 1000 meter persegi.

1 Rakit = 1000 meter persegi.

Bagaimana, apakah kalian sudah jelas mengenai maksud dari 1 rante berapa meter? Pembahasan tersebut dapat dijadikan referensi bagi kalian yang saat ini kesulitan dalam menyelesaikan tugas Matematika. Semoga bermanfaat.